Pengertian Hosting, Fungsi, Jenis Serta Tips Memilih Hosting Lengkap 2021

  • Bagikan
Pengertian Hosting, Fungsi, Jenis Serta Tips Memilih Hosting Lengkap 2021
Pengertian Hosting, Fungsi, Jenis Serta Tips Memilih Hosting Lengkap 2021

Bagi kalian yang sudah memiliki website tentunya sudah mengetahui apa itu hosting ya. Tapi bagi kalian yang baru berencana membuat sebuah website pastinya masih sedikit bingung dengan apa itu hosting.

Karena kalimat Hosting selalu muncul ketika kita ingin membangun sebuah website dan juga dalam perincian biayanya.

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian hosting, fungsi serta penerapan dan cara kerjanya secara lengkap

Pengertian Hosting

pengertian hosting
Pengertian hosting

Hosting merupakan sebuah layanan untuk menyimpan seluruh file website mulai dari gambar, video, teks, Database, Contol panel, script hingga aplikasi yang dapat diakses oleh seluruh atau sebagaian pengguna secara online 7×24 jam.

Hosting merupakan hal yang paling terpenting dan utama dalam pembuatan website. Tanpa adanya hosting maka sudah dipastikan kalian tidak dapat membuat website. Untuk dapat memiliki hosting sendiri kalian harus menyewanya ke perusahaan penyedia layanan hosting dengan harga yang disesuaikan dengan kebutuhan dari website yang akan kalian buat.

Fungsi Hosting

fungsi hosting
pengertian hosting dan fungsinya

Hosting memiliki banyak sekali fungsi yang dapat kalian gunakan untuk mengembangkan website yang kalian miliki. Adapun beberapa Fungsi dari hosting :

1. Membuat dan Menyimpan Data Website

Fungsi utama dari hosting adalah membuat website dan menyimpan file serta data dari website itu sendiri dan membuatnya online sehingga dapat diakses oleh pengunjung selama 24 jam baik dari perangkat komputer / laptop hingga smartphone.

Untuk membuat website sendiri juga sangatlah mudah karena pada layanan hosting sudah menyediakan control panel untuk memudahkan kalian membuat serta mengelola website kalian sendiri. Eits tapi tidak semua jenis layanan hosting sudah include control panel ya, apabila layanan hosting yang kalian gunakan tidak include Control panel kalian bisa menggunakan control panel gratis atau membeli control panel berbayar seperti Cpanel dan Plesk.

Baca Juga  Review VPS Upcloud, Vultr dan DigitalOcean Update Agustus 2021, Wajib Dicoba

2. Meningkatkan Performa Website

Fungsi kedua adalah meningkatkan performa website. Loh kok bisa? Seperti sudah kami jelaskan pada pengertian hosting diatas, jika layanan hosting disesuaikan dengan kebutuhan website maka semakin tinggi spesifikasi hosting yang kalian gunakan maka akan semakin cepat juga akses website yang kalian miliki.

3. Membuat Email Sendiri

Dengan memiliki hosting kalian juga bisa membuat email sendiri sesuai dengan nama domain yang kalian gunakan contoh emailku@cakrawalarafflesia.co.id. Dengan memiliki email dengan nama yang sesaui dengan website yang kita miliki tentunya akan meningkatkan kredibilitas situs serta lebih profesional daripada menggunakan layanan email gratis.

4. Melindungi Website

Hosting juga mampu melindungi website kalian dari segala hal yang dapat membahayakan website kalian seperti malware, virus, spam dan DDoS.

Dengan adanya hosting kalian dapat menginstall program antivirus seperti Imunify360 ataupun plugin kemanan bagi kalian yang menggunakan WordPress sebagai CMS website kalian.

Jenis-Jenis Hosting

jenis jenis hosting
Pengertian hosting dan jenisnya

Hosting sendiri memiliki beberapa jenis dan spesifikasi yang berbeda. Adapun Jenis hosting yang biasa digunakan sebagai berikut :

1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan layanan hosting tradisional dimana satu server digunakan oleh banyak user sehingga kalian harus berbagi seluruh fasilitas dengan user lainnya mulai dari penyimpanan, Memory atau yang lebih dikenal dengan RAM, hingga kecepatan.

Kelebihan dari shared hosting sendiri terletak pada harganya yang murah namun dibalik kebihan ada juga kekurangan dari shared hosting yaitu apabila traffik user lain sedang tinggi maka website kalian ikut terkena imbasnya seperti lambat dan sulit diakses hingga tidak dapat diakses.

Jika Diibaratkan, Shared hosting ini merupakan rumah yang dijadikan kost-kostan dan memiliki banyak kamar sehingga kalian harus berbagi dengan penghuni lainnya.

