Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus dengan Mudah dan Anti Ribet

  • Bagikan
Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus

Foto penting anda terhapus? Jangan panik! Ada cara mengembalikan foto yang terhapus dengan mudah dan anti ribet seperti ulasan yang akan dibahas kali ini. Menyimpan foto sebagai bentuk kenang-kenangan dan memori memang banyak sekali di lakukan oleh para pemilik ponsel di seluruh dunia. Banyak yang mengabadikan momen dan menyimpannya dalam galeri ponsel guna dijadikan satu kenangan atau bahkan dibagikan ke laman media sosial pribadi.

Namun bagaimana jika foto kesayangan dan penuh kenangan tersebut terhapus ? Tentu saja anda akan merasa sedih bahkan panik. Oleh sebab itu memang seharusnya sebagai pemilik ponsel yang bijak dan cerdas, anda harus senantiasa berhati-hati ketika menyimpan data terkait. Jangan sampai kejadian menyebalkan terjadi, salah satunya foto yang terhapus secara tidak sengaja.

Nah tanpa berlama-lama lagi, dalam uraian kali ini akan dibahas bersama mengenai bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus. Tidak hanya itu, akan diulas bersama mengenai alasan foto bisa terhapus dan bagaimana cara mencegah hal demikian terulang kembali.Yuk simak ulasannya berikut ini!

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus

Mengapa Foto Bisa Terhapus ?

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab mengapa foto yang anda miliki bisa terhapus dari ponsel kesayangan, bukan hanya karena sengaja dihapus saja. Beragam penyebab foto hilang di Gallery Smartphone adalah sebagai berikut.

  • Ponsel Terkena Serangan Virus

Alasan pertama mengapa foto pribadi yang di simpan baik-baik di memori ponsel bisa hilang karena ponsel terkena serangan virus. Ya, serangan virus tersebut bisa mengakibatkan berbagai data dan dokumen ponsel hilang mesk anda sama sekali tidak menghapusnya. Virus yang menyerang ponsel biasanya terjadi karena ponsel terhubung ke situs illegal atau terhubung ke perangkat yang memang sudah memiliki virus didalamnya.

Baca Juga  Cara Membersihkan Memori Internal Oppo
  • Smartphone Tidak Update ke Versi Seharusnya

Adapun alasan kedua mengapa file foto yang disimpan rapi di ponsel atau smartphone kesayangan bisa hilang adalah karena update versi terbaru tidak di lakukan. Seringkali ponsel per/sekian waktu akan membutuhkan update ke versi terbarunya guna mendukung berbagai kemudahan penggunaan. Namun jika misalnya anda lupa melakukan update yang seharusnya sudah terjadwal maka biasanya ini akan berakibat ke hilangnya sebagian atau seluruh data pribadi khususnya foto.

  • Lupa atau Tidak Membersihkan Cache

Cache yang terlalu berlebihan juga bisa menjadi satu alasan foto bisa hilang sendiri dari ponsel meski tidak dihapus. Cache yang terlalu penuh membuat RAM ponsel menjadi tidak longgar atau terlalu penuh. Maka dari itu maka baiknya anda secara rutin membersihkan cache pada ponsel kesayangan.

  • Memori Penyimpanan Sudah Terlampau Penuh

Nah, anda memiliki memori penyimpanan yang sudah terlampau penuh? Maka bisa jadi ini adalah alasan foto-foto anda hilang tak berbekas. Penuhnya memori bisa menyebabkan ponsel tidak bisa bekerja secara maksimal karena penampungannya sudah overload. Jadi foto yang ada di gallery bisa hilang sewaktu-waktu.

  • Menyimpan Foto atau Video dari Sosial Media

Ketika anda mengunduh atau men-download dan menyimpan foto atau video dari media sosial ini bisa menjadi satu hal yang perlu diwaspadai. Bisa jadi virus masuk dari unduhan data tersebut yang mengakibatkan dokumen asli di ponsel menjadi hilang. Oleh sebab itu pastikan bahwa alamat pengunduhan aman sebelum anda men-downloadnya.

