Plugin WordPress Terbaik Gratis dan Berbayar 2021

  • Bagikan
rekomendasi plugin wordpress yang wajib dimiliki
rekomendasi plugin wordpress yang wajib dimiliki

Rekomendasi Plugin WordPress Terbaik Gratis dan Berbayar 2021 yang wajib kalian coba dan install.

Plugin Merupakan sebuah program atau aplikasi tambahan untuk website yang menggunakan Content Management System ( CMS ) WordPress. Plugin untuk WordPress sendiri ada banyak sekali jenisnya dari yang hanya untuk mempercantik tampilan situs hingga keamanan dari situs itu sendiri.

Sebagai CMS yang paling banyak digunakan didunia, WordPress memiliki ribuan Plugin yang dapat kalian install baik secara gratis maupun berbayar.

Hal Wajib Diketahui Sebelum Install Plugin

1. Fungsi Plugin

Hal pertama yang harus kalian ketahui adalah fungsi dari plugin yang akan kalian install dan pastikan fungsinya sesuai dengan yang kalian inginkan. Karena semakin banyak plugin yang kalian install akan mempengaruhi situs kalian terutama pada sisi kecepatan.

Selain itu mengetahui fungsi plugin yang ingin diinstal agar tidak terjadi penginstalan plugin dengan fungsi yang sama pada situs kalian yang dapat menyebabkan kegagalan atau kerusakan pada situs kalian sendiri.

2. Kualitas Plugin

Hal kedua yang perlu kalian ketahui adalah kualitas dari plugin yang kalian install mulai dari jumlah unduhan hingga review penggunanya. Kalian dapat melihatnya pada Laman Direktori Plugin WordPress Resmi.

3. Spesifikasi Hosting

Hal ketiga yang harus kalian ketahui adalah spesifikasi hosting yang kalian gunakan terlebih dahulu. karena semakin banyak plugin yang kalian install maka akan semakin banyak memakan resource dari server yang kalian gunakan. jangan sampai pemasangan plugin membuat situs kalian menjadi lambat atau bahkan tidak dapat diakses karena kehabisan resource.

Alasan Adanya Plugin Di WordPress

Alasan mengapa adanya plugin pada wordpress adalah untuk mempermudah pemilik situs dalam mengoptimasi, mempercantik serta mengamankan website yang dimiliki.

Cara Menginstall dan Uninstall Plugin WordPress

Sebelum lanjut ke rekomendasi plugin yang wajib kalian install terlebih dahulu kalian harus mengetahui cara menginstall plugin pada WordPress.

Untuk menginstall WordPress ada dua langkah yaitu otomatis dimana plugin sudah disediakan dan dapat kalian cari, serta yang kedua adalah manual yaitu dengan mengupload file plugin yang kalian miliki ke situs kalian. Untuk langkahnya seperti Berikut

Baca Juga  3 Cara Mudah Install Wordpress di Cyberpanel

Cara Install Plugin Secara Otomatis

cara isntall Plugin WordPress otomatis
  1. Login ke dashboard menggunakan akun administrator
  2. Pilih Menu Login
  3. Pilih Sub Menu Tambah Baru
  4. Cari Plugin yang kalian ininkan pada kolom pencarian
  5. Klik Install Sekarang pada plugin yang kalian inginkan
  6. Klik Activate

Cara Install Plugin Secara Manual

cara install plugin wordpress manual
  1. Pilih menu plugin
  2. Pilih Sub Menu Tambah Baru
  3. Klik tombol unggah plugin
  4. klik tombol choose file
  5. pilih file plugin pada perangkat kalian yang ingin diinstall
  6. klik install sekarang

Cara Uninstall Plugin

cara uninstall plugin wordpress
  1. Pilih Menu Plugin
  2. Pilih Sub Menu Plugin terpasang
  3. Klik Uninstall pada plugin yang kalian inginkan
  4. Klik Delete untuk menghapus plugin tersebut

Rekomendasi Plugin WordPress Yang Wajib Diinstall

1. Plugin Keamanan WordPress

Pada rekomendasi plugin pertama adalah plugin keamanan dimana fungsi dari plugin ini menjaga keamanan website yang kalian miliki dari berbagai hal yang membahayakan situs kalian. Untuk beberapa plugin kemanan yang dapat kalian install sebagai berikut :

Jetpack

plugin wordpress jetpack

Jetpack sendiri merupakan plugin wordpress all in one dan salah satu fungsinya merupakan fitur keamanan yang dapat melindungi situs kalian dari serangan Brute Force serta memiliki fungsi membatasi jumlah login ke situs kalian.

Jetpack memiliki 2 pilihan yaitu gratis dan berbayar, pada versi gratisnya kalian masih dapat menggunakan fitur kemanan ini.

