Review VPS Upcloud, Vultr dan DigitalOcean Update Agustus 2021, Wajib Dicoba

  • Bagikan
review vps

Review VPS Virtual Private Server atau yang lebih dikenal dengan VPS diperlukan apabila hosting yang kalian gunakan sudah tidak mampu menampung banyaknya pengunjung atau kalian memerlukan spesifikasi yang tinggi.

Berbeda dengan layanan Shared Hosting atau Cloud Hosting, VPS memerlukan pemahaman dan pengetahuan pada sisi server terkecuali penyedia yang memberikan layanan Manage VPS.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali penyedia layanan VPS, namun kali ini kami akan membahas 3 penyedia VPS luar negeri yang wajib kalian coba karena ketiganya memiliki Data Center di Singapura.

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui jika kami telah dan masih menggunakan layanan VPS baik di Upcloud, Vultr ataupun DigitalOcean.

Review VPS Upcloud

review vps upcloud
riview vps upcloud ( gambar upcloud.com)

Upcloud merupakan perusahaan penyedia layanan cloud server yang berkantor pusat di Finlandia yang mengklaim teknologi MaxIOPS milik mereka lebih cepat dibandingkan SSD serta memiliki Uptime 99.9%.

Upcloud juga menjadi salah satu penyedia Cloud server dengan tarif murah namun memiliki kualitas yang bagus. Dan bagi kalian Warga Indonesia, Upcloud memiliki Staff yang bisa berbahasa Indonesia yang ramah dan Baik.

Selama kami menggunakan layanan Upcloud jarang sekali terjadi kendala server down dan untuk performa sendiri Upcloud tergolong bagus.

Metode pembayaran yang dapat digunakan di Upcloud adalah Paypal dan Debit/Kredit card.

Lokasi Server Upcloud

lokasi server Upcloud
lokasi server Upcloud ( gambar screenshoot upcloud.com)

Upcloud memiliki lokasi data center atau server yang tergolong lengkap mulai Benua Amerika, eropa, Australia dan Asia. Tentunya yang paling dekat dengan Indonesia adalah Singapura.

Baca Juga  Gratis Saldo Rp 50 Ribu Cloud VPS IDCloudHost

Harga Paket Server Upcloud

harga vps upcloud ( gambar screenshoot upcloud.com)

Nah mengenai masalah harga, Upcloud memiliki harga paling murah $5 perbulan untuk spesifikasi 1 CPU, 1GB RAM, 25GB Penyimpanan dan 1TB Bandwith.

kelebihan dari upcloud sendiri adalah mudahnya pengguna untuk melakukan Upgrade maupun Downgrade paket. kalian cukup shutdown terlebih dahulu server kalian kemudian upgrade / downgrade.

Kekurangan Upcloud

Dibalik banyaknya fitur dan kelebihan pastinya ada kekurangan, selama kami memakai layanan Upcloud, segi kerkurangannya adalah:

  1. Tidak ada grafik penggunaan CPU pada Panel sehingga membuat kita sedikit bingung dan harus menggunakan pihak ketiga untuk memantau pemakaian CPU. Untuk situs dengan traffic normal pastinya tidak terlalu bermasalah, namun bagi situs yang sering mengalami lonjakan traffic tentunya akan sedikit bingung untuk memantau apakah kita perlu untuk melakukan Upgrade layanan atau tidak
  2. Tidak memiliki DNS Manajemen, Upcloud hingga saat ini belum memiliki DNS manajemen sendiri, sehingga kalian dapat menggunakan DNS manajemen pada Registar domain atau menggunakan layanan DNS Pihak ketiga.
Kesimpulan

Meski Upcloud memiliki 2 kekurangan diatas, namun secara keseluruhan kami sangat puas. Upcloud juga memberikan saldo $25 secara gratis DISINI

Review VPS VULTR

Review VPS Vultr
review vps vultr (Gambar vultr.com)

Pada pilihan yang kedua ada Vultr, Penyedia layanan Cloud Server Murah dengan Spek Gahar. Kenapa kami bilang VUltr memiliki spek Gahar? karena Vultr memiliki Hardware CPU 3GHZ untuk layanan High Frekuensinya. Dengan Spek Cpu yang tinggi ini cocok bagi kalian yang menggunakan aplikasi atau plugin yang lebih banyak memakan resource CPU.

Selain CPU, pada High Frekuensinya juga sudah menggunakan penyimpanan NVME dimana sudah terbukti untuk masalah IOPS NVME sangat cepat dan stabil dibandingkan dengan SSD.