Tips agar Foto Tidak Hilang dari Ponsel

Adapun agar foto tidak hilang dari ponsel itu ada tipsnya tersendiri yang bisa coba anda contek dan perhatikan. Nah cara menyimpan foto di ponsel dengan aman adalah menggunakan layanan Google Photos. Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan mengunduhnya terlebih dahulu di Play Store.

Baca Juga  Panduan ANBK 2021

Aplikasi Google Photos ini bisa mengatur dan menjaga ribuan foto selfie atau foto kenangan yang anda miliki. Nah meski aman, namun anda harus tetap berhati-hati saat meggunakan aplikasi satu ini karena jika seseorang memiliki email dan password akun anda maka itu bisa berbahaya. Seluruh data anda bisa diunduh dan disalah gunakan, jadi lebih baik jaga dan ingat baik-baik alamat email serta password akun yang ada, tanpa di beritahu ke orang lain!

Selain menggunakan aplikasi Google Photos, anda juga bisa menggunakan layanan Google Drive untuk menyimpan foto. Ukuran foto yang besar dan jumlah yang banyak bisa ditanggulangi oleh Google Drive. Nah kini dari keduanya anda ingin menggunakan media yang mana?

Bisakah Foto yang Sudah Terhapus Secara Tak Sengaja Bisa Dikembalikan?

Nah jika ternyata anda masih belum menggunakan aplikasi Google Photos atau memanfaatkan layanan Google Drive kemudian foto anda hilang. Maka pertanyaannya apakah foto yang sudah hilang tersebut bisa dikembalikan? Jawabannya tentu saja bisa. Pada ulasan selanjutnya, akan di bahas mengenai cara mengembalikan foto yang terhapus tersebut!

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus dengan Mudah dan Anti Ribet

Setelah mengetahui berbagai aplikasi yang bisa membantu menjaga foto anda. Maka berikut ini mari simak saja bagaimana cara menanggulangi foto yang sudah terlanjur hilang dengan mudah!

  • Menggunakan Layanan Dumpster

Cara mengembalikan foto yang terhapus pertama dengan mudah adalah dengan menggunakan layanan dumpster. Aplikasi ini bisa diunduh dan dikoneksikan ke ponsel anda. Cek ‘bin’ atau data terakhir foto dan klik ‘restore’ untuk mengembalikan data yang hilang.

  • Gunakan DiskDigger Photo Recovery

Kedua, anda bisa menggunakan layanan DiskDigger Photo Recovery untuk mengembalikan foto yang telah hilang. Anda bisa mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu dan melakukan pengembalian data foto yang hilang sewaktu-waktu dengan mudah. Bahkan dengan aplikasi ini, tidak hanya foto namun video terhapus saja bisa dikembalikan.

Baca Juga  10 HP Realme 1 Jutaan Terbaik dan Berkualitas
  • Gunakan Layanan Deleted Photo Recovery Free

Ketiga, anda bisa menggunakan layanan dari Deleted Photo Recovery Free yang bisa mengembalikan data foto dengan cepat dan mudah. Pastikan untuk anda telah memiliki aplikasi dari Deleted Photo Recovery Free untuk selanjutnya anda baru bisa memindai semua data foto. Setelah pemindaian tersebut, maka foto yang hilang bisa kembali ke ponsel kesayangan anda.

  • Pakai DigDeep Image Recovery

Cara mengembalikan foto yang terhapus selanjutnya adalah memanfaatkan layanan Digdeep Image Recovery yang juga mudah untuk digunakan. Aplikasi ini bisa melakukan pengembalian foto yang terhapus baik dari memori internal atau eksternal ponsel. Secara otomatis ketika anda ingin mengembalikan foto yang hilang, maka aplikasi ini akan melakukan scaning guna mencari data yang hilang tersebut.

Nah itulah di atas adalah uraian mengenai bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus dengan mudah dan anti ribet tentunya. Anda bisa mencoba beberapa cara di atas sebagai penyelesaian file foto yang terhapus dari ponsel kesayangan anda. Meski sudah ada cara untuk mengembalikan foto yang terhapus namun agaknya anda harus tetap berhati-hati dalam menjaga file foto pribadi anda!

  • Bagikan