9 Tips HP Android Agar Tidak Panas Ketika Bermain Game

  • Bagikan
Tips HP Android Agar Tidak Panas Ketika Bermain Game
Tips HP Android Agar Tidak Panas Ketika Bermain Game

Pada saat akan bermain game, tentunya akan jadi kendala ketika Hp terasa panas. Pasalnya Hp yang panas ini disebabkan dengan penggunaan yang lama juga aplikasi yang berlebihan di Hp serta memakai penggunaan baterai yang tinggi. Oleh karea itu, perlu adanya tips Hp android agar tidak panas ketika bermain game. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Tips HP Android Agar Tidak Panas Ketika Bermain Game
Tips HP Android Agar Tidak Panas

1. Spesifikasi Android Yang Sesuai Permainan

Pada saat menggunakan Hp untuk bermain game, maka  yang perlu dikontol adalah spesifikasinya. Apakah android tersebut memang mumpuni dalam menampung performa game? Jika sesuai dan baik, maka lanjutkan untuk dipakai. Pasalnya jika tidak sesuai, android akan semakin menjadi beban yang buruk kemudian bisa cepat panas.

Maka spek yang mumpuni adalah langkah awal yang harus dilihat kemudian menyesuaikan game yang akan di download. Dengan begitu HP akan aman dan jauh dari rasa panas yang membebani serta bisa dengan mudah mengatasinya diawal waktu. Tentunya kamu bisa pilih beberapa permainan di android yang tidak membutuhkan spek tinggi, jadi Hp juga tetap aman, tak mudah panas.

2.Jangkauan Sinyal Harus Baik

Pada saat menggunakan Hp terutama untuk main game online maka sinyal harus baik. Pasalnya jika sinyal yang dipaksakan ini buruk maka akan sangat menggangu performa Hp. Dimana CPU atau perangkat penangkap sinyal ini mencari cara untuk bisa segera dapatkan sinyal yang stabil. Disinilah akhirnya Hp bekerja sangat keras dan kemudian menjadikannya cepat panas.

Oleh karena itu, cek terlebih dahulu jangkauan sinyal di Hp sebelum menjalankan game. Agar nantinya Hp juga tidak terjadi masalah yang berarti. Untuk selanjutnya bisa dengan melibatkan provider yang bagus agar internet bisa lancar dan jaringan sinyal lebih baik.

Baca Juga  Cara Cek CPU Android dengan Mudah 2021

3.Mematikan Aplikasi Yang Berjalan

Tips Hp android agar tidakk panas ketika bermain game yaitu dengan mematikan aplikasi yang sedang berjalan. Dengan begitu akan lebih baik untuk bisa menjalankan aplikasi tersebut dan tidak terganggu. Pasalnya aplikasi yang berjalan ini juga membutuhkan baterai untuk dikonsumsi, sementara Hp sedang dipakai untuk main game.

Maka matikan aplikasi antar muka atau yang sedang berjalan dan tidak sedang dibutuhkan. Jadi Hp hanya dipakai maksimal untuk main game saja. Hal ini juga berguna untuk bisa irit baterai Hp secara menyeluruh. Jadi Hp juga tidak akan cepat panas ketika main game dan menghentikan aplikasi yang sedang berjalan atau terbuka terlebih dahulu.

4.Mematikan Sambungan Internet Jika Sedang Main Offline

Berikutnya saat ingin main game secara offline sebaiknya untuk mematikan sambungan internet. Agar baterai juga tidak boros, selain itu pula bisa menekan penggunaan jaringan pada HP ketika main game offline tersebut. Jadi akan lebih menghemat baterai dan juga sistem pengoperasian online yang lainnya tidak terganggu pasalnya dalam mode offline.

Adapun cara yang paling penting ini memang bisa diperhatikan ketika game yang yang digunakan tak perlu sambungan internet. Jadi hanya untuk akses terbatas saja dalam mode offline tersebut pada game yang sedang dimainkan. Adapun mematikan sambungan internet bisa semakin menekan penggunaan daya yang dibutuhkan oleh ponsel.

5.Memeriksa Sambungan Wifi, GPS serta Bluetooth

Pada saat akan main game agar HP android tidak cepat panas maka periksa sambungan WiFinya. Jika ponsel yang digunakan dipakai sebagai sambungan WiFi maka akan semakin memerlukan daya besar akibat akses yang sangat tinggi pada hotspot HP tersebut. Periksa pula sambungan GPS yang ada, pasalnya sambungan GPS ini juga akan mengambil daya yang besar, sebaiknya matikan GPS ketika akan main game.

