Cara Cek DA PA Blog Dan Pengertiannya 2021

  • Bagikan
cek da pa

DA PA saat ini menjadi standart untuk mengetahui berkualitas atau tidaknya suatu blog setelah pada tahun 2014 lalu Google secara resmi mengumumkan tidak lagi menggunakan PageRank untuk menentukan SEO sebuah website.

Pengumuman PageRank tidak lagi digunakan membuat geger para pelaku SEO kala itu. Akibatnya, saat ini DA ( Domain Authority ) dan PA ( Page Authority ) lah yang digunakan sebagai metric untukmengukur kualitas sebuah website dimana semakin tinggi DA PA website tersebut maka semakin bagus juga kualitas dari website tersebut.

Nah, untuk mengetahui DA PA website kalian, pada artikel ini kami akan memberikan cara Cek DA PA menggunakan tools online, Pengertian serta cara menaikkannya.

Pengertian DA PA

Domain Authority atau yang lebih kita kenal dengan DA adalah nilai yang dikembangkan oleh MOZ untuk memprediksi pluang sebuah website menempati ranking pada mesin pencari

Domain Authority (DA) merupakan angka atau skor yang dikembangkan oleh Moz — salah satu tools SEO populer — untuk memprediksi peluang ranking website di mesin pencari.

Semakin tinggi skor DA suatu website, semakin tinggi pula kesempatan website tersebut untuk berada di posisi teratas mesin pencari.

Meski demikian, DA bukan menjadi satu-satunya faktor untuk menentukan ranking sebuah website pada mesin pencari Google Loh, karena hanya untuk memprediksi dan bukan metrix yang di gunakan oleh Google secara resmi.

Baca Juga  Cara isi Saldo ShoopePay 2021 Mudah dan Cepat

Hal Yang Menentukan Nilai Domain Authority ( PA )

  1. Umur Domain : Umur domain yang semakin lama akan meningkatkan nilai DA website kalian.
  2. Popularitas Domain : Semakin banyaknya link masik ke website kalian maka akan mempengaruhi nilai dari DA itu sendiri. Namun yang perlu diketahui adalah untuk meningkatkan DA sendiri Moz menilai kualitas link yang masuk bukan dari kuantitasnya
  3. Ukuran Domain : semakin banyaknya kalian mempublish artikel yang berkualitas maka akan semakin tinggi nilai Domain Authority.

Selain Domain Authority ( DA ) ada juga Page Authority atau yang lebih kita kenal dengan sebutan ( PA ). PAge Authority juga angka atau skor yang dikembangkan oleh Mozuntuk memprediksi ranking dari halaman sebuah website pada mesin pencari.

DA PA dihitung dengan nilai 1 sampai 100 dimana semakin tinggi nilai website kalian maka semakin tinggi juga kemungkinan halaman website kalian berada di peringkat atas mesin pencari.

Dengan mengetahui nilai dari Page Authority ( PA ) maka kalian dapat mengetahui bagian dari konten yang perlu untuk ditingkatkan supaya bisa lebih unggul dari kompetitor.

Cara Cek DA PA Blog

Untuk melakukan pengecekan terhadap DA dan PA kalian dapat menggunakan situs Tools online diantaranya seperti berikut

1. Websiteseochecker

Pada urutan yang pertama ada websiteseochecker yang merupakan situs alat atau tools online pengecek DA dan PA. yang membuat situs ini menarik karena lengkapnya informasi yang diberikan. Tidak hanya Da P, pada situs ini kalian juga dapat melihat TB ( Total Backlink ) QB ( Quality Backlink ) PQ ( Persentase Backlink ), MT ( Moz Trust ), SS ( Spam Score ), OS ( Offpage SEO), Age ( usia domain ), Aleza Rank, TC ( Traffic Country ), dan lainnyaUntuk cara menggunakan websiteseocheker seperti langkah berikut ini.

Baca Juga  GSA SEO Indexer | Pengertian | Fungsi Cara Penggunaan 2021

Buka situs website seochecker

Langkah pertama adalah membuka situs websiteseochecker.com atau link berikut ini https://websiteseochecker.com/bulk-check-page-authority

cara cek da pa menggunakan website seochecker
sumber gambar screenshoot websiteseochecker.com

Input Nama Domain

Setelah membuka situs websiteseochecker.com langkah selanjutnya adalah menginput atau menuliskan nama domain yang ingin kalian lakukan pengecekan kemudian ceklist captcha hingga tercentang dilanjutkan klik Check

Hasil DA dan PA

hasil cek da pa menggunakan websitesochecker
sumber gambar websiteseochecker.com

Setelah klik check pada langkah diatas maka hasilnya akan keluar dan kalian dapat melihat nilai dari hasil pengecekan.

2. smallseotools

Yang kedua ada smallseotools.com yang dapat kalian gunakan untuk cek DA dan PA website, untuk langkahnya sebagai berikut :

Buka Situs Smallseotools

cara cek da pa menggunakan smallseotools
sumber gambar smallseotools.com

Langkah pertama adalah kunjungi situs smallseotools atau link berikut https://smallseotools.com/domain-authority-checker/

Masukkan Nama Domain

Langkah yangkedua adalah memasukkan nama domain yang ingin kalian cek, kalian dapat memasukkan hingga 10 nama domain sekaligus. setelah menginput nama domain selesai maka klik tombol Check Authority

Hasil Cek

hasil cek da pa smallseotools
sumber gambar smallseotools.com

Setelah klik Check Authority maka kalian akan mendapatkan hasil berapa nilai dari DA dan PA yang kalian miliki.

3. Seoreviewtools

Yang ketiga ada seoreviewtools yang dapat kalian gunakan untuk melakukan pengecekan terhadap domain yang kalian miliki, untuk langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka situs https://www.seoreviewtools.com/bulk-seomoz-authority-checker/
  2. Masukkan Domain yang ingin kalian cek
  3. Ceklist Recaptcha
  4. Klik Perform Check
  5. Hasilnya akan keluar

4. Checkmoz

Diurutan keempat ada Checkmoz.com yang juga tools online untuk cek DA PA domain sama seperti ketiga tools lainnya diatas. untuk cara pengecekannya sebagai berikut :

  1. Buka situs https://www.checkmoz.com/
  2. Masukkan Nama Domain
  3. Klik Submit

5. Moz

Yang kelima ada Moz.com yang merupakan penggagas dari nilai DA dan PA. Untuk melakukan pengecekan di Moz kalian diharuskan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.

Cara Meningkatkan DA PA

Untuk dapat meningkatkan nilai Domain Authority ( DA ) dan Page Authority ( PA ) berikut tipsnya :

Baca Juga  Rekomendasi TV Android Terbaik, Termurah Dan Berkualitas 2021
  1. Lakukan Optimasi SEO On-Page
  2. Lakukan Optimasi SEO OFF-Page
  3. Lakukan Optimasi teknikal SEO atau struktur website
  4. Pastikan website kalian Mobile Friendly
  5. Optimasi kecepatan website
  6. Perbanyak social signal
  7. Riset Kompetitor
  8. Backlink yang berkualitas
  9. Buatlah konten yang mudah dibaca

Itulah tadi cara cek DA PA, Pengertian serta Cara meningkatkannya. semoga dapat membantu kalian.

  • Bagikan