Cara Mempercepat WordPress Paling Ampuh 2021 Wajib Dicoba

  • Bagikan
cara mempercepat wordpress

Cara Mempercepat WordPress hingga saat ini masih dicari oleh pemilik website tak lain karena Google juga telah mengupdate Algoritmanya yaitu menilai website salah satunya dari kecepatan sebuah situs. Tentu saja bagi kalian pemilik website juga tidak ingin situs kalian lambat bukan apalagi sebagian pemilik situs lebih senang melihat situs yang memiliki score berwarna hijau pada situs tes website.

WordPress terkenal akan kemudahannya serta banyak sekali developer theme serta plugin yang dapat kalian temukan baik gratis atau pun premium.

Untuk melakukan test kecepatan sebuah website ada banyak sekali langkahnya, mulai menggunakan GTMETRIX, Pagespeedtest, Web.Dev dan Pingdom.

Pada Tutorial Kali ini kami akan membahas cara mempercepat website yang menggunakan CMS WordPress, Jadi bagi kalian yang tidak menggunakan CMS WordPress, kami akan membahasnya pada artikel lainnya.

Sebelum memulai kalian wajib tau hal-hal apa saja yang mempengaruhi kecepatan sebuah website terlebih yang menggunakan CMS WordPress.

Hal yang mempengaruhi Kecepatan Website

  1. Server Hosting, Server hosting adalah hal pertama yang dapat mempengaruhi kecepatan website kalian. Mulai dari spesifikasi dan lainnya. Berbeda penyedia berbeda pula rasanya. Tak hanya itu, Layanan yang kalian gunakan pun mempengaruhi loh. Contoh shared hosting, cloud hosting, vps dan dedicated server juga berbeda beda.
  2. Thema, Thema atau template yang kalian gunakan juga mempengaruhi kecepatan situs kalian sendiri. Makin banyak fitur dari thema maka akan semakin berat.
  3. Plugin, Plugin juga menjadi pengaruh terhadap kecepatan website kalian. Semakin banyak plugin yang kalian insatall maka akan semakin berat loading website kalian.
  4. DNS, DNS Domain juga berpengaruh pada kecepatan sebuah situs. ( kami telah mencoba menggunakan beberapa DNS Domain hingga premium DNS juga sangat berbeda hasilnya )
Baca Juga  Hosting Gratis Cpanel dan Plesk Indonesia 2021

Syarat Mempercepat WordPress Ampuh 2021

Perlu diketahui untuk mempercepat wordpress, disini kami menggunakan server Litespeed lengkap dengan plugin cache litespeed

  1. Situs Berbasis WordPress
  2. Server Menggunakan Litespeed ( selain Litespeed boleh mencoba)
  3. Menginstall Plugin Litespeed

Cara Mempercepat WordPress

Install Plugin Litespeed Cache

Cara Mempercepat WordPress
https://www.cakrawalarafflesia.com/2021/05/07/cara-mengaktifkan-crawler/ menginstall plugin litespeed

Pada langkah pertama, kalian wajib menginstall Plugin Litespeed Cache. Karena dalam mempercepat wordpress kali ini kita akan menggunakan bantuan plugin litespeed Cache.

Mengatur Litespeed Cache

Menu Umum

Cara Mempercepat WordPress mengatur plugin litespeed cache

Tahap awal dalam mengatur plugin Litespeed Cache adalah pergi ke menu Umum kemudian Minta Kunci Domain atau request domain key seperti gambar diatas. Tunggu maksimal 1 menit kemudian refresh halaman.

Masih pada menu yang sama silahkan aktifkan menu Guest Mode dan Guest Optimization kemudian klik simpan.

Menu Cache

Pada Menu cache silahkan kalian pilih aktifkan semuanya, selanjutnya ke tab Objek dan aktifkan objek cache kemudian simpan. Untuk tab lainnya biarkan default saja.

Kiri tab cache, kanan tab objek

Menu CDN

Pada menu ini sebenarnya optional, tapi kami memilih untuk mengaktifkan CDN Quic kemudian klik save seperti gambar dibawah ini

Cara Mempercepat WordPress

Menu Optimasi Gambar

Untuk optimasi gambar, kalian dapat melihat settingannya pada gambar dibawah ini

Menu Optimasi Halaman

Untuk pengaturan optimasi halaman, kalian dapat melihat gambar dibawah ini

Menu Perayapan

Pada menu perayapan atau Crawler silahkan kalian aktifkan. cara mengaktifkannya, pilih tab pengaturan umum -> Perayapan Aktif kemudian simpan.

Opsi Pendukung Lainnya

Opsi pendukung lainnya adalah menggunakan DNS server dengan speed tinggi atau kalian dapat menggunakan premium dns. Untuk diketahui kami menggunakan premium dan gratis sangat banyak sekali perbedaannya terutama di TTFB atau jika di test menggunakan GTMETRIX akan menunjukkan reduce initial server respon time jika menggunakan dns gratis, tapi ketika menggunakan DNS Premium, peringatan tersebut langsung hilang.

Baca Juga  Cara Membuat Safelink Di Wordpress dan Blogspot Mudah 2021

Hasil Test Kecepatan

Berikut adalah hasil test kecepatan yang kami lakukan di GTMetrix, Pagespeedtest, Web.Dev seta pingdom

Hasil Test GT Metrix

Hasil Test Pagespeedtest

Hasil Test Web.dev

Hasil Test Pingdom

Itulah tadi cara mempercepat wordpress menggunakan plugin litespeed cache. semoga dapat membantu kalian.

Disclaimer :

Hasil dapat berbeda-beda tergantung Theme, jumlah plugin dan DNS yang digunakan. Kami telah mencoba pada beberapa theme seperti Newspaper, Elementor dan WP Berita plus Premium DNS dari NameCheap hasilnya sangat memuaskan.

  • Bagikan