Cara Update dan Upgrade Ubuntu Server 2021

  • Bagikan
cara update dan upgrade ubuntu
cara update dan upgrade ubuntu

Cara Update dan Upgrade Ubuntu server bagi kalian yang menggunakan layanan VPS atau Dedicated Server.

Update dan Upgrade ubuntu server sendiri sangatlah penting peranannya karena akan memperbaharui sistem yang lama dan juga patch keamanan ke yang lebih baru.

Bagi kalian yang menggunakan Sistem Operasi Ubuntu untuk server kalian maka kalian wajib memeriksa secara berkala sistem kalian untuk mengetahui apakah ada pembaharuan atau tidak karena sistem operasi Ubuntu ini tergolong cepat dalam melakukan pembaharuan.

Untuk pembaharuan di Ubuntu sendiri terbagi menjadi dua dimana hanya pembaharuan sistem saja atau ada pembaharuan kernel dan sistem keamanan. Keduanya pun memiliki notifikasi yang berbeda serta langkahnya pun berbeda.

Oke untuk mempersingkat kita langsung mulai saja ya.

Cara Update dan Upgrade Ubuntu

1. Hanya Update sistem tanpa pembaharuan keamanan

cara update dan upgrade ubuntu
Cara Update dan Upgrade Ubuntu tanpa pembaharuan security

Langkah yang pertama ini untuk update file tanpa adanya pembaharuan pada sistem ditandai dengan munculnya notif xxx updates can be applied immediately seperti gambar diatas. Untuk melakukan upgrade silahkan mengikuti langkah berikut ini.

Login Ke Console SSH Menggunakan Putty

Cara Update dan Upgrade Ubuntu langkah menggunakan putty

Silahkan kalian download aplikasi Putty apabila kalian belum memilikinya, apabila sudah memiliki silahkan kalian buka aplikasi putty kemudian massukan hostname atau ip server kalian kemudian klik Open. apabila muncul notif sertifikat silahkan klik oke. kemudian login menggunakan akun root dan passwordnya hingga berhasil login.

Baca Juga  Control Panel VPS Terbaik 2021 ( Gratis dan Berbayar )

Upgrade sistem

Cara Update dan Upgrade Ubuntu langkah memulai update

Setelah berhasil login maka kalian akan melihat notifikasi diatas memberitahuan jika ada 2 Update. maka ketikkan perintah sudo apt-get update kemudian enter.

Cara Update dan Upgrade Ubuntu

Setelah selesai maka dilanjutkan dengan menggetikkan perintah sudo apt-get upgrade dan tekan enter

Silahkan tekan Y setelah muncul notif Do You Want To Continue kemudian enter dan tunggu hingga proses selesai.

Setelah Proses selesai, untuk memastikan apakah perlu melakukan restart silahkan kalian ketikkan perintah berikut ini

sudo cat /var/run/reboot-required
sudo cat /var/run/reboot-required.pkgs

Apabila hasilnya seperti dibawah maka kalian tidak perlu melakukan reboot, namun apabila muncul notifikasi need reboot silahkan kalian reboot server untuk menerapkan pembaharuan.

2. Update sistem dengan pembaharuan keamanan

Pada langkah kedua ini berlaku apabila adanya update dengan pembaharuan keamanan seperti gambar diatas yang ditandai adanya notifikasi update dan xx of these updates are standart security updates. Langkahnya pun berbeda dengan cara pertama tadi ya, karena apabila kalian melakukan cara pada langkah pertama hanya akan mengupdate files sistem saja tidak berikut security update nya.

Untuk melakukan update dengan pembaharuan keamanan berikut langkahnya.

Login ke console menggunakan Putty

Sama seperti langkah pertama, kalian harus login terlebih dahulu menggunakan akun root menggunakan aplikasi putty.

Lakukan Update

Silahkan kalian ketik perintah berikut terlebih dahulu sudo apt-get update kemudian enter dan tunggu hingga proses selesai.

Setelah proses selesai dilanjutkan dengan mengetik perintah

sudo apt-get update && sudo apt-get dist-upgrade

Dan enter kemudian tunggu hingga proses selesai ( sebelum dimulai kalian akan dimintai persetujuan. silahkan klik Y kemudian enter). Proses ini lebih lama dibandingkan dengan proses update saja tanpa pembaharuuan security jadi harap bersabar

Baca Juga  Cara Mempercepat Wordpress Paling Ampuh 2021 Wajib Dicoba

Membuang Kernel Lama

Proses ini dibutuhkan untuk membuang file kernel lama agar tidak memenuhi hardisk kalian. Apabila sudah selesai maka dilanjutkan dengan mengetikkan perintah

apt-get autoremove

sudo cat /var/run/reboot-required
sudo cat /var/run/reboot-required.pkgs

Apabila ada notifikasi diperlukan reboot maka kalian ketikkan perintah reboot kemudian tekan enter dan server akan reboot.

Catatan

Pada sebagian update dan upgrade membutuhkan reboot server maka sebaiknya langkah ini dilakukan tengah malam atau disaat sepi pengunjung karena akan menggangu aktifitas pengunjung. Proses reboot sendiri berbeda-beda dari hitungan detik hingga 5 menit tergantung kualitas dari penyedia layanan itu sendiri.

Meski proses Update dan Upgrade jarang sekali menyebabkan kerusakan, lebih baik untuk berjaga-jaga kalian lakukan backup terlebih dahulu atau membuat snapshoot server kalian yang gunanya untuk menghindari adanya kegagalan strat server ulang.

Sebelum artikel ini dibuat kami sudah menangani beberapa server dan telah melakukan tahapan ini berulang kali hingga hari ini belum menemukan adanya kendala hingga kegagalan start server.

  • Bagikan