Cara Install Cyberpanel Di VPS CentOS dan Ubuntu 2021

  • Bagikan
Cara Install Cyberpanel Di VPS CentOS dan Ubuntu 2021
Cara Install Cyberpanel Di VPS CentOS dan Ubuntu 2021

Tutorial dan Cara Install Cyberpanel di CentOS dan Ubuntu Lengkap

Cyberpanel merupakan Control panel website opensource yang menggunakan server openlitespeed. Fungsi Control Panel memudahkan kalian dalam mengelola situs yang kalian miliki.

Cyberpanel sendiri memilik dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar ( Cyberpanel Enterprise ) dimana keduanya memiliki fitur yang berbeda diantaranya pada Cyberpanel versi gratis kalian menggunakan server open litespeed sedangkan pada versi berbayarnya kalian menggunakan server Litespeed enterprise.

Pada artikel kali ini kami akan membahas Penjelasan mengenai Cyberpanel lengkap dengan cara instalasinya pada server VPS maupun Dedicated kalian.

Apa Itu Cyberpanel ?

Cyberpanel merupakan control panel website yang berfungsi untuk memanajemen server beserta website yang kalian miliki. Cyberpanel sendiri sama seperti control panel lainnya yang memiliki fitur sangat banyak sekali.

Tampilan Cyberpanel sangat moderen dan sederhana yang membuat kalian mudah untuk memahami serta mengelola server kalian. Selain itu Control panel yang satu ini memiliki FIle Manajer yang dikembangkan sendiri dan sangat mudah digunakan.

Baca Juga  Cara Mudah Install SSL Di Cyberpanel 2021

Cara Install Cyberpanel di CentOS dan Ubuntu

Pada dasarnya tidak ada perbedaan langkah instalasi baik kalian yang menggunakan Sistem Operasi CentOS atau Ubuntu.

Persyaratan

Sebelum melakukan instalasi di server CentOS atau Ubuntu ada hal perlu kalian ketahui dan persiapkan dari sis server kalian sendiri.

  • Sistem Operasi Centos 7.x, Centos 8.x, Ubuntu 18.04, Ubuntu 20.04
  • Python 3.x
  • Minimum CPU 1 Core
  • Minimum RAM 1024MB
  • Minimum penyimpanan 10GB

Apabila kalian sudah memiliki persyaratan diatas mari kita lanjutkan penginstalan Cyberpanel di CentOS dan Ubuntu.

Langkah Install Cyberpanel

1. Login Ke server Melalui SSH

langkah install cyberpanel pertama login ke server melalui ssh

Langkah yang paling awal adalah login keserver kalian melalui SSH. Kalian dapat menggunakan aplikasi Putty atau lainnya. Pastikan kalian login menggunakan akun Root untuk dapat menginstall.

2. Mulai Install Cyberpanel

Command Instalasi

Setelah kalian login ke server, untuk melakukan instalasi silahkan ketikkan perintah dibawah.

Cyberpanel Versi Gratis

sh <(curl https://cyberpanel.net/install.sh || wget -O - https://cyberpanel.net/install.sh)

Cyberpanel Versi Berbayar

sh <(curl https://cyberpanel.net/install.sh || wget -O - https://cyberpanel.net/install.sh)

Pilih Install Cyberpanel

Setelah menggetikkan command diatas maka selanjutnya kalian akan diberikan dua pilihan yaitu :

  1. Install Cyberpanel untuk melanjutkan instalasi
  2. Exit Untuk kembali ke halaman utama server

Silahkan kalian pilih nomor 1 dengan menggetikkan angka 1 dilanjutkan klik Enter

Memilih Versi

Selanjutnya kalian akan dihadapkan dengan menu pilihan instalasi :

  1. Install Cyberpanel with Openlitespeed
  2. Install Cyberpanel with Litespeed Enterprise

Apabila kalian memilih versi gratis maka silahkan ketikkan angka 1 kemudian enter

Pilihan Install Full Service

Pada Pilihan Install full service silahkan ketik Y kemudian enter untuk melanjutkan. Fungsi pilihan ini untuk menginstall lengkap fitur dari cyberpanel sendiri.

