Fitur Baru Twitter Otomatis Blokir Ujaran Kebencian Di Uji Coba

  • Bagikan
Fitur Baru Twitter
Fitur Baru Twitter ( gambar twitter.com)

Twitter telah mengumumkan sedang menguji fitur baru yang dapat otomatis memblokir pesan atau ujaran kebencian Rabu (1/9/2021) demi melindungi penggunanya dari penyalahgunaan sosial media.

Nantinya bagi pengguna yang telah mengaktifkan fitur Safety Mode akan melihat mention difilter selama 7 hari yang artinya dalam tujuh hari tidak melihat pesan yang ditandai sebagai pesan yang kemungkinan berisi ujaran kebencian atupun penghinaan.

Twitter bakal menguji fitur tersebut kepada sejumlah kecil penggunanya yang berbahasa Inggris dan diprioritaskan kepada “kelompok marjinal serta jurnalis perempuan” yang paling sering menjadi sasaran dari pelecehan.

Kami ingin berbuat lebih banyak untuk mengurangi beban orang-orang yang berurusan dengan interaksi yang tidak diinginkan,” kata Twitter dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip AFP.

Twitter juga menambahkan jika mereka berkomitmen untuk membuat percakapan yang sehat di platform Twitter.

Kedepannya, Seperti Platform media sosial lainnya, pengguna twitter bakal bisa melaporkan unggahan yang dianggap penuh kebencian termasuk juga pesan rasis, homofobia serta seksis.

Sebenarnya para pegiat telah lama mengeluhkan kebijakan Twitter yang dapat berkomentar kekerasan dan diskriminatif.

Twitter juga sedang dalam kasus gugatan oleh keenam kelompok anti diskriminasi di Prancis. Mereka menuduh Twitter secara terus menerus gagal memblokir komentar kebencian.

Safety Mode merupakan fitur terbaru dari serangkaian fitur yang diperkenalkan untuk memberi pengguna Twitter lebih banyak kontrol atas siapa yang dapat berinteraksi dengan mereka.

Fitur-fitur yang telah tersedia sebelumnya mencakup kemampuan dalam membatasi siapa yang dapat membalas tweet.

Twitter juga mengatakan jika fitur baru ini masih dalam proses, Menimbang kemungkinan fitur ini dapat secara tidak sengaja memblokir pesan yang tidak kasar.

“Kami tidak akan selalu melakukan ini dengan benar dan mungkin membuat kesalahan, sehingga pemblokiran otomatis Safety Mode dapat terlihat dan dibatalkan kapan saja di pengaturan Anda,” Ungkap perusahaan itu.

Baca Juga  Transfer Chat iOS dan Android Jadi Fitur Terbaru WhatsApp Selanjutnya
  • Bagikan