Cara Lapor Rekening Penipuan dan Cek Rekening Online 2021

  • Bagikan
lapor rekening penipuan
cara cek dan lapor rekening penipuan

Apakah kalian pernah mengalami penipuan secara online entah itu melalui sms, aplikasi chatting, media sosial ataupun website namun kalian bingung bagaimana cara lapor rekening penipuan serta cek rekening apakah pernah dilaporkan melakukan penipuan?

Kalian berada pada artikel yang tepat, karena kami akan membahas dengan lengkap cara lapor rekening penipuan serta cek rekening penipuan secara online.

Kasus penipuan online memang marak dan kerap kali terjadi entah karena pembeli yang kurang paham atau tidak melihat riwayat dari penjual terlebih dahulu atau memang si pelaku sengaja ingin melakukan penipuan dengan berbagai modus.

Kantas jika telah terjadi pada kita apa yang harus kita lakukan? dapatkah kita melaporkan kasus penipuan secara online? jika bisa bagaimana caranya ? simak terus ulasan dari kami.

Tips Terhindar Dari Kasus Penipuan Online

Sebagai pembeli dan melakukan transaksi secara online baik itu melalui aplikasi chatting, media sosial, website serta maarket place sejatinya kita harus sangat teliti dan tidak mudah percaya kepada pembeli sebelum kita mengetahui riwayat dari penjual tersebut, Untuk menghindari agar kalian tidak menjadi korban penipuan online berikut kami memberikan beberapa tips yang dapat kalian jadikan rekomendasi :

  1. Jika melakukan transaksi melalui Media sosial seperti Facebook, Twitter, Telegram dan lainnya cek terlebih dahulu profil dari sipenjual tersebut, apakah profil si penjual benar-benar profil asli atau tiak, kapan terakhir kali daia posting serta griup mana saja yang dia ikuti dan promosi juga kalian wajib melihat komentar dari postingan penjual.
  2. Jika melakukan transaksi melalui website pastikan website tersebut memang benar adanya serta kelengkapan dari situs tersebut juga harus kalian cek seperti halaman tentang kami, kontak serta testimoni dari pembeli lainnya.
  3. Jika melakukan transaksi melalui aplikasi chatting seperti WhatsApp, Tegeram dan lainnya kalian wajib meminta alamat hingga foto penjual atau KTP dari sipenjual tersebut.
  4. Transaksi menggunakan jasa Rekbe yang terpercaya. Jika memungkinkan tanya terlebih dahulu kepada Customer Service Rekeber yang akan digunakan apakah si penjual telah melakukan verifikasi tanda pengenal hingga apakah ada jaminan uang kembali apabila barang atau jasa yang kalian beli tidak sesuai.
  5. Melakukan pengecekkan terhadap rekening yang digunakan oleh penjual pada situs cek rekening untuk mengetahui apakah rekening tersebut telah terdaftar atau apakah rekening tersebut pernah dilaporkan atas tindakan penipuan.
Baca Juga  Alternatif Iklan Selain Google Adsense 2021 Yang Terbukti Membayar

Cara Cek Rekening dan cara Lapor Rekening Penipuan

Setelah kalian mengetahui tips agar terhindar dari kasus penipuan online, kalian juga harus tau bagaimana cara cek rekening serta cara melaporkan rekening penipuan.

1. Cek dan Lapor Melalui Situs Laporku

Langkah pertama kalian bisa melakukan cek rekening di situs Laporlu.com. Laporku.com sendiri merupak wadah bagi kalian yang ingin melakukan pengecekkan nomor rekening, atau nomor telepon sebelum kalian melakukan transaksi.

Selain Cek rekening, pada situs laporku.com kalian juga dapat lapor rekening penipuan yang terjadi pada kalian ataupun teman dan saudara kalian.

Untuk melakukan pengecekkan atau pelaporan pada situs laporku.com sangatalah mudah karena segala bentuk pengecekkan serta pelaporan akan dihubungkan langsung ke Whatsapp Laporku.com. Lantas bagimana cara cek serta lapor rekening penipuan pada situs laporku.com ? berikut langkahnya.