Pilihan Remote MySQL

Silahkan ketikkan N untuk melanjutkan

Pilihan Versi Panel dan Password

Pada langkah ini kalian akan diminta untuk memasukkan versi panel yang ingin kalian install mulai dari 1.9.4 hingga 2.1.1. Untk menginstall versi paling baru silahkan klik enter

Baca Juga  Cara Install Imunify 360 di CyberPanel

Kemudian dilanjutkan pengisian password untuk login ke panel setelah diinstall nantinya. silahkan ketik S kemudian enter dan dilanjutkan kalian akan diminta memasukkan password sebanyak dua kali. pada tahap ini ketikkan saja password kalian karena password tidak akan muncul

Pilihan Memcached, Redis dan WatchDog

Kalian dapat mengaktifkan memcache dan redis bersamaan dengan ketik Y atau jika ingin salah satu saja kalaian dapat mengetikkan N pada pilihan yang kalian tidak ingin install, kemudian untuk pilihan watchdog ketikkan Y dilanjutkan enter

Tunggu Proses Hingga Selesai

Seletalh semua langkah diatas kalian lakukan maka langkah selanjutnya adalah menunggu proses hingga selesai, proses ini dapat memakan waktu mulai dari hitungan menit hingga jam tergantung spesifikasi server dan provider yang kalian gunakan ( kami telah melakukan beberapa uji coba penginstalan di provider yang berbeda hasilnya pun berbeda )

Lakukan Reboot

Setelah Proses Selesai kalian ketikkan perintah reboot kemudian enter untuk menyelesaikan dan mengaktifkan seluruh fitur serta fungsi cyberpanel kalian. Pastikan kalian mengingat alamat ip server kalian karena akan digunakan untuk login ke control panel nantinya.

Login ke Control panel

Untuk login ke control panel pertama kali kalian harus menggunakan IP server serta port control. silahkan buka browser kalian kemudian ketikkan <ipserver kalian>:8090 contoh 123.456.789:8090.

Ketika pertama kalia mengakses kalian akan mendapatkan notifikasi tidak aman, silahkan klik advance dan lanjutkan saja. Karena memang IP tidak dapat digunakan dengan SSL.

Selanjutnya kalian akan dihadapi dengan halaman login Cyberpanel server kalian. Kalian dapat login menggunakan User admin serta password yang telah kalian buat tadi.

Kelebihan Control Panel Cyberpanel

Cyberpanel Sendiri memiliki keungulan yang sangat bermanfaat bagi kalain, adapun beberapa keunggulannya sebagai berikut :

Baca Juga  3 Cara Mudah Install Wordpress di Cyberpanel

1. Server Ringan

Karena menggunakan server Openlitespeed / Litespeed Enterprise sebagai web server membuat control panel ini sangat ringan.

2. Multi PHP

Cyberpanel memiliki beragam pilihan PHP yang dapat kalian gunakan dan sudah support hingga PHP versi 8 yang merupakan versi PHP paling baru.

3. Support Auto SSL

Cyberpanel juga sudah support auto generate SSL yang memudahkan kalian untuk menggunakan SSL. Selain auto, kalian juga dapat menginput SSL berbayar yang kalian miliki.

4. Fitur Backup Ke Google Drive

Cyberpanel sudah support backup ke Google Drive, Sehingga memudahkan kalian dalam melakukan backup dan tidak memenuhi space disk server kalian

5. Support CLoudLinux

Bagi kalian yang ingin menggunakan OS CloudLinux kalian dapat melakukan migrasi dengan sekali klik saja pada menu CLoudLinux. Untuk Fitur CloudLinux ini hanya untuk kalian yang menggunakan CentOS saja ya.

6. Support Imunify360

Salah satu fitur pengamanan server yang paling efektif adalah Imunify360. Kalian dapat melakukan instalasi Imunify360 berbayar dengan satu kali klik

7. Web Terminal

Fitur yang satu ini memungkinkan kalian untuk mengakses server melalui SSH pada panel kalian.

8. Package Manager

Fitur yang berfungsi untuk melakukan update dan upgrade pembaruan OS langsung dari Control panel.

9. Firewall

Fitur firewall pada cyberpanel sangat berfungsi untuk kalian menutup port yang tidak diperlukan atau port yang berpotensi berbahaya.

10. Reseller

Fungsi ini sangat penting bagi kalian yang ingin memiliki reseller, karena control panel yang satu ini sudah support pengaturan Reseller

Kesimpulan

Cyberpanel merupakan control panel modern yang tampil apik, ringan dan mudah digunakan.

Itulah tadi penjelasan hingga tutorial cara install Cyberpanel di VPS CentOS maupun Ubuntu

  • Bagikan