Cara Mudah Install SSL Di Cyberpanel 2021

  • Bagikan
cara install ssl di cyberpanel
lengkap ! tutrial dan cara install ssl di cyberpanel

Cara Konfigurasi dan Install SSL di Cyberpanel secara Otomatis Atau Manual

Secure Socket Layer atau yang lebih dikenal dengan singkatan SSL merupakan syarat penting bagi sebuah website. Dengan menggunakan SSL situs kalian akan lebih aman dan tidak akan ada notifikasi pada browser ketika kalian mengakses website.

SSL pun terdiri dari dua macam ada yang gratis seperti yang banyak digunakan Let’s Encrypt dan ada juga yang berbayar seperti Sectigo atau Comodo.

Pada artikel ini kami akan membahas cara menginstall SSL di Cyberpanel secara lengkap mulai dari SSL otomatis yang gratis dari Let’s Encrypt hingga yang berbayar secara lengkap karena Control panel yang satu ini pun sudah memiliki fitur Otomatis Generate SSL dan Tambah manual SSL.

Cara Install SSL Di Cyberpanel

Prasyarat

Sebelum memulai instalasi SSL di Cyberpanel, kalian harus mengetahui syarat yang harus kalian penuhi seperti dibawah ini :

  1. Menggunakan Cyberpanel Sebagai Control Panel
  2. Sudah membuat situs dan menghubungkan domain ke server
  3. Memiliki Sertifikat SSL Lain ( bagi yang ingin menginstall SSL Secara Manual )

Cek Status SSL di Cyberpanel

cara cek status ssl di cyberpanel

Kalian dapat melihat status SSL pada setiap situs yang ada di dalam Control Panel Cyberpanel ini secara mudah, Berikut Langkahnya :

  1. Login ke panel
  2. Klik Menu Situs / Website
  3. Pilih menu List Website
  4. Pada tampilan list situs / website klik Manage pada situs yang kalian ingin cek status SSL nya
  5. Kalian akan melihat notifikasi status SSL seperti gambar diatas
Baca Juga  Cara Install Imunify 360 di CyberPanel

Install SSL di Cyberpanel Otomatis

cara install ssl di cyberpanel otomatis

Ketika kalian membuat situs baru pada Cyberpanel sebenarnya telah tersedia pilihan Install SSl yang dapat kalian ceklist sehingga secara otomatis sertifikat SSL terpasang pada domain kalian. Namun bagi kalian yang lupa atau tidak ceklist pilihan tersebut kalian dapat mengikuti langkah berikut ini :

1 Login Ke Control Panel

Langkah pertama adalah melakukan login ke control panel, untuk port defaultnya sendiri 8090. kalian dapat menggunakan IP server atau domain kalian ( contoh 123.456.789.000:8090 / domain.com:8090 ).

Pastikan login menggunakan akun administrator, Karena hanya akun administrator yang dapat melakukan Create SSL secara otomatis. Apabila kalian bukan administrator, silahkan hubungi administrator server kalian masing-masing.

2 Pilih Menu SSL

Langkah selanjutnya setelah kalian login maka Selanjutnya adalah memilih menu SSL yang ada pada menu sebelah kiri. setelah kalian klik dilanjutkan pilih sub menu Manage SSL

3 Pilih Domain Dan Issue SSL

Setelah kalian memilih sub menu Manage SSL maka kalian harus memilih domain mana yang akan kalian generate SSLnya secara otomatis menggunakan Let’s Encrypt. Setelah memilih domain maka langkah terakhir adalah klik tombol Issue SSL kemudian tunggu hingga proses Issue selesai maka website kalian secara otomatis telah menggunakan SSL.

Install SSL Di Cyberpanel Secara Manual

Langkah yang kedua kalian dapat menggunakan SSL milik kalian sendiri atau kalian telah membeli SSL di penyedia layanan SSL. Berikut Langkahnya

Langkah Pertama

Sama seperti Memasang ssl otomatis, kalian terlebih dahulu harus login ke Control Panel menggunakan akun Adminsitrator.

Langkah Kedua

  1. Pilih Menu Website
  2. Pilih Menu List Website
  3. Pada list website silahkan klik Manage
  4. Pilih Menu ADD SSL
  5. Paste Cert Key
  6. Paste Sertifikat
  7. Klik Save
Baca Juga  Hosting Gratis Cpanel dan Plesk Indonesia 2021

Langkah Ketiga

Setelah kalian menambahkan SSL langkah selanjutnya adalah merestart atau reboot Litespeed dengan cara :

  1. Pilih Menu Server Status yang berada dikolom kiri
  2. Pilih Sub Menu Litespeed Status
  3. Klik Tombol Reboot LiteSpeed

Fungsi ini untuk merestart layanan dan sertifikat SSL kalian.

Setelah Merestart atau reboot service Litespeed kalian dapat melakukan pengecekkan seperti langkah yang telah kami berikan diawal untuk memastikan jika sertifikat SSL kalian telah terpasang.

Note :

susunan pemasangan sertifikat ssl di cyberpanel

Pada beberapa sertifikat biasanya terdapat 3 file yaitu cert, user trust dan AAA cert atau biasa disebul bundle. dimana terdapat susunan yang benar dalam pemasangan sertifikat tersebut. Lantas bagaimana cara pemasangan sertifikat yang benar ? Berikut Langkahnya

  1. Paste File .Cert
  2. Paste File .AAA
  3. Paste File User Trust

Itulah tadi artikel kami tentang Cara Mudah Install SSL Di Cyberpanel yang dapat kalian terapkan pada Control Panel Cyberpanel yang kalian gunakan.

  • Bagikan