Cara Migrasi Ke Cyberpanel Antar Cyberpanel, dari Cpanel dan Plesk 2021

  • Bagikan
Migrasi ke Cyberpanel Dari Cpanel / Plesk
Migrasi ke Cyberpanel Dari Cpanel / Plesk

Migrasi antar Control Panel hosting dilakukan ketika kita berpindah layanan dari provider satu ke provider lainnya atau kita ingin mencoba control panel lainnya. Pada artikel ini kami akan memberikan tutorial Cara Migrasi Ke Cyberpanel Antar Cyberpanel, dari Cpanel dan Plesk 2021.

Cyberpanel, Cpanel dan Plesk sama-sama control panel server hosting yang banyak digunakan oleh administrator server karena ketiganya memiliki fitur dan kelebihan tersendiri dibandingkan dengan control panel lainnya sebut saja ketiganya dapat diinstal Litespeed server yang digadang-gadang lebih cepat dibandingkan dengan tipe server lainnya.

Selain itu ketiganya pun support beberapa Operating System seperti Ubuntu dan CentOS bahkan kalian juga dapat menginstall CLoudLinux untuk ketiga Control panel tersebut.

Beberapa diantara kalian pasti sedikit bingung gimana sih cara pindah antar Cyberpanel, dari Cpanel ke Cyberpanel dan Plesk Ke Cyberpanel. Oke langsung saja kita mulai tutorialnya ya.

Cara Migrasi Ke Cyberpanel Antar Cyberpanel, dari Cpanel dan Plesk 2021

migrasi ke cyberpanel dari cyberpanel
Migrasi ke Cyberpanel Dari Cpanel / Plesk

Migrasi Cyberpanel Ke Cyberpanel

Tutorial yang pertama kita akan membahas migrasi dari Cyberpanel ke Cyberpanel. Mungkin diantara kalian ada yng hobby pindah-pindah VPS tapi ingin tetap menggunakan Cyberpanel sebagai Control panelnya. Kalian dapat mengikuti langkah langkah dibawah ini.

Login ke Panel

Langkah pertama yang harus kalian lakukan login menggunakan akun administrator ke panel masing-masing situs ( Control panel yang sekarang dipakai dan yang baru )

Baca Juga  Control Panel VPS Terbaik 2021 ( Gratis dan Berbayar )

Aktifkan API Access

Migrasi ke Cyberpanel Dari Cpanel / Plesk

Langkah kedua aktifkan API Acces pada control panel lama dan baru kalian. fungsinya agar kalian dapat terhubung dari panel baru ke control panel yang lama. Kalian dapat menonaktifkan opsi ini setelah kalian melakukan migrasi ( optional ).

Koneksikan Cyberpanel

Langkah selanjutnya adalah mengkoneksikan antara cyberpanel baru dan cyberpanel lama langhanya seperti berikut :

  1. Pilih Menu Backup
  2. Pilih sub menu Remote Backup
  3. Masukkan IP ADDRESS server lama
  4. Masukkan Password Server Lama
  5. Klik Fetch Accounts

Pilih Situs dan Trasfer

Setelah terkoneksi kedua control panel maka kalian ceklist situs mana yang ingin kalian pindahkan kemudian klik Start Transfer. Kemudian tunggu hingga prosesnya selesai ditandai notifikasi sukses pada kolom sebelah kanan yang artinya situs kalian berhasil dipindahkan.

Ubah IP Domain

Langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah mengubah pointing domain kalian ke server baru. Pada langkah ini jangan hapus server lama sebelum benar-benar pindah dan tidak ada kendala.

Kendala yang biasa terjadi adalah masalah SSL. Kalian dapat Isuued ulang ssl pada server baru kalian.

Note : langkah ini dapat dilakukan tanpa adanya downtime server dan pengunjung tidak akan tau jika server kalian sudah pindah.

Migrasi dari cPanel dan Plesk ke CyberPanel

Pada Tutorial yang kedua alah melakukan migrasi dari Cpanel ke Cyberpanel. langkah perpindahan antar control panel ini harus kalian lakukan secara manual karena antara kedua control panel ini tidak dapat melakukan migrasi secara otomatis atau remote. Untuk langkahnya sebagai berikut :

Langkah pada Cpanel Dan Plesk

  1. Login ke control panel
  2. Compress Seluruh File dalam Public html kemudain download
  3. Masuk ke PHPMyadmin
  4. Unduh Database

Langkah Pada Cyberpanel

Setelah kalian mendownload file hasil backup dari Cpanel maka selanjutnya adalah mengatur di Control panel Cyberpanel yang kalian miliki, adapun langkahnya sebagai berikut ini :

Baca Juga  Cara Mudah Install SSL Di Cyberpanel 2021
  1. Login ke Cyberpanel
  2. Buat situs baru sesuai dengan domain kalian
  3. Masuk ke File manager
  4. Masuk ke folder public html
  5. Hapus semua isi dalam folder tersebut ( sebelumnya download terlebih dahulu file wpkonten.php ( dibutuhkan bd user dan passwordnya )
  6. Upload file hasil backup tadi
  7. Extract
  8. Kemudian edit wpkonten.php ( hanya dibutuhkan db name, db user dan password serta local host sesuaikan dengan file wpkonten yang telah kalian download )
  9. Masuk ke PHPMyadmin
  10. Buka database situs kalian
  11. Hapus Isi database
  12. Upload database hasil backup Cpanel / Plesk
  13. Reboot Server

Pastikan langkah diatas kalian lakukan secara benar dan tidak ada error pada setiap prosesnya. Setelah selesai kalian dapat melakukan pointing Domain ke server baru dan lakukan Issued SSL pada Cyberpanel untuk domain kalian agar nantinya SSl dapat berfungsi dengan baik.

Itulah tadi Cara Migrasi Ke Cyberpanel Antar Cyberpanel, dari Cpanel dan Plesk 2021, semoga dapat membantu kalian.

  • Bagikan