Cara Install WordPress Di Windows ( Komputer / Laptop ) Lengkap Migrasi Ke Hosting 2021

  • Bagikan
Cara Install Wordpress Di Windows / Localhost Lengkap Migrasi Ke Hosting 2021
Cara Install Wordpress Di Windows / Localhost Lengkap Migrasi Ke Hosting 2021

Cara Install WordPress di Windows untuk komputer / Laptop atau yang sering disebut dengan install WordPress di Localhost terkadang diperlukan bagi kita yang sekedar ingin belajar membuat website ataupun mendesain website sebelum mengonlinekannya ke server hosting.

Menginstall WordPress di localhost Windows sendiri tidak memerlukan Domain dan dapat juga di Onlinekan loh alias komputer atau laptop kalian dapat menjadi Server Hosting sendiri.

Pada artikel ini kami akan memberikan cara install WordPress di Windows atau locahost untuk komputer atau laptop, simak terus ya.

Cara Install WordPress Di Windows Atau Localhost

1 Install Xampp

Kalian memerlukan XAMPP untuk dapat menginstall WordPress pada komputer atau laptop kalian. Kalian bisa mendapatkan Xampp secara Gratis pada link Berikut Dapatkan XAMPP.

Sedangkan untuk langkah menginstallnya seperti berikut ini :

Cara Install XAMPP di Windows

1. Buka Aplikasi XAMPP yang telah kalian unduh sebelumnya, kemudian Klik Next hingga program mulai menginstall dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

Cara Install WordPress Di Windows atau localhost
Cara Install WordPress Di Windows 1

2. Buka Aplikasi XAMPP ( otomatis terbuka setelah instalasi selesai ) atau kalian dapat membukanya secara manual dengan langkah klik Start atau tombol Windows dan cari XAMPP.

Baca Juga  Cara Install Dapodik 2022 Di Cloud VPS IDCloudHost dan RDP

Setelah Aplikasi XAMPP terbuka Silahkan kalian klik tombol Start pada pilihan Action seperti gambar dibawah ini

cara install xampp di windows
Cara Install WordPress Di Windows 2

3. Buka Browser kalian dan ketikkan http://localhost/xampp pada address bar untuk memastikan XAMPP dapat diakses.

2. Unduh WordPress

Setelah XAMPP terinstall maka langkah selanjutnya adalah mengunduh file WordPress pada laman resminya atau klik pada tautan berikut Dapatkan WordPress

3. Memulai Instalasi WordPress Pada Localhost

1. Buka Folder XAMPP

Langkah pertama adalah membuka folder htdoc yang terletak pada C:\XAMPP\htdocs

Cara Install WordPress Di Windows 3

2. Buat Folder dan Extract File WordPress yang telah Diunduh

Setelah kalian mengunduh file WordPress tadi silahkan kalian membuat folder dengan nama blog kalian pada C:\xampp\htdocs

Cara Install WordPress Di Windows 4

3. Membuat DataBase

Langkah selanjutnya adalah membuat database pada PHPMyadmin dengan mengetikkan http://localhost/phpmyadmin/ pada browser kalian atau klik Admin pada aplikasi XAMPP. Kemudian Klik + Baru dan isi nama databasekalian seperti gambar dibawah ini

Cara Install WordPress Di Windows 5

4. Membuat Username dan Password Database

Setelah membuat database maka kalian perlu membuat akun agar database tersebut dapat kalian akses dengan cara :

  1. Pilih database
  2. Pilih menu Hak Akses
  3. ADD User Account
  4. Isi nama pengguna dan kata sandi

5. Menginstall WordPress

Cara Install WordPress Di Windows 6

Setelah kalian selesai membuat database pada PHPMyadmin maka langkah selanjutnya adalah menginstall WordPress dengan cara mengetikkan http://localhost/namafolderblogkalian pada browser yang kalian gunakan dan ikuti langkah berikut ini :

  1. Pilih Bahasa
  2. Klik AYO
  3. Isikan USer dan password database kalian
  4. Klik Kirim
  5. Klik jalankan pemasangan
  6. Isi Judul Situs
  7. Isi Nama Pengguna
  8. Isi Password
  9. Isi Email
  10. Klik Install WordPress

Sampai pada step ini kalian sudah berhasil membuat WordPress pada Localhost Windows kalian. Setelah selesai maka kalian dapat klik Log Masuk atau http://localhost/blogsaya/wp-login.php pada browser dan login menggunakan username serta password yang telah kalian buat tadi dan kalian berhasil masuk ke adashboard WordPress localhost kalian seperti gambar dibawah ini :

Baca Juga  Hosting Gratis Cpanel dan Plesk Indonesia 2021

Cara penggunaan WordPress pada localhost dan server hosting tidak ada perbedaan sama sekali baik dari sisi tema sampai plugin. hanya saja yang membuatnya berbeda jika pada localhost tidak dapat langsung online seperti pada server hosting.