Baca Juga  Plugin Wordpress Terbaik Gratis dan Berbayar 2021

Shared hosting cocok digunakan untuk : Website atau blog pribadi, bisnis UMKM, serta situs organisasi kecil.

2. Cloud Hosting

Cloud hosting merupakan layanan hosting yang saat ini banyak diminati karena terkenal akan kestabilan serta waktu downtime yang minim karena menggunakan sekumpulan server tidak seperti pada shared hosting.

Kelebihan dari Cloud Hosting ada di kestabilan, apabila user lain mengalami kenaikan trafic tidak akan berimbas pada website kalian. Kekurangan harga lebih mahal dari Shared hosting dan VPS.

Cloud Hosting cocok digunakan untuk : Website perusahaan atau bisnis, toko online, sekolah, e-learning serta situs berita

3. VPS Hosting

Virtual Private Server ( VPS ) merupakan layanan hosting pribadi dimana seluruh fasilitas hanya digunakan oleh satu pengguna saja mulai dari CPU, RAM, Penyimpanan, IP Address hingga kecepatan.

Pada VPS hosting kalian memiliki kebebasan untuk menggunakan resource yang tersedia tanpa adanya batasan atau limit pada setiap resourcenya sesuai dengan spesifikasi yang kalian miliki.

Jika diibaratkan, VPS ini seperti kalian memiliki sebuah apartment diamana seluruh fasilitas sudah tersedia pada setiap kamarnya.

Kelebihan dari VPS kalian dapat menggunakan operating sistem dan control panel sesuai dengan keinginan kalian, TIdak terpengaruh dengan user lainnya, bebas melakukan costum pada server yang kalian miliki.

Kerkurangan dari VPS hosting ada di harganya yang mahal apabila dibandingkan dengan shared hosting namun masih lebih murah dibandingkan dengan cloud hosting serta kalian harus memilikipengetahuan dalam mengelola server.

VPS hosting cocok digunakan untuk : Website perusahaan atau bisnis, toko online, sekolah, e-learning serta situs berita

4. Dedicated Hosting

Dedicated hosting merupakan tingkat tertinggi dari layanan hosting karena satu server hanya digunakan untuk satu user saja. Apabila diibaratkan kalian membeli sebuah rumah pribadi sehingga kalian dapat bebas mengatur dan mengelola rumah tersebut.

Baca Juga  Control Panel VPS Terbaik 2021 ( Gratis dan Berbayar )

Kelebihan dedicated hosting memiliki resource yang sangat besar, dan mampu menampung traffic yang sangat tinggi. Sedangkan untuk kekurangan dari dedicated server adalah kalian harus memahami teknis pengelolaan server dan harga yang sangat mahal dibandingkan seluruh layanan hosting yang ada.

5. WordPress Hosting

WordPress hosting merupakan layanan hosting yang dikhususkan serta dioptimalkan untuk website dengan Content Manajemen Sistem ( CMS ) WordPress saja. Untuk lebih jelas mengenai WordPress hosting kalian dapat melihat artikel kami mengenai Apa Itu WordPress Hosting dan Manage WordPress Hosting.

Dedicated server cocok digunakan untuk : website bisnis, perusahaan besar, serta situs berita dengan traffik yang sangat tinggi.

Tips Memilih Hosting

tipsmemilih hosting
pengertian hosting dan tips memilih

Setelah kalian mengetahui tentang pengertian , Fungsi serta jenis hosting maka langkah selanjutnya adalah memilih hosting yang terbaik. Untuk itu kami akan memberikan tips memilih hosting yang tepat dan terbaik untuk kalian :

  1. Pastikan terlebih dahulu jenis website yang akan kalian buat karena beda website beda juga layanan hosting yang digunakan
  2. Pastikan layanan hosting yang kalian gunakan terpercaya serta memiliki reputasi yang bagus
  3. Cek downtime ( biasanya penyedia layanan hosting yang bagus memiliki laman riwayat status server yang dapat dilihat oleh pengunjung )
  4. Layanan Customer service 24 jam
  5. Kemudahan Upgrade serta downgrade layanan hosting

Rekomendasi Layanan Hosting

Terakhir adalah rekomendasi perusahaan penyedia layanan hosting terbaik. Untuk rekomendasinya kalian bisa melihat artikel kami berikut ini Rekomendasi Hosting Indonesia Lengkap 2021

Itulah tadi artikel kami terkait Pengertian Hosting, Fungsi, Jenis Serta Tips Memilih Hosting Lengkap 2021. Semoga dapat membantu kalian

Created By Cakrawalarafflesia

  • Bagikan