Error 404 Not Found : Pengertian dan Langkah Mengatasinya

  • Bagikan
mengatasi error 404 not found

Bagi kalian pemilik website tentunya sudah tidak asing lagi dengan notifikasi error 404 Not Found pada situs yang kalian miliki karena halaman 404 telah include hampir diseluruh script situs. Pada artikel ini kami akan membahas mengenai error 404 not found serta langkah mengatasinya.

Apa Itu Error 404 Not Found ?

Error 404 Not Found menadakan jika halaman yang kalian cari tidak ditemukan karena berbagai macam alasan diantaranya :

  1. Salah memasukkan URL situs
  2. Menghapus postingan atau halaman pada situs
  3. Permasalahan Caching pada browser
  4. Permasalahan DNS
  5. Permasalahan Compability

Apakah Error 404 Not Found Berpengaruh Pada SEO ?

Error 404 tentu saja sangat berpengaruh pada SEO website dan dapat menyebabkan turunnya ranking website kalian di mesin pencari hingga berpengaruh pada Domain authority kalian, kalian terlebih lagi jika permasalahan terjadi pada sisi website dan telah terindeks oleh Gooegle Search atau search engine lainnya.

Cara Cek 404 Not Found

Bagi kalian pemilik situs dapat melakukan pengecekkan terhadap url situs kalian yang bermasalah hingga menyebabkan terjadinya error 404 not found dengan menggunakan tool-tools online seperti brokenlink checker atau bagi kalian yang menggunakan CMS WordPress kalian bisa menggunakan Plugin untuk melakukan pengecekkan.

Cara Mengatasi Error 404 Not Found

mengatasi error 404 not found

Setelah mengetahui mengenai error 404 maka kalian juga wajib mengetahui bagaimana cara mengatasinya agar website kalian memiliki performa yang baik dimata mesin pencari, adapun langkah memperbaikinya sebagai berikut :

Baca Juga  3 Cara Mudah Install Wordpress di Cyberpanel

1. Perbaiki Link Yang Bermasalah

Yang pertama adalah memperbaiki kesalahan link yang menyebabkan terjadinya error 404 tersebut. Apabila error tersebut bermasalah pada artikel, laman, kategori hingga tag kalian dapat memperbaiki urlnya.

2. Redirect URL 404

Langkah ini dapat dilakukan apabila link yang bermasalah sudah tidak ada atau hal lainnya. untuk melakukan pengalihannya sendiri kalian menggunakan metode manual redirect 301 atau bagi kalian yang menggunakan WordPress kalian bisa menggunakan plugin redirection dan mengarahkan url yang tidak ditemukan ke halaman lainnya.

3. Hapus Cache dan History Browser

Kesalahan error 404 tidak hanya terjadi dari sisi website saja. Kesalahan tersebut bisa juga disebabkan kesalahan dari pengguna atau pengunjