Rekomendasi CDN Bagi Pengguna WordPress 2021 Wajib Dicoba

  • Bagikan
Rekomendasi CDN Bagi Pengguna Wordpress 2021
Rekomendasi CDN Bagi Pengguna Wordpress 2021

Rekomendasi CDN. CDN (Content Delivery Network) merupakan hal tambahan yang lumayan penting untuk kecepatan serta keamanan sebuah situs.

Sesuai dengan namanya, CDN bertugas sebagai perantara antara situs kalian dan pengguna. Dengan menggunakan CDN, pengguna tidak langsung mengunjungi server kalian melainkan server pop CDN itu sendiri. Tentu saja lebih aman dan cepat donk. eits tapi meski demikian ada juga kekurangan dari CDN yang perlu kalian pertimbangkan disaat hendak memakai CDN. Apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan CDN? berikut ulasannya

Kelebihan Menggunakan CDN

  1. Kinerja Server berkurang dan menjadi ringan
  2. Situs lebih cepat
  3. Situs lebih aman dari serangan DDOS ataupun Hacker
  4. Disaat server down situs tetap berjalan karena cache dari CDN itu sendiri

Kekurangan Menggunakan CDN

Dibalik banyaknya fitur dan kelebihannya, CDN juga memiliki keurangan yaitu bisa saja membuat situs kalian menjadi lebih lambat. Loh kok bisa? karena lokasi dari server popup CDN itu sendiri. Misalkan kalian memiliki hosting di Indonesia serta target pegunjung Indonesia dan kalian memutuskan menggunakan CDN namun server popup CDN tersebut berada di Benua Amerika atau Eropa. Otomatis para pengunjung dipaksa untuk rute ke luar negeri. Semakin jauh jaraknya semakin tinggi latensinya.

Tips Memilih CDN

Setelah melihat kelebihan serta kekurangan menggunakan CDN, sekarang kami akan memberikan sedikit tips memilih CDN agar performa situs kalian tetap stabil.

  1. Cek terlebih dahulu kualitas dan performa penyedia CDN yang ingin kalian gunakan
  2. Gunakan CDN berbayar ( karena versi berbayar memiliki firtur yang lebih daripada versi gratis)
  3. Cari layanan CDN yang menyediakan POP server di Indonesia atau negara terdekat ( Singapura/Malaysia)
Baca Juga  Imunify360 Perlindungan Server Linux Yang Lengkap dan Terbaik

Berikut kami Berikan rekomendasi CDN Bagi pengguna WordPress yang memiliki reputasi bagus, server terdekat bahkan ada yang di Indonesia loh, penasaran apa saja ?

Rekomendasi CDN Bagi Pengguna WordPress 2021

1. CLoudFlare

Rekomendasi CDN Bagi Pengguna WordPress 2021
Rekomendasi CDN Bagi Pengguna WordPress 2021 cloudflare ( gambar cloudflare.com)

Cloudflare merupakan perusahaan penyedia layanan CDN yang sudah sangat terkenal diseluruh dunia bahkan di Indonesia. Sudah banyak pemilik situs pribadi hingga perusahaan dan pemerintahan menggunakan layanan CloudFlare.

Cloudflare sendiri memiliki kualitas DNS yang cukup bagus dan cepat. Selain itu Cloudflare juga memiliki versi gratisnya. Jadi bagi kalian yang memiliki Budget terbatas masih bisa menggunakan layanan gratis CLoudFlare.

Cloudflare memiliki banyak sekali POP server di seluruh dunia dan juga Indonesia. Meski ada di Indonesia itu untuk versi premiumnya ya, jadi bagi kalian yang mengharapkan dapat POP Indonesia mesti berlangganan dahulu.

Selain itu, Cloudflare juga memiliki sistem keamanan yang baik serta mudah untuk digunakan karena memiliki server DNS sendiri. Bagi kalian yang ingin menggunakan layanan dari Cloudflare cukup mengarahkan Name Server domain kalian ke DNS Cloudflare.

2. BunnyCDN

Rekomendasi CDN Bagi Pengguna WordPress 2021 Bunnycdn ( gambar bunny.net)

BunnyCDN atau sekarang menjadi BunnyNET merupakan perusahaan yang menyediakan Layanan CDN murah, stabil dan mudah digunakan bagi kalian yang menggunakan CMS WordPress.

