FireWall : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Cara Kerja dan Penerapannya 2021

  • Bagikan
Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Cara Kerja dan Penerapan firewall
Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Cara Kerja dan Penerapan firewall

Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Cara Kerja dan Penerapan Firewall Pada Jaringan Komputer, Laptop dan Server

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan digitalisasi yang mulai merata berdampak baik bagi kehidupan masyarakat. Saat ini, Perangkat Komputer, laptop dan server telah menjadi kebutuhan sekunder. Mulai dari sekolah hingga pekerjaan banyak yang membutuhkan komputer serta server.

Namun, dibalik perkembangan tersebut, timbul permasalahan baru terkait dengan keamanan jaringan komputer seperti malware hingga pembobolan data oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Untuk mencegah sekaligus menjadi solusi awal dari keamanan adalah penggunaan Firewall.

Bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan yang namanya fitur keamanan yang satu ini, baik pengguna Windows maupun linux. Yang menjadi perhatian sistem kemanan ini bukan karena terkenal akan logo Tembok bata merah atau dinding apinya, namun fungsi serta kelebihan dari sistem keamanan yang kompleks menjadi perhatian bagi sebagian orang.

Nah, diartikel ini, Cakrawalarafflesia akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan firewall mulai fungsi, manfaat, jenis, cara kerja hingga penerapannya.

Contents

Baca Juga  8 Fitur WhatsApp Lengkap Cara Mengaktifkannya

Apa Itu Firewall ?

Firewall ( dalam bahasa Indonesia Dinding Api ) merupakan sistem keamanan pada jaringan komputer yang dapat melindungi dari bahaya malware, spam, virus dan beberapa jenis serangan lainnya. Firewall sendiri berbentuk perangkat lunak atau software yang secara otomatis dapat menutup akses ilegal baik koneksi masuk ataupun keluar.

Tugas utamanya adalah melakukan monitoring serta mengontrol akses keluar atau masuk jaringan berdasarkan pengaturan yang ditetapkan.

Firewall sangat penting fungsinya karena berada di garis depan ketika terjadi serangan yang tidak diinginkan. Meski demikian sebagian orang atau user bbelum paham dan kurang memperhatikan hingga mengabaikan sistem keamanan awal pada jaringan komputer ini.

Seberapa Penting Penggunakan Firewall?

Apakah penting mengaktifkan atau menggunakan Firewall menjadi pertanyaan yang terlintas pada beberapa orang. Padahal Pertanyaan itu jika diibaratkan dalam dunia nyata, kalian memiliki rumah yang mewah dan luas serta berisi barang berharga didalamnya lalu terlintas pemikiran apakah perlu menggunakan penjaga ( security) untuk menjaga serta mengawasi rumah kalian

Tanpa menggunakan firewall, malware, virus serta serangan lainnya sangat mudah masuk ke perangkat yang kalian gunakan karena tidak ada yang menjaga serta mengawasi.

Jika kalian menggunakan firewall maka seluruh serangan yang masuk akan dihadapi dan ditangani oleh firewall yang kalian miliki. Sehingga kerugian akibat serangan tersebut dapat diminimalisir hingga dihindari. sehingga data dan informasi penting yang kalian miliki akan lebih aman.

Fungsi dari Firewall

Jika dijabarkan satu persatu ada banyak sekali fungsi dan manfaat dari penggunaan firewall, adapun beberapa fungsi utamanya sebagai berikut:

1. Melindungi Dari Serangan Hacker

Fungsi yang pertama adalah menlindungi dari serangan hacker. Bagi kalian yang memiliki perangkat komputer atau laptop, data-data pribadi kalian yang ada didalam perangkat akan lebih aman dari pencurian.

Baca Juga  Dapodik 2022, Cara Download, Install, Registrasi dan Update Patch Lengkap

Bagi kalian yang memiliki server Firewall sangat berfungsi untuk untuk mencegah serangan DDOS, SQL Injection, BruteForce dan serangan lainnya yang merugikan bagi situs pribadi atau perusahaan kalian.