Baca Juga  Panduan ANBK 2021

Hal berikutnya yang perlu perhatian yaitu adanya sambungan Bluetooth yang digunakan. Pasalnya sambungan Bluetooth ini bisa jadi membuat baterai boros dan HP jadi cepat panas. Maka dari itu ketika akan memaksimalkan penggunaan HP, maka cek pemeriksaan sambungan terlebih dahulu. Jadi nanti akan mengantisipasi adanya HP yang panas dan konsumsi baterai yang boros.

6.Mengurangi Tingkatan Kecerahan Layar

Berikutnya tips HP android agar tidak panas saat main game dengan mengurangi tingkatan kecerahan layar yang ada. Cobalah untuk mengantisipasi menggunakan mode baca, kemudian bisa juga dengan mengurangi pemaparan layar agar tidak begitu cerah. Agar daya baterai juga bisa rendah untuk digunakan, kemudian mencegah HP tidak langsung panas.

Biasanya setting kecerahan layar ini juga bisa di atur pada bagian awal layar HP. Dengan begitu akan semakin baik tingkatan settingan layarnya, maka akan menekan penggunaan daya yang ada. Jadi baterai ponsel yang digunakan akan semakin sedikit dan juga HP tidak akan panas pada saat dipakai main game.

7.Pakai Aplikasi Pendingin Ponsel Android

Pada saat ingin mengantisipasi agar HP tidak panas, maka bisa dengan bantuan aplikasi pendingin ponsel. Aplikasi ini akan membantu seberapa besar tingkat kepanasan yang ditimbulkan pada saat main game. Dengan begitu, pengguna ponsel akan terbantu untuk bisa mendapatkan kemudahan dalam mengakses secara hemat daya yang dibutuhkan.

Aplikasi pendingin ponsel ini juga ada berbagai macam dan bisa dengan mudah di download di playstore. Dengan begitu pengguna HP android bisa segera memasangnya untuk meminimalisir penggunaan HP agar tidak panas. Jadi saat ada peringatan ponsel yang semakin memanas maka bisa untuk menjeda permainan yang sedang berjalan tersebut.

Baca Juga  Petualangan yang Seru Dengan Mainkan Permainan Seru Ini

8.Mengganti Baterai Secara Berkala

Berikutnya tips HP android agar tidak panas ketika bermain game juga bisa dengan meminimalisir penggunaanya. Bisa juga dengan mengganti HP secara berkala agar performa baterai tetap maksimal dan berpengaruh pada ponsel yang dipakai. Pasalnya penggunaan daya yang besar ini akan berpengaruh pada kondisi baterai, maka kualitas baterai juga akan menurun sehingga menyebabkan panas.

Dengan mengganti baterai secara berkala, maka bisa mengantisipasi pemborosan baterai. HP juga jadi lebih baik lagi secara performa serta bisa memberikan kemudahan dalam penggunaannya. Pasalnya baterai baru cenderung akan lebih berkualitas dan terbaik untuk digunkana. Jadi antisipasi HP cepat panas tentunya bisa ditekan sedini mungkin.

9.Matikan HP Ketika Sedang Charge

Kebiasaan ketika mengecharge HP yaitu dengan tetap menyala selama pengisian daya. Hal ini justru akan semakin membuat HP panas dan kondisinya makin buruk jika dibiarkan. Maka dari itu, pastikan Hp dalam kondisi mati saat di charge, jadi bisa mendingkan ponsel. Juga meminimalisir ponsel semakin panas saat dipakai.

Selain itu pula, pada saat mampu mematikan HP ketika di charge juga berguna untuk memaksimalkan pengisian. Yang selanjutnya daya ponsel bisa cepat terisi dengan mudah kemudian bisa kembali digunakan dalam keadaan yang baik. Jangan sampai ketika charge, kondisi ponsel sedang panas, hal ini akan membuat ponsel semakin menurun kualitasnya.

Itulah beberapa tips HP android agar tidak panas ketika bermain game. Jadi kondisi akan lebih maksimal digunakan dan membuat HP tetap awet. Juga bisa meminimalisir panas yang dihasilkan ketika ponsel dipakai untuk main game.

  • Bagikan