Do Login

Dologin Sendiri merupakan fitur keamanan tambahan dari plugin Litespeed Cache yang berfungsi mengamankan situs kalian dari percobaan login dan brute force. Keunggulan fitu Dologin adalah kalian dapat menggnakan Google Captcha serta 2FA SMS serta kalian dapat membatasi berapa kalia percobaan gagal dan memblok IP tersebut untuk berapa lama.

Do Login sendiri hingga artikel ini ditulis hanya ada versi gratis saja dan kalian harus menginstall plugin litespeed cache untuk dapat menggunakannya.

Wordfence

plugin wordpress wordfence

Wordfence Security sudah cukup terkenaldan telah diunduh lebih dari 4+ Millions pengguna. Wordfence sendiri memiliki performa dan fitur kemanan yang cukup lengkap yaitu :

  1. Mengamankan situs dari Brute Force
  2. Melakukan pengecekkan dan pembersihan seluruh folder dari file berbahaya
  3. Memiliki notifikasi yang cepat ketika menemukan suatu masalah

kalian dapat menggunakan plugin wordpress yang satu ini secara gratis, namun jika ingin mendapatkan kemanan yang lebih baik dan optimal kalian dapat melakukan upgrade ke versi berbayarnya.

2. Plugin WordPress Backup

Setelah Plugin kemanan plugin yang harus kalian install selanjutnya adalah plugin backup website yang berfungsi untuk membackup situs kalian. Backup website sendiri sangat diwajibkan untuk menghindari kemungkinan terburuk yang terjadi. Dengan menginstall plugin backup, kalian dapat melakukan restore ke posisi website kalian normal sebelumnya. Beberapa Plugin Backup WordPress yang dapat kalian install antara lain :

UpdraftPlus

Plugin wordpress updraftplus

UpdraftPlus adalah plugin WordPress yang memungkinkan kalian untuk melakukan backup dan restore pada situs kalian. Kalian dapat menggunakan Google Drive, Dropbox maupun media penyimpanan online lainnya untuk file backup kalian.

Baca Juga  Rekomendasi Hosting Indonesia 2021 Lengkap

Plugin yang satu ini sangat populer dan telah banyak digunakan oleh pemilik situs weordpress karena kemudahan serta performanya yang sangat baik. Kalian dapat melakukan backup dan restore dengan satu klik saja jika menggunakan plugin yang satu ini.

UpdraftPlus hadir dalam dua versi yaitu versi gratis dan berbayar.

BackWpup

plugin wordpress backwpup

BackWpup dapat kalian jadikan alternatif selain UpdraftPlus. Plugin ini hampir serupa dengan updraftplus baik dari metode penyimpanan serta kemudahan melakukan backup dan restore.

Selain itu, BackWpup memiliki fitur yang cukup bagus diantaranya :

  1. Fitur Optimasi Database
  2. Fitur Cek Database
  3. Fitur Export menjadi file XML
  4. Dan masih banyak lainnya

BackWpup juga hadir dalam dua versi yaitu gratis dan berbayar.

3. Plugin Kecepatan

Plugin selanjutnya setelah plugin diatas adalah plugin kecepatan. Kecepatan sebuah website wjib dipenuhi agar pengunjung merasakan nyaman saat mengunjungi situs kalian serta kecepatan website dapat menentukan rank dari situs serta artikel kalian loh.

Bagi kalian yang menggunakan situs berbasis WordPress kalian cukup melakukan instalasi plugin dan melakukan setting agar situs kalian lebih teroptimasi. Adapun beberapa plugin kecepatan yang dapat kalian gunakan sebagai Berikut :

LiteSpeed Cache

plugin wordpress litespeed cache

Pilihan pertama yang dapat kalian gunakan ada plugin wordpress litespeed cache, Alasan mengapa Litespeed Cache menjadi pilihan pertama karena kami selama ini menggunakan plugin yang satu ini dan cukup memuaskan dari hasil nya serta support yang diberikan.

Litespeed Cache memungkinkan kalian untuk dapat melakukan minify css, jss serta html serta kalian juga dapat melakukan kompres gambar dengan menggunakan plugin yang satu ini.

Tak cukup disitu, Litespeed Cache juga dapat langsung terintegrasi dengan CCN Quic Cloud, CloudFlare dan penyedia layanan Lainnya.

Untuk dapat menggunakan Litespeed Cache secara optimal kalian harus menggunakan server litespeed serta mengkoneksikan layanan ke Quic CLoud.

Menggunakan Litespeed Cache benar-benar membuat situs kalian menjadi cepat bahkan ketika dilakukan pengecekkan menggunakan GTMETRIX, Google page peedtest, dan Web.dev hasilnya sangatlah memuaskan.

Litespeed Cache sendiri hadir dalam satu versi yaitu versi gratis.

WP Super Cache

plugin wordpress wp super cache

Pilihan kedua kalian dapat menggunakan WP Super Cache yang juga merupakan plugin cache yang memiliki fungsi untuk mempercepat situs wordpress kalian.

