Cara Login RDP Via Android dan PC / Laptop serta Upload Download File 2021

  • Bagikan
Cara Login RDP Via Android dan PC / Laptop serta Upload Download File
Cara Login RDP Via Android dan PC / Laptop serta Upload Download File

Cara Login RDP Melalui Android dan Komputer atau Laptop Serta Upload dan Download File Ke Perangkat

Remote Desktop Protocol atau yang lebih kita kenal dengan RDP merupakan Program windows yang diinstall pada komputer server. Tidak seperti pada perangkat komputer atau laptop yang kita miliki, RDP dapat hidup 24 jam x 7 hari nonstop karena memang tujuan dari RDP adalah akses komputer tanpa mati alian ON terus.

RDP sendiri banyak digunakan untuk sekedar upload dan download file, hingga menjalankan program Windows dan server Website. Selain memiliki kelebihan yang ON selama 24 jam, RDP juga terkenal dengan kecepatan Internetnya ( Hal ini tergantung dari penyedia yang kalian gunakan ya ).

Meski demikian untuk memiliki RDP dengan spesifikasi tinggi juga kalian mesti mengeluarkan biaya sewa yang cukup mahal. Untuk Spesifikasi terendah saja sekitar 250-300 RIbu perbulan. Makin tinggi spesifikasi mulai dari CPU, RAM serta Disk tentunya semakin mahal.

Pada artikel ini kami akan membahas bagaimana cara login RDP melalui Android serta Komputer / Laptop dan cara upload download file dari perangkat kalian. Simak Terus YA

Cara Login RDP Menggunakan Komputer Atau Laptop serta Upload Download File

Pada langkah yang pertama kita bisa login ke RDP menggunakan Komputer atau Lapto, Adapun langkahnya sebagai berikut :

Cara Login RDP Via Android dan PC / Laptop serta Upload Download File

Silahkan kalian Klik Start atau Logo Jendela Pada Pojok kiri bawah dan langsung saja klik Remote Desktop maka akan muncul dalam daftar Remote Desktop Connection Silahkan kalian klik.

Maka akan muncul Programnya , selanjtunya kalian dapat klik Show Option. Pada tab menu General silahkan kalian input IP RDP kalian serta Password yang kalian dapatkan dari layanan hosting kalian.

Baca Juga  9 Tips HP Android Agar Tidak Panas Ketika Bermain Game
Cara Login RDP Menggunakan Komputer Atau Laptop serta Upload Download File

Untuk mengaktifkan fitu upload dan download dari perangkat maka klik pada tab Local Resource kemudian Klik More dan pilih drive mana yang ingin kalian koneksikan dan klik OK kemudian kalian dapat langsung tekan tombol Connect. nantinya kan muncul notifikasi silahkan centang dan klik oke saja ( biasanya ini notifikasi untuk mengingat koneksi dan sertifikat ).

Setelah terkoneski maka kalian dapat melakukan pengecekan pada RDP kalian :

  1. Buka File Manager pada RDP
  2. Pilih This PC
  3. Maka kalian akan melihat Drive yang kalian sambungkan tadi

Setelah dipastikan muncul silahkan kalian buka drive tersebut dan kalian dapat melakukan upload atau download file baik dari RDP ke Perangkat kalian atau sebaliknya.

Cara Login RDP Menggunakan Android serta Upload Download File

Untuk login ke RDP kalian juga dapat menggunakan Android loh, ada banyak sekali aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk mengakses RDP kalian yang dapat kalian unduh di Google Playstore salah satunya RD Client yang bisa kalian dapatkan di Google PlayStore.

Untuk cara Login RDP menggunakan Android berikut langkahnya :

cara login rdp menggunakan android
Sumber Gambar https://play.google.com/store/apps/details?id=com.microsoft.rdc.androidx&hl=in&gl=US

Silahkan kalian install aplikasi RDP Client pada ponsel Android kalian kemudian buka aplikasinya.

Pada laman awal Aplikasi silahkan kalian klik tanda + yang terletak di pojok kanan atas.

Kemudian isikan IP address RDP kalian dan pada menu User Account silahkan pilih administrator. Untuk mengaktifkan penyimpanan silahkan kalian aktifkan pilihan Storage dan klik Save untuk menyimpan.

Maka pada laman awal Aplikasi tersebut sudah terdapat 1 pilihan RDP, kalian tinggal klik saja logo Monitornya untuk Login.

Silahkan masukkan Password RDP kalian kemudian klik Continue. APabila muncul notifikasi silahkan centak kotak yang ada kemudian klilk Connect maka kalian akan terkoneksi dengan RDP yang kalian miliki.

Baca Juga  Warna Barcode Merah, Kuning, Hijau dan Hitam di Aplikasi PeduliLindungi Apa artinya?

Note : Pada beberapa aplikasi atau handphone meski telah mengaktifkan storage terkadang fitur storage tidak berfungsi. Kalian dapat melakukan uji coba terlebih dahulu pada perangkat yang kalian miliki.

Menggunakan RDP melalui Komputer / Laptop dan Android pada dasarnya sama saja, yang membedakan hanya cara kita menggunakannya.

Jika kalian menggunakan Android pastikan sinyal kalian bagus ya agar tidak terjadi kendala saat menjalankan RDP Tersebut. Jika sinyal jelek atau lemah biasanya akan terjadi LAG atau putus-putus, Hal itu biasa terjadi namun yang perlu kalian ketahui, hal tersebut tidak mempengaruhi RDP kalian.

Itulah tadi Cara Login RDP Via Android dan PC / Laptop serta Upload Download File, semoga dapat membantu kalian

  • Bagikan