2. Monitoring Bandwith

Fungsi kedua adalah memonitoring bandwith yang dapat digunakan. Dengan mengaktifkan Firewall maka secara otomatis membuat rules atau aturan mana saja yang dapat diakses dan tidak.

Bandwith sangat penting karena berpengaruh pada kecepatan akses perangkat komputer maupun laptop kalian. Sedangkan bagi server, bandwih sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses layanan yang kalian miliki seperti situs atau aplikasi online lainnya.

3. Memblokir Konten Yang Tidak Diingkan

Salah satu fungsi dari firewall bagi kalian yang menggunakan komputer atau laptop saat berselancar didunia maya adalah untuk memblokir suatu situs atau beberapa situs yang kalian anggap berbahaya. Bagi anda orang tua, anda dapat mengatur dan memblokir situs yang dianggap tidak layak dilihat oleh anak-anank anda.

Itulah tadi 3 fungsi dari sekian banyak fungsi penting dari sebuah firewall. Selanjutnya kami akan membahas jenis-jenisnya

Jenis Jenis Firewall

1. Proxy

Pada jenis ini , Firewall bertugas untuk menilai sumber serta isi paket yang dikirimkan tergolong aman atau tidak

2. Stateful inspection

Untuk jenis Stateful inspection , paket yang diterima akan di cek terlebih dahulu sebelum sampai ke perangkat yang kalian gunakan.

3. Packet-filtering

Cara kerja Packet-filtering firewall Serupa dengan Stateful inspection firewall , namum padajenis ini paket yang diterima benar-benar dilakukan pengecekan mendalam mulai dari alamat IP, tipe serta port yang digunakan.

4. Next-generation

Next-geration firewall, jika di translate maka artinya firewall masa kini yang bertugas untuk melakukan pengecekan dan penilaian dari paket tersebut. Apabila paket dianggap aman maka akan diperbolehkan masuk. Tapi jika isi paket dianggap berbahaya maka secara otomatis akan ditolak.

Baca Juga  10 HP Realme 1 Jutaan Terbaik dan Berkualitas

Cara Kerja Firewall

Melansir G2 Learning Hub, firewall bekerja untuk  menjaga agar perangkat kalian tetap terisolasi dengan cara mengecek setiap paket yang ingin masuk atau keluar.

Cara Mengaktifkan

Disini kami juga akan membahas bagaimana cara mengaktifkan firewall, simak terus ya.

Mengaktifkan Firewall di Windows

1. Klik Tombol Start ( logo jendela) pada pojok kiri bawah

cara mengaktifkan firewall di windows 10

2. Pilih Menu Pengaturan ( logo Gear)

3. Pilih Menu Update & Security

4. Pilih Menu Windows Security Kemudian Firewall & Network Protection

5. Pilih Profil Jaringan dan Aktifkan

Mengaktifkan Firewall Di Linux

Untuk mengaktifkan sistem keamanan pada linux berbeda beda tergantung Operating sistem yang kalian gunakan. Kami akan membahasnya pada artikel selanjutnya.

Mengaktifkan Firewall Di Panel Hosting

Bagi kalian yang memiliki hosting VPS maupun dedicated, secara default sudah terinstall firewall. Namun apabila kalian ingin membuat aturan baru kalian dapat mengubah aturan yang sudah ada pada pengaturan security panel.

Mengaktifkan Firewall Di penyedia layanan Hosting

Untuk yang satu ini khusus bagi kalian yang memiliki situs. Beberapa layanan hosting telah melengkapi fitur firewall yang dapat kalian aktifkan atau nonaktifkan sewaktu-waktu. Untuk mengaktifkannya silahkan kepanel layanan hosting masing-masing kemudian pilih menu Network/jaringan kemudain pilih firewall.

itulah tadi pembahasan Pengertian, Fungsi, Manfaat, Jenis, Cara Kerja dan Penerapan firewall. Semoga dapat membantu kalian dalam mengamankan perangkat.

  • Bagikan