Siaran TV Digital Berbayar Atau Tidak?

  • Bagikan
siaran tv digital

cakrawalarafflesia — Seiring berkembang pesatnya kemajuan teknologi serta kebutuhan pemanfaatan spektrum frekuensi 700 MHz yang saat ini digunakan untuk TV analog, maka Pemerintah melalui Kementrian Komunikasi dan Informati ( Kominfo ) akan melakukan migrasi siaran tv analog ke siaran TV digital.

Semula, kominfo berencana menggantikan siaran TV analog yang telah digunakan di Indonesia selama 60 tahun itu di tahun 2021 ini namun akhirnya diundur pada tahun 2022 mendatang. adapun tahapan penggantian siaran TV analog ke TV Digital Sebagai berikut

Tahap 1 30 April 2022 akan mencakup 56 wilayah dengan jumlah 166 kabupaten/kota

Tahap 2 31 Agustus 2022 mencakup 31 wilayah dengan jumlah 110 kabupaten/kota

Tahap 3 2 November 2022 mencakup 25 wilayah dengan jumlah 63 kabupaten/kota.

Sejak awal diinformasikanya perubahan dari TV analog ke TV digital tersebut ada banyak sekali pendapat dan rumor yang mengatakan jika siaran TV digital akan berbayar layaknya TV berlangganan, namun hal tersebut dibantah oleh Direktur Penyiaran Kementrian Kominfo Geryantika Kurnia.

Mengutip detik.com, Gery mengatakan jika nantinya siaran TV digital ini gratis dan menggunakan antena seperti yang dipakai masyarakat saat ini. Masyarakat masih dapat menerima siaran TV digital meski menggunakan TV analog hanya saja untuk bisa mendapatkan siaran tersebut masyarakat harus menggunakan alat tambahan yaitu Set Top Box. dan Set Top Box dapat dibeli masyarakat dipasaran.

Berdasarkan pemantauan tim cakrawalarafflesia harga Set Top Box itu sendiri di maket place Tokopedia dan Shoope berkisar Rp. 199.000 hingga Rp. 350.000.

Kelebihan Siaran TV digital dibandingkan TV Analog

  • Tidak perlu berlangganan
  • menggunakan antena UHF
  • Kualitas gambar lebih baik dari TV Analog
  • Siaran TV lebih banyak
Baca Juga  Kenapa Sertifikat Vaksin Pedulilindungi Tidak Terdaftar?

Manfaat Siaran TV Digital

Selain memiliki kelebihan mulai kulitas gambar hingga suara yang lebih baik, siaran TV digital sendiri memiliki fitur Early Warning System (EWS) atau sistem peringatan dini bencana.

Fitur itu sendiri nantinya akan memberitahukan apabila terjadi bencana alam mulai gempa bumi / tsunami yang ditandai dengan otomatisnya siaran TV menjadi siaran peringatan dini Bencana.

Selain fitu EWS, Siaran Tv digital juga memiliki fitur lainnya yaitu teknologi DVB-T2 serta fitur EPG yang dapat digunakan untuk melihat Jadwal serta deskripsi acara.

  • Bagikan