Warna Barcode Merah, Kuning, Hijau dan Hitam di Aplikasi PeduliLindungi Apa artinya?

  • Bagikan
Warna Barcode Merah, Kuning, Hijau dan Hitam di Aplikasi PeduliLindungi Apa artinya?
Warna Barcode Merah, Kuning, Hijau dan Hitam di Aplikasi PeduliLindungi Apa artinya?

Aplikasi Pedulilindungi telah ditetapkan sebagai salah satu persyaratan untuk memasuki ruang publik serta syarat perjalanan.

MEndatang, aplikasi pedulilindungi ini bakal digunakan untuk melakukan skrining kepada masyarakat yang akan bepergian menggunakan moda transportasi umum atau mendatangi tempat publik.

Masyarakat akan diminta untuk scan barcode melalui aplikasi pedulilindungi ketika memasuki tempat umum seperti pusat perbelanjaan, mall serta fasilitas publik lainnya.

Mengutip Kompas.com. Siti Nadia Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes mengatakan ” cara scan barcode ada penjelasannya ketika memasuki tempat publik. Scan barcode sendiri dilakukan untuk scrinning apakah seseorang tersebut dapat melakukan aktivitas di tempat publik atau tidak.

Nantinya, setelah melakukan scan barcode, bakal muncul notifikasi dengan warna Merah, Kuning, Hijau dan Hitam. Informasi warna ini yang memberitahukan apakah seseorang tersebut boleh masuk ke ruang pulik atau tidak. Untuk arti warnanya sendiri disini kami akan menjelaskannya berikut ini :

Arti Warna Barcode di Aplikasi PeduliLindungi

Warna Barcode Merah, Kuning, Hijau dan Hitam di Aplikasi PeduliLindungi Apa artinya?

1. Warna Merah

Apabila hasil scan barcode menunjukkan warna merah berarti pemilik aplikasi tersebut belum melakukan vaksinasi atau dapat diartikan pengunjung dalam kondisi terpapar atau ada kontak erat dengan Covid-19. Jika hasil scan barcode menunjukkan warna merah maka pengunjung tidak diperbolehkan memasuki ruang publik.

2. Warna Kuning

Jika hasil Scan barcode berwarna kuning atau oranye artinya, pemilik aplikasi baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama, Pemilik barcode warna kuning ini diperbolehkan memasuki ruang publik setelah dilakukan verivikasi lebih lanjut dan wajib menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga  Wajib Tau, Kode Rahasia Ponsel Android Lengkap 2021

3. Warna Hijau

Warna hijau yang keluar setelah melakukan scan barcode menunjukkan jika pemilik barcode tersebut telah melakukan vaksinasi lengkap dan diizinkan memasuki ruang publik.

4. Warna Hitam

Yang terakhir ada warna hitam, mengutip Tribunnews, Pengunjung yang menunjukkan warna hitam setelah melakukan scan barcode diartikan dalam keadaan positif Covid-19 atau ada kontak erat dengan pasien Covid-19. Pemilik hasil barcode warna hitam ini tidak diijinkan masuk ke ruang publik. Apabila tetap memaksa masuk keruang publik maka pengunjung akan ditindak tegas oleh pihak yang berwenang.

Cara Melakukan scan barcode Diruang Publik

Untuk melakukan scan barcode yang menjadi persyaratan memasuki ruang publik, berikut langkahnya:

  1. Pastikan memiliki aplikasi pedulilindungi dan telah mendaftar serta login
  2. Pilih menu Scan QR code
  3. Scan Barcode yang tersedia di tempat publik

Scan barcode sendiri dapat dilakukan berkali-kali di kawasan atau mall serta pusat perbelanjaan yang memiliki merchant didalamnya.

Selain itu, apabila kalian telah keluar dari ruang publik tersebut jangan sampai lupa untuk melakukan check out ya.

  • Bagikan