Cara Mudah Memperbaiki Diindeks Tidak Dikirim Di Peta Situs Google Search Console 2021

  • Bagikan
Diindeks Tidak Dikirim Di Peta Situs
Diindeks Tidak Dikirim Di Peta Situs

Diindeks Tidak Dikirim Di Peta Situs Google Search Console hampir terjadi pada seluruh pemilik Website. Meski tidak terlalu berpengaruh besar terhadap pengindeksan tapi hal ini membuat bingung bagi kita. Maka dari itu di Artikel ini kami akan memberikan langkah memperbaikinya.

Apa Itu Peta Situs ?

Mengutip Dari Developer Google, Peta Situs ada File yang berisi informasi mengenai situs yang kalian miliki mulai dari halaman, post, tag, kategori hingga gambar dan video.

Peta situs sangatlah penting bagi sebuah website karena seluruh mesin pencari termasuk Google akan membaca file tersebut agar proses crawl dari website kalian menjadi lebih efisien dan cepat.

Dengan adanya peta situs, maka mesin pencari seperti Google Search dapat mengetahui keseluruhan file atau halaman dan dapat mengidentifikasi mana yang dianggap penting pada website kalian.

Pengaruh Diindeks Tidak Dikirim Di Peta Situs

Walaupun bukanlah sebuah error yang fatal dan website kalian tetap terindeks oleh robot crawl, tapi ada beberapa pengguna mengatakan jika websitenya sulitnya masuk dihalaman utama mesin pencari serta menurunnya jumlah indeks dari website yang mereka miliki karena permasalahan ini.

Setelah mengetahui perihal terkait peta situs dan pengaruhnya notifikasi tidak dikirim ke peta situs, sekarang kita akan memulai langkah perbaikannya, simak terus ya.

Baca Juga  Cara Mudah Pindah Hosting Wordpress Tanpa Downtime 2021

Memperbaiki Diindeks Tidak Dikirim Di Peta Situs

Sebelum memulai pastikan kalian memiliki akun Google Search Console atau kalian memiliki aksesnya dari administrator ya.

Cara Melihat URL yang Tidak Dikirim Ke Peta Situs

1. Login Ke Panel Google Search Console

tutorial memperbaiki diindeks tidak dikirim di peta situs google search console

Silahkan kalian login ke Panel Google Search Console dan pastikan kalian telah memilih Properti situs yang bermasalah.

2. Pilih Menu Cakupan

langkah kedua memperbaiki diindeks tidak dikirim di peta situs

Setelah memilih property yang ingin kalian lakukan pengecekkan, maka langkah selanjutnya adalah memilih menu cakupan. dan lakukan ceklist pada kolom Valid maka kalian akan menemukan keterangan Diindeks Tidak Dikirim Di Peta Situs pada kolom Detail.

Kemudian kalian kllik Keterangan tersebut untuk melihat URL atau file mana saja yang tidak terdeteksi peta situsnya. Pada beberapa pengguna mungkin ada yang sedikit dan ada juga yang banyak.

Setelah kita mengetahui URL atau file yang terdeteksi tidak dikirim pada peta situs maka langkah selanjutnya adalah memperbaikinya dengan cara dibawah ini :

Cara Memperbaiki

1. Input Ulang Peta Situs

Untuk memperbaiki masalah tidak dikirim dipeta situs kalian dapat melakukan input ulang peta situs yang kalian miliki dengan langkah :

  1. Pilih Menu Peta Situs Pada Dashboard Google Search Console
  2. Masukkan peta situs website kalian ( contoh sitemap.xml ) pada kolom yang tersedia
  3. Klik Kirim

Pada tahap ini kalian hanya perlu melakukan input ulang peta situs tanpa menghapus yang telah ada, tujuannya agar Google melakukan Crawl ulang terhadap website kalian. Jadi pastikan kalian menginput seluruh peta situs yang telah kalian input sebelumnya.

2. Lakukan Cek Ulang Url Yang Bermasalah dan Uji URL Aktif

Setelah kalian melakukan input ulang peta situs maka langkah selanjutnya adalah cek kembali url yang bermasalah tadi dan melakukan Uji URL aktif untuk meminta google crawl ulang url tersebut. Untuk caranya seperti langkah dibawah ini :

Baca Juga  Rekomendasi Hosting Indonesia 2021 Lengkap
  1. Pilih Menu Cakupan
  2. Ceklist kotak pada kolom valid
  3. Buka pilihan DIindeks tidak dikirim di peta situs
  4. Klik pada URL yang terdeteksi
  5. Pilih Periksa URL
  6. Klik Uji URL Aktif ( proses ini memerlukan waktu satu atau dua menit )
  7. Klik Minta Pengindeksan ( proses ini juga memerlukan waktu 1 hingga 2 menit )

Setelah kalian lakukan hal diatas maka kalian wajib menunggu hingga Robot Google melakukan Crawl Ulang Situs kalian.

Note :

Kalian perlu melakukan Uji URL dan pengindeksan satu persatu pada setiap url yang bermasalah. Waktu hingga perubahan terjadi tergantung berapa lama robot Google kembali merayapi situs kalian, bisa dalam hitungan menit, jam hingga hari.

Nah itulah tadi Cara Mudah Memperbaiki Diindeks Tidak Dikirim Di Peta Situs Google Search Console yang dapat kalian lakukan. Tetap kunjungi terus Cakrawalarafflesia.co.id agar mendapatkan informasi serta tutorial dan tips terbaru lainnya ya.

  • Bagikan