WP Super Cache memiliki banyak tipe cacheing, cache file html statis serta mendukung penggunaan CDN untuk situs kalian.

WP Super Cache hadir dalam versi gratis.

4. Plugin SEO

Search Engine Optimization atau lebih kita kenal dengan SEO merupakan hal wajib yang harus dipenuhi pada pengaturan situs hingga artikel yang kalian buat agar dapat berada pada posisi teratas mesin penelusuran seperti Google, Bing dan lainnya.

Menerapkan SEO sendiri bukanlah hal yang mudah karena ada banyak sekali hal yang harus kalian penuhi untuk menjadikan sebuah situs atau artikel kalian memenuhi standar SEO.

Bagi kalian pengguna WordPress, kalian juga dimudahkan untuk melakukan SEO karena ada banyak sekali plugin SEO yang dapat kalian gunakan diantaranya :

Baca Juga  Google Cloud Wordpress , Cara Mudah Setup Wordpress di Google Cloud 2021

RankMath SEO

Plugin wordpress rankmath

RankMath SEO merupakan Plugin SEO yang cukup banyak digunakan karena memiliki fitur yang sangat banyak dan mudah digunakan. Meski RankMath termasuk plugin SEO baru, tapi kehandalan dari plugin ini cukup baik dan RankMath sendiri sudah support Bahasa Indonesia. Adapun Fitur-fitur dari RankMath SEO sebagai Berikut :

  1. Analisa SEO
  2. SEO Gambar
  3. SEO Lokal
  4. Monitor 404
  5. ACF
  6. AMP
  7. BBPress
  8. BuddyPress
  9. SiteMap
  10. News SiteMap
  11. Video SiteMap
  12. Google Web Stories
  13. WooCommerce
  14. Instant Indexing

Salah satu kelebihan dari RankMath adalah fungsi Instant Indexing Google dan Bing. Dengan mengaktifkan fitur ini maka secara otomatis artikel yang telah kalian terbitkan akan dikirimkan kesearch console untuk meminta robot google melakukan crawl.

Dengan menggunakan fitur instant indexing artikel yang telah kalian publish akan lebih cepat terindex pada mesin penelusuran.

Selain itu konfigurasi serta cara penggunaan RankMath sendiri sangatlah mudah meski bagi kalian yang baru menggunakan plugin yang satu ini.

RankMath hadir dalam dua versi yaitu versi gratis dan berbayar. Untuk versi gratis tidak semua fitur dapat kalian gunakan seperti Woocommerce, Video Sitemap, News sitemap, Schema, SEO Lokal, SEO Gambar dan analytics.

Yoast SEO

plugin wordpress yoast seo

Yoast SEO merupakan plugin SEO yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh pengguna wordpress karena memiliki fitur yang lengkap dan memenuhi standart SEO.

Yoast SEO juga memiliki fitur sitemap dimana fitur sitemap ini akan menggantikan fungsi sitemap original dari situs kalian dan lebih dioptimalisasikan untuk mesin pencari.

Yoast SEo hadir dalam versi gratis dan berbayar dimana versi berbayar memiliki fitur ayng lebih baik serta lengkap dibandingkan versi gratisnnya.

5. Plugin WordPress Membership

Plugin WordPress membership sangatlah penting terutama bagi kalian yang memiliki situs jualan online. Dengan menggunakan plugin membership kalian dengan mudah membuat member area untuk masing-masing pelanggan kalian.

Plugin membership sendiri memiliki banyak fitur seperti Level dari membership, Fitur membatasi konten, fitur menjadwalkan konten, hingga kupon diskon. Bagi kalian yang sedang mencari plugin wordpress membership, berikut kami berikan 5 rekomendasi plugin membership terbaik

  1. Restrict Content Pro
  2. s2Member
  3. MemberPRess
  4. WP-Members
  5. Ultimate Member

6. Form Plugin WordPress

Plugin Form wordpress merupakan sebuah plugin yang memungkinnkan pemilik situs membuat contact form untuk layanan pengaduan, layanan pelanggan, layanan informasi dan dapat juga menghindari dari adanya email spam. Bagi kalian yang sedang mencari plugin Form WordPress berikut daftar pilihan yang dapat kalian gunakan

  1. Contact Form 7
  2. WPFORMS
  3. Ninja Forms
  4. Jetpack

7. Plugin WordPress Lainnya

Selain Plugin yang kami sebutkan diatas masih banyak sekali plugin yang dapat kalian gunakan untuk mempercantik situs kalian serta fungsi lainnya yaitu :

  1. WooCommerce
  2. AMP
  3. PWA
  4. Whatsapp Plugin WordPress
  5. Download Plugin WordPress
  6. Inline related Post
  7. Feature Image In RSS
  8. Site Kit
  9. WebSub/Pubsubhubbub

  • Bagikan