Lokasi Server VULTR

lokasi server vultr
lokasi server vultr ( gambar screenshoot vultr.com

Sama seperti Upcloud, Vultr memiliki lokasi server yang banyak juga loh, bedanya jika di VUltr kalian akan menemukan lokasi server Jepang sedangkan pada Upcloud tiak ada.

Baca Juga  Pengertian Hosting, Fungsi, Jenis Serta Tips Memilih Hosting Lengkap 2021

Harga Paket VPS Vultr

harga paket vps vultr
harga paket vps VUltr ( gambar screenshoot vultr.com)

Mengenai harga paket VPS di VULTR tergantung dengan hardware yang kalian pilih. Untuk Cloud Compute dapat kalian miliki mulai $5 perbulan, High Frekuensi $6 perbulan, Dedicated Cloud $60 perbulan dan untuk Bare Metal sesuai dengan ketersediaan yang ada.

Kelebihan Vultr

Selama kami menggunakan layanan Vultr ada banyak sekali kelebihan menurut versi kami berikut ulasannya

  1. Memiliki DNS Manajemen yang dapat digunakan hingga 30 domain
  2. Konfigurasi Firewall yang mudah
  3. waktu maintenance menyesuaikan region masing-masing dan notifikasi diberitahukan jauh hari ( jika waktu Indonesia, Vultr melakukan Maintenance pada pukul 02.00 WIB hingga 06.00 WIB )
  4. Layanan pelanggan yang cepat dan ramah
  5. Dalam segi kecepatan tergolong sangat bagus
Kekurangan Vultr

seperti kami pernah bilang, dibalik kelebihan pastinya ada kekurangan, berikut kekurangan vultr menurut versi kami :

  1. Tidak memiliki Support yang bisa berbahasa Indonesia
  2. TIdak dapat melakukan Downgrade server
Kesimpulan

Dibalik kelebihan dan kekurangan yang ada pada Vultr, selama kami menggunakan layanannya hingga saat ini kami masih merasa puas dan tidak memiliki kendala yang sangat berarti dan High Frekuensi Vultr menjadi rekomendasi kami karena memiliki spesifikasi yang lebih tinggi.

Review VPS DigitalOcean

review vps digitalocean
review vps digitaocean ( gambar digitalocean.com)

Yang terakhir ada DigitalOcean yang merupakan perusahaan penyedia cloud server murah yang terkenal dan sudah lama menekuni bisnis ini. DigitalOcean sendiri telah menambah hardware baru di tahun ini yaitu premium Intel + NVME dan premium AMD + NVME.

DigitalOcean juga memiliki DNS manajemen dan DNS Server yang tergolong cepat loh, Berdasarkan pemantauan DNSperf, DNS server milik DigitalOcean berada pada urutan ke enam.

Rank DNS Digitalocean ( gambar screenshoot dnsperf.co)

Semakin cepat DNS yang kalian gunakan tentunya akan mempengaruhi kecepatan dari situs yang kalian miliki. Semakin cepat Resolver DNS yang kalian gunakan akan mengurangi latensi jaringan.

Baca Juga  Cara Mudah Pindah Hosting Wordpress Tanpa Downtime 2021

Lokasi Server DigitalOcean

Sama seperti kedua kompetitornya diatas, DigitalOcean juga memiliki lokasi server banyak di Benua amerika, eropa dan Asia.

Harga Paket VPS DIgitalOcean

harga paket vps Digital Ocean ( gambar screenshoot digitalocean.com)

Kalian bisa mendapatkan layanan VPS di DigitalOcean mulai harga $5 untuk hardware standart dan untuk premium + NVME mulai ari $6 perbulan

Kelebihan DigitalOcean
  1. Memiliki DNS Server yang cepat
  2. Customer Support yang Ramah dan cepat
  3. Harga Paket yang Flexible
  4. Firewall mudah untuk disetting
Kekurangan DigitalOcean

Semua resource dilimit, jika kalian ingin Upgrade harus menghubungi Costumer Support baik itu spesifikasi yang lebih tinggi atau penambahan domain pada dns manajemen.

Kesimpulan

Meski Memiliki kekurangan, Tapi kami tetap merekomendasikan untuk menggunakan layanan DigitalOcean. Selama kami memakai Layanan DigitalOcean sangat menyenangkan, Proses unlock hardware atau penambahan domain pada DNS manajemennya di ACC tidak sampai 24 jam.

Itulah tadi Review VPS Upcloud, Vultr dan DigitalOcean. Jika kalian bertanya kami lebih memilih yang mana tentunya kami akan menjawab ketiganya. Namun jika kalian memerlukan spesifikasi CPU yang tinggi kalian dapat memilih layanan High Frekuansi VULTR.

  • Bagikan