BunnyCDN merupakan layanan CDN Premium dengan harga murah dan memberikan Trial alias ujicoba sebelum kalian berlangganan.

POP dari BunnyCDN sendiri tersebar diseluruh penjuru dunia dan yang paling dekat dengan Indonesia adalah Singapura. Untuk harga sendiri BunnyCDN membandrol $0.03 per GB untuk Asia dan Oceania.

Kelebihan dari BunnyCDN sendiri karena memiliki EDGE cache serta optimizer yang dapat membuat gambar otomatis menjadi WEBP yang tentunya lebih ringan dan cepat untuk situs anda.

Bagi kalian pengguna WordPress, kalian cukup mendaftar dan menginstall plugin BunnyCDN pada situs kalian dan otomatis kalian sudah menggunakan CDN.

Baca Juga  Harga Paket Internet Telkomsel Update Lengkap Per Oktober 2021

Meski POP BunnyCDN belum ada di Indonesia, POP singapura pun tergolong cepat dengan latensi yang rendah karena tidak jauh dari negara kita sendiri. Jadi BunnyCDN dapat menjadi tujuan untuk kalian yang sedang mencari CDN bagus tapi murah.

3. Quic Cloud CDN

Rekomendasi CDN Bagi Pengguna WordPress 2021 quiccloud (gambar quic.cloud)

Yang terakhir ada Quic Cloud CDN, mungkin bagi sebagian orang masih agak asing dengan penyedia CDN yang satu ini. Karena memang Quic Cloud merupakan pemain baru dalam dunia CDN.

Bagi kalian yang menggunakan hosting atau server Litespeed pastinya sudah tidak asing lagi lah ya karena memang Quic Cloud ini sepaket dengan Litespeed plugin.

Bagi kalian yang menggunakan server litespeed serta menginstall plugin litespeed cache kalian dapat langsung menggunakan CDN ini secara gratis. Namun untuk versi gratisnya terdapat batasan bandwith ya, ketika bandwith yang digunakan sudah mencapai batas maka akan otomatis tidak menggunakan CDN.

Kelebihan dari Quic Cloud ini, mereka POP di Indonesia dan otomatis menggunakan POP tersebut meski kalian tidak berlangganan versi premiumnya.

Untuk harga sendiri Quic Cloud juga cukup murah berikut rinciannya

Quic Cloud Versi Gratis

TierFree CreditsEquivalent to NA Traffic
Basic10 credits1GB
LiteSpeed Server50 credits5GB
LiteSpeed Enterprise100 credits10GB
QUIC.cloud Hosting Partner coming soon200 credits20GB

Pay As You Go

ProductCost
1 Refill Unit1,000 credits

Versi Standart Plan

RegionCredit Cost/GB
North America20 credits/GB 10 credits/GB*
Europe20 credits/GB 10 credits/GB*
Russia40 credits/GB 20 credits/GB* +
Latin America80 credits/GB 40 credits/GB*
Asia80 credits/GB 40 credits/GB*
Oceania80 credits/GB 40 credits/GB*
Middle East80 credits/GB 40 credits/GB*
Africa80 credits/GB 40 credits/GB*

Cukup murah kan harga dari Quic Cloud, dan kalian tetap mendapatkan gratis kuota perbulan meskipun berlangganan.

Baca Juga  Rekomendasi TV Android Terbaik, Termurah Dan Berkualitas 2021

Kesimpulan

Sebelum kami membuat artikel ini kami sudah menggunakan ketiga layanan CDN tersebut, dan telah mencoba fitu-fiturnya. dan secara garis besar ketiga layanan CDN diatas cukup baik dan memuaskan.

Bagi kalian yang memiliki Budget lebih, kami menyarankan kalian menggunakan Versi premium dari CloudFlare karena segi keamanan serta performa DNSnya yang bagus dan juga server POP ada di Indonesia.

Bagi kalian yang memiliki budget sedikit kalian bisa menggunakan layanan CDN dari BunnyCDN, meski murah kualitas yang satu ini patut diacungi jempol loh.

bagi kalian yang mencari CDN dengan POP Indonesia tapi harga murah kalian bisa menggunakan Quic Cloud CDN.

Itulah tadi pembahasan kami mengenai rekomendasi CDN bagi pengguna wordpress, semoga dapat membantu kalian yang sedang mencari layanan CDN

  • Bagikan