Perkembangan Teknologi Masa Kini

  • Bagikan
Perkembangan Teknologi Masa Kini
Perkembangan Teknologi Masa Kini

Perkembangan Teknologi Masa Kini – Seiring berjalannya waktu dunia sudah semakin berkembang, sama halnya dengan teknologi. Banyak sekali ilmuwan yang dapat mengembangkan teknologi untuk menguntungkan dan mempermudah pekerjaan manusia. Perkembangan teknologi terdiri dari beberapa bidang yaitu bidang pendidikan, bidang ekonomi, bidang informasi, dan bidang lingkungan. Walaupun itu sangat menguntungkan untuk para masyarakat, ada pula beberapa dampak negative dan positif yang akan kita dapatkan.

Pada masa pandemi seperti ini juga banyak kebiasan manusia yang telah berubah, begitupun kondisi ekonomi yang mereka alami tidak stabil dan membuat manusia harus menemukan solusi agar ekonomi mereka tetap stabil. Sekarang beberapa masyarakat membuka bisnis mereka secara online, bahkan peminatnya pun semakin banyak. Begitupun dengan teknologi yang mereka pakai sekarang sangatlah canggih.

Berbagai toko online dan dompet digital pun semakin banyak peminatnya. Beberapa toko online yang banyak peminatnya antara lain adalah Shopee, Lazada, Tokopedia, Buka Lapak, Blibli, Olx, Zalora, Jd.id, Elevenia dan masih banyak lagi. Adapun dompet digital yang banyak peminatnya yaitu Dana, Gopay, Ovo, Linkaja, Doku, Isaku, dan lain-lain. Perkembangan teknologi tidak hanya melalui ekonomi tapi juga melalui pendidikan.

Pendidikan sangatlah penting bagi pelajar, banyak manusia yang menemukan cara agar para pelajar tetap bisa belajar secara stabil seperti sebelumnya. Salah satu metode yang dipakai untuk pelajar agar mereka belajar secara stabil adalah dengan cara pembelajaran jarak jauh atau bisa disebut dengan daring.  Perkembangan teknologi di masa kini juga sangat berguna untuk para pelajar dan banyak sekali teknologi yang menyediakan sarana untuk pembelajaran jarak jauh atau daring, yaitu google meet, zoom, classroom, cisco webex dan masih banyak lagi.

Baca Juga  WhatsApp, Instagram, Facebook Down Serentak 4 Oktober 2021

Perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi juga sama hal nya seperti pendidikan, serba daring. Memberikan informasi secara daring sangat menguntungkan untuk para masyarakat, tapi juga dapat memberikan dampak yang cukup buruk terhadap masyarakat. Kami sebagai masyarakat harus menggunakannya dengan sangat baik dan cerdas, tidak boleh gegabah dalam menggunakannya. Jika masyarakat mencari informasi namun tidak dengan detail dalam mencernanya, maka informasi yang salah sangat mudah menyebar.

Ada pula dampak buruk yang dapat merusak lingkungan. Dalam sebuah proses pembuatan teknologi membutuhkan pengambilan bahan dan pembuangan bahan yang cukup memberikan dampak buruk untuk lingkungan, maka diperlukan perkembangan teknologi untuk meminimalisir kerusakan lingkungan atau memperbaiki lingkungan. Jika tidak ada yang dapat meminimalisirkan kerusakan lingkungan maka akan berdampak pada kebutuhan pangan masyarakat.

Beberapa contoh teknologi yaitu sel surya, pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga angin, mobil listrik, biopori, mobil surya, kendaraan hidrogen, biogas, fitoremediasi. Perkembangan teknologi dapat berdampak baik ataupun berdampak buruk tergantung masyarakat menggunakan teknologi tersebut, tidak perlu terlalu berlebihan dalam menggunakannya. Ada berbagai macam edukasi agar masyarakat bisa menggunakannya dengan baik dan benar.

Dampak Positif Perkembangan Teknologi

Perkembangan Teknologi Masa Kini

Mempermudah Informasi

Jika di era 90-an, masyarakat dalam mencari informasi masih melalui koran, radio, surat kabar dan televisi. Namun, di era 2020 kini untuk mencari informasi sudah melalui internet secara online dan bisa diakses selama 24 jam.

Membuka Lapangan Kerja

Untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan atau membutuhkan perkerjaan baru, kini terdapat banyak sekali jenis pekerjaan baru yang bisa dicari di internet seperti content writer, content creator, admin sosial media, programmar, dan masih banyak lagi hal ini tentu dipengaruhi perkembangan teknologi

Baca Juga  Ray-Ban Stories, Kacamata Pintar Bikinan Facebook dengan 20 Kombinasi Gaya

Memudahkan Proses Jual-Beli

Banyak aplikasi online yang bisa kalian pakai untuk bisnis jual-beli seperti Shopee dan Lazada, kalian juga bisa melakukan transaksi lewat website ini.

Dampak Negative Perkembangan Teknologi

Menurunnya Sosialisasi Antar Manusia

 Kurangnya interaksi antar manusia secara langsung karena apa – apa semuanya bisa dilakukan secara online.

Teknologi dapat Menggantikan Manusia

Perkembangan teknologi dapat mengurangi tenaga kerja manusia secara signifikat.

Waktu terasa begitu cepat sama hal nya dengan perkembangan teknologi di negara ini, hingga dapat dirasakan oleh semua masyarakat. Demikian ulasan informasi mengenai perkembangan teknologi masa kini yang dapat anda pahami. Terima Kasih

  • Bagikan