  1. Kunjungi Laporku.com
  2. Klik Tombol Chat Laporku
  3. Tuliskan kronologi kejadian apabila kalian menjadi korban dari penipuan onlin
  4. Tuliskan cek rekening serta tujuan transaksi
  5. Admin dari laporku.com akan membantu kalian

2. Cek dan Lapor Rekening Penipuan Melalui Situs Cek rekening

Yang kedua ada situs cek rekening.id yang merupakan situs resmi milik Kementrian Komunikasi dan Informatikan ( KemenkomInfo ) yang sengaja dibuat untuk membantu kalian dalam melakukan pengecekkan rekening sebelum melakukan transaksi online serta melaporkan rekening penipu jika kalian telah menjadi korban dari penipuan online.

Cekrekening.id sendiri memiliki 3 menu yaitu :

  1. Cek Rekening : Digunakan untuk kalian yang inginmelakukan pengecekkan rekening
  2. Daftar Rekening : Digunakan untuk mendaftarkan rekening kalian sebagai penjual barang maupun jasa secara online
  3. Lapor Rekening : Digunakan bagi kalian yang telah menjadi korban dari kasus penipuan secara online

Cara Cek Rekening Melalui cekrekening.id

  1. Kunjungi situs https://cekrekening.id
  2. Pilih Menu Cek Sekarang
  3. Pilih Jenis Akun Bank Atau Ewallet
  4. Masukkan Nama Bank bagi kalian yang ingin mengecek rekening bank
  5. Masukkan nomor ewallet bagi kalian yang ingin melakukan pengecekkan rekening ewallet
  6. Masukann nomor rekening ( jika pilihan Bank)
  7. Ceklist kotak Saya Bukan Robot
  8. Klik Cek Sekarang
Baca Juga  Cara Aktifkan Gopay Di Tokopedia Dan Dapat Cashback 20 %

Setelah klik cek sekarang kalian akan mendapatkan informasi terkait nomor rekening yang kalian cek apakah pernah dilaporkan sebagi rekening penipuan atau belum seperti gambar dibawah ini

cara cek rekening penjual online apakah pernah dilaporkan penipuan atau belum
cara cek rekening melalui rekening.id ( gambar screenshoot situs cekrekening.id)

Cara Lapor Rekening Penipuan Melalui Cekrekening.id

cara lapor rekening penipuan melalui cekrekening.id
cara lapor rekening penipuan ( gambar cekrekening.id )

Untuk melaporkan Rekening Penipuanpun sangatlah mudah, berikut langkahnya :

  1. Kunjungi laman https://cekrekening.id
  2. Pilih Menu Lapor Sekarang
  3. Pilih Jenis akun Bank Atau Ewallet
  4. Masukkan Nomor serta nama rekening baik bank maupun ewallet
  5. Klik Selanjutnya
  6. Masukkan nama Rekening Penipu
  7. Masukkan Nomor telepon penipu
  8. Pilih Kategori
  9. Masukkan kerugian
  10. Masukkan sumber media transaksi contoh Facebook, Twitter, WhatsApp dan lainnya
  11. Masukkan Detail sumbermedia berupa link website, facebook dan lainnya atau nomor telepon
  12. Klik Selanjutnya
  13. Masukkan Biodata kalian sebagai pelapor
  14. Tuliskan Kronologi kejadian secara lengkap
  15. Unggah bukti kronologi
  16. Klik Laporkan

Setelah kalian melaporkan maka kasus pelaporan kalian akan di cek serta diverifikasikan terlebih dahulu oleh pihak cekrekening.id apakah memenuhi persyaratan atau tidak, apabila memenuhi persyaratan maka pelaporan kalian akan ditindak lanjuti. Kalian akan menerima status dari pelaoran kalian melalui email yang telah kalian daftarkan.

Nah itulah tadi Cara Lapor Rekening Penipuan dan Cek Rekening Online serta tips menghindarinya

Kesimpulan

Jangan terburu-buru ketika hendak melakukan transaksi secara online, jangan tergiur harga yang murah atau tidak wajar yang ditawakan penjual karena bisa menjadi indikasi dari penipuan. Selalu pastikan kalian melakukan pengecekkan terhadap profil dan testimoni serta komentar penjual ya.

  • Bagikan