Kalian dapat menggunakan WordPress pada Localhost ini untuk mendesain website kalian sebelum di Onlinekan pada server hosting. Pada tahap selanjutnya kami akan membahas bagai mana cara memindahkan WordPress dari Local Host ke server Hosting.

Cara Memindahkan WordPress Dari Localhost Ke Server Hosting

Bagi kalian yang menggunakan WordPress pada windows atau Localhost sebagai sarana pembuatan website maka setelah selesai kalian perlu memindahkan atau lebih dikenal migrasi dari local host ke server hosting baik itu yang menggunakan Cpanel, Plesk maupun control panel hosting lainnya.

Persyaratan migrasi dari local host ke server hosting

  1. Telah memiliki server hosting
  2. Telah memiliki domain
  3. Memiliki akses panel administrator pada server hosting

Langkah Migrasi

Kompress seluruh isi File htdocs/blogkalian

Langkah awal yang harus kalian lakukan adalah mengkompres seluruh isi file yang terdapat pada folder C:\xampp\htdocs\blogsaya menjadi .zip ( kalian dapat menggunakan winrar atau winzip )

Akses PHPMyadmin pada LocalHost

Silahkan akses PHPMyadmin pada localhost di komputer atau laptop kalian dengan cara ketik http://localhost/phpmyadmin/ pada browser kalian atau klik Admin pada aplikasi XAMPP ( MYSQL)

Cara Memindahkan WordPress Dari Localhost Ke Server Hosting

Pilih Database dan Export Database

Langkah selanjutnya adalah pilih database wordpress kalian pada localhost dan lakukan Export untuk mengunduh database tersebut.

Buat situs pada panel server hosting

Setelah kalian melakukan hal diatas maka langkah selanjutnya dalah membuat situs atau website pada server hosting yang kalian gunakan. Loh kok bikin website gak buat manual ?? langkah ini lebih mudah dibandingkan kalian membuat manual karena prosesnya hanya akan meninpa file yang telah ada saja.

Ubah nama File WP-Config.php pada folder Public html dan hapus file lainnya

Setelah kalian membuat situs maka langkah selanjutnya adalah mengubah nama file WP-config.php yang terletak pada folder public html hosting kalian menjadi Confin1.php. Kita akan membutuhkan beberapa informasi yang ada dalam file ini nantinya.

Baca Juga  Cara mudah Install Plesk di Windows Server 2019

Setelah kalian mengubah fnama file wpconfig tersebut langkah selanjutnya adalah menghapus seluruh file kecuali file wp config yang telah kalian ubah namanya.

Upload file zip dari local host dan edit wpconfig.php

Setelah isi folder public html pada server hosting klian tersisa file ubahan nama wpconfig tadi maka kalian tinggal mengupload file zip yang telah kalian buat tadi lalu extract.

Kemudian buka file wp-config.php lalu ubah Ubah DB_NAME , DB_USER , DB_PASSWORD, DB_HOST sesuai dengan file wpconfig yang kalian ubah namanya tadi ya kemudian save.

Akses PHPMyadmin Server Hosting dan Pilih Database dan hapus isi database

Setelah langkah diatas selesai maka selanjutnya kalian harus mengakses PHPMyadmin pada server hosting kalian kemudian memilih database sesuai yang tertera pada file wp config kalian tadi kemudian lakukan penghapusan seluruh isi table yang ada dengan langkah seperti gambar dibawah ini

Upload Database

Setelah isi database kosong, maka kalian perlu melakukan upload database dengan langkah

  1. Pilih database
  2. Klik meni Import
  3. Pilih file database
  4. Klik Kirim
  5. Tunggu Hingga Selesai Prosesnya

Ubah URL Situs

Setelah kalian berhasil mengupload database, langkah yang harus kalian kalukan adalah mengubah url situs dat http://localhost/ menjadi nama domain kalian. Langkahnya seperti berikut :

  1. Pilih Database
  2. Pilih file WP Option
  3. Ubah url dengan klik 2x dan enter untuk menyimpan

sampai tahap ini kalian telah berhasil melakukan migrasi wordpress dari local host ke server hosting. Setelahnya kalian dapat melakukan akses website kalian dengan menggunakan url domain klian contoh ( https://domain.com).

Apabila saat mengakses terdapat notifikasi update database maka lakukan update saja. Namun apabila terjadi galat maka periksa kembali file wp config.php kalian apakah sudah sesuai apa belum.

  • Bagikan