Cara Cek CPU Android dengan Mudah 2021

  • Bagikan
Cara Cek CPU Android
Cara Cek CPU Android

Cara Cek CPU Android dengan Mudah

Informasicara cek CPU android dengan mudah memang penting diketahui oleh para pemilik handphone. Ada beberapa komponen di dalam smartphone untuk bisa beroperasi. Komponen itu mulai dari processor atau CPU, RAM, memori internal atau eksternal, GPU dan sebagainya.

Processor merupakan otak dari sebuah perangkat handphone. Fungsinya sangatlah penting. Beberapa komponen penyusunnya antara lain core, chipset, clock speed dan GP.

Fungsi CPU di Handphone Android

CPU merupakan singkatan dari central processing unit. Mengetahui cek CPU android sama pentingnya dengan tahu fungsinya. Fungsinya sendiri dalam sebuah handphone sangatlah penting. Sederhananya, bagian ini dapat dianggap merupakan otak sebuah perangkat.

CPU memiliki peran untuk membagi tugas masing-masing komponen yang ada di bawahnya. Komponen ini akan mengoperasikan semua perintah yang terkoneksi dengan sistem operasinya. Biasanya, CPU tersusun dari beberapa core atau bagian.

Ada CPU yang memiliki 4 sampai 8 unit pada sebuah handphone. Fungsi penting lainnya yaitu bertanggung jawab agar fungsi aplikasi berjalan dengan lancar. Jadi, semakin besar kapasitas CPU, dalam menjalankan aplikasi juga bisa semakin lancar.

Perbedaan CPU dan GPU

Sebelum membahas cara cek CPU android kita kenali bedanya dengan GPU. GPU adalah singkatan graphic processing unit. Dari namanya, tentu Anda sudah paham apa fungsi komponen ini?. GPU berfungsi menyajikan tampilan gambar yang berkualitas maksimal di handphone.

Dengan sistem yang berjalan di CPU, GPU akan bertugas merubah informasi ke dalam format gambar. GPU memang menjadi komponen yang berbeda dengan CPU, karena memang untuk mengolah informasi menjadi gambar perlu spesifikasi khusus.

Baca Juga  10 Rekomendasi Kamera Yang Paling Bagus Untuk Foto

Jenis Processor

Processor Android yang umumnya digunakan, ada dua macam. Pertama, yaitu Qualcomm Snapdragon. Processor ini memang mainstream dan ba yang dipakai pada sebuah handphone android. Alasannya, lebih memiliki keunggulan dari teknologi yang maju dibandingkan pesaingnya.

Kedua, processor yang sering digunakan adalah MediaTek. Jenis ini seringkali digunakan pada handphone yang tidak punya kapasitas penyimpanan besar. Para produsen handphone android juga mengadopsi processor ini untuk menekan biaya produksi.

Panduan Cek CPU Android

cara cek cpu android

Jika Anda memiliki handphone Android, Mungkin ada yang tahu dan tidak mengenai apa CPU yang digunakan. Ini penting diketahui oleh para pemiliknya agar menyesuaikan dengan aplikasi yang diinstal. Berikut ini kami akan menerangkan Bagaimana cara cek CPU android.

Mengeceknya di Menu Setting

Cara pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengecek CPU android yaitu di menu setting. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka menu setting yang ada di handphone.
  • Selanjutnya, Anda dapat memilih menu more setting.
  • Berikutnya, Anda dapat memilih about phone dan akan dapat melihat seperti apa spesifikasi handphone.
  • Selanjutnya, Anda dapat mengamati di bagian processor.

Aplikasi Android Info Hardware

Android info hardware merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk cek CPU android. Anda dapat melihat apa processor atau CPU yang digunakan. Berikut panduannya:

  • Instal aplikasi yang bisa didapatkan dari playstore atau App store.
  • Jika sudah, buka aplikasi dan kemudian cari bagian System.
  • Disana Anda akan melihat beberapa informasi mengenai CPU architecture, cores dan clock speed.

Menggunakan Aplikasi Inware

Aplikasi selanjutnya yang dapat dipakai untuk melihat ARM smartphone Android yaitu Inware. Di sini, akan diketahui apa processor yang digunakan dengan mudah. Berikut langkah-langkah Bagaimana melihat ARM Android :

Baca Juga  Cara Flash Oppo Semua Tipe Terbaru dan Lengkap 2021
  • Buka Play store dan unduh aplikasi inware di handphone Anda.
  • Jika sudah diinstal, maka jalankan aplikasi.
  • Selanjutnya, masuk ke menu perangkat keras yang ada di sebelah atas.
  • Agar bisa melihat apa jenis ARM android yang digunakan, Anda dapat melihatnya di opsi mendukung ABIS.

AnTuTu Benchmark

Aplikasi cek CPU android ini akan berisi info komplit, namanya AnTuTu Benchmark. Terdapat berbagai fitur untuk mengamati bagaimana skor kinerja handphone. Anda juga dapat membandingkan dengan handphone lain. Berikut caranya :

  • Unduh aplikasi ini di play store bagi pengguna handphone Android.
  • Pada tampilan awal, maka akan dapat melihat informasi perangkat yang digunakan.
  • Jika ingin mengetes kecepatan performa handphone, Anda bisa pilih klik uji.
  • Tunggu proses pengetesan selesai.
  • Jika sudah selesai, maka akan terlihat seperti apa skor kinerja handphone Anda.

Demikianlah informasi tentang bagaimana cara cek CPU android. Dengan informasi yang kami jelaskan, semoga memberikan Anda manfaat untuk melihat bagaimana processor smartphone handphone yang digunakan.

  • Bagikan