Cara Share Otomatis Postingan WordPress Ke Facebook, Twitter, Linkedin dan Tumblr 2021

  • Bagikan
Cara Share Otomatis Postingan Wordpress Ke Facebook, Twitter, Linkedin dan Tumblr 2021
Cara Share Otomatis Postingan Wordpress Ke Facebook, Twitter, Linkedin dan Tumblr 2021

Share otomatis postingan otomatis ke Media sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn dan Tumblr menjadi salah satu hal yang penting. Selain untuk tujuan mencari pembaca, dengan membagikan postingan kita ke media sosial juga baik untuk SEO dalam hal Social Signal.

Untuk share otomatis postingan bagi kalian pengguna WordPress pun sangat mudah karena ada banyak sekali plugin yang dapat kalian gunakan baik yang gratis maupun yang berbayar, namun pada kali ini kami akan memberikan cara share otomatis postingan WordPress kalian secara Gratis menggunakan salah satu plugin yang sudah sangat dikenal yaitu Jetpack.

Jetpack sendiri merupakan Plugin All in One yang memiliki banyak fungsi dan fitur yang sangat bermanfaat dan berguna untuk situs kalian yang berbasis WordPress. Jetpack hadir dalam dua pilihan yaitu Paket gratis dan berbayar. Untuk paket gratisnya sendiri sudah cukup maksimal loh.

Salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna Jetpack adalah fitur share otomatis postingan WordPress ke media sosial. Kalian dapat mengatur postingan kalian ingin di share kemana karena ada beberapa pilihan share pada Jetpack yaitu :

  1. Share otomatis ke Facebook
  2. Share otomatis ke Twitter
  3. Share otomatis ke LinkedIn
  4. Share Otomatis ke Tumblr

Setelah mengetahui adanya fitur share otomatis postingan di Jetpack, sekarang kami akan memberikan tuorial dan langkah lengkap cara setting Jetpack agar fungsi share ke medsos kalian aktif.

Cara Share Otomatis Postingan WordPress

Sebelum memulai pastikan kalian menggunakan website berbasis WordPress ya, karena tutorial ini hanya berlaku untuk WordPress saja.

Baca Juga  Cara Daftar Gmail Via PC dan Android Lengkap 2021

1 Login Ke Dashboard WordPress dan Install Plugin Jetpack

cara share otomatis postingan wordpress ke Medsos

Login ke dashboard WordPress kalian menggunakan akun administrator. Sanget penting untuk diketahui, hanya akun administrator lah yang dapat menambahkan plugin baru. Setelah login kalian dapat mengikuti langkah dibawah ini

  1. Pilih Menu Plugin
  2. Pilih Sub Menu Tambah Baru
  3. Pada tampilan layar awal biasanya sudah ada Pilihan Plugin Jetpack
  4. Jika tidak ada kalian dapat mencari secara manual pada kolom pencarian
  5. Klik Install Pada plugin Jetpack
  6. Klik Aktifkan

2. Siapkan Jetpack

Setelah kalian selesai menginstall dan mengaktifkan maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan Jetpack atau setting plugin itu sendiri. Adapun langkahnya seperti berikut :

Klik Siapkan Jetpack

Pada tampilan awal setelah mengaktifkan kalian akan dihadapkan dengan tampilan Siapkan Jetpack. Kalian dapat klik Siapkan Jetpack dan tunggu hingga loading selesai.

Buat akun Atau Login

Untuk melanjutkan kalain dapat membuat akun atau login menggunakan Akun WordPress kalian atau akun Google yang kalian miliki. Pada tutorial ini kami menggunakan akun WordPress.com.

Maka akan muncul tab baru seperti gambar dibawah diman kalain diminta untuk melakukan registrasi atau login. Jika kalain belum memiliki akun silahkan kalian membuat akun dengan memasukkan email, nama pengguna serta password kalain kemudian Klik tombol Buat Akun Anda dan tunggu hingga proses selesai.

Setelah Proses selesai maka kalian akan otomatis diarahkan ke laman Jetpack.com untuk memilih paket yang akan kalian gunakan. Jika kalian ingin menggunakan versi berbayar, kalian dapat memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Tapi, bagi kalian yang ingin menggunakannya secara gratis dengan cara scroll kebawah hingga muncul tampilan Jetpack Free seperti gambar dibawah dan kalian dapat klik tombol Start For Free untuk melanjutkan.

Baca Juga  Cara Mempercepat Wordpress Paling Ampuh 2021 Wajib Dicoba
gambar screen shoot jetpack.com

Mengaktifkan Fitur Share Otomatis

Setelah kalian mengikuti langkah diatas maka secara otomatis kalian akan diarahkan kembali ke dashboard WordPress kalian. Untuk mengkatifkan fitur share otomatis postingan WordPress silahkan kalian pilih Menu Jetpack kemudian Sub Menu Pengaturan

Kemudian dilanjutkan memilih Tab Sharing dan aktifkan pilihan Automatically share your posts to social networks dan klik connect your social media ccountseperti gambar dibawah ini

Maka secara otomatis kalian akan diarahkan ketab baru wordpress.com situs kalian dan telah ada pilih untuk menghubungkan masing-masing akun medsos kalian sepertri gambar dibawah ini :

Setelah sampai disini, kalian hanya perlu untuk menghubungkan akun sosial media yang kalian milik. setelah terhubung nantinya akan secara otomatis ketika kalian mempublish sebuah artikel akan tershare ke akun sosial media yang telah kalian hubungkan.

Itulah tadi Cara Share Otomatis Postingan WordPress Ke Facebook, Twitter, Linkedin dan Tumblr 2021. Semoga dapat membantu kalian.

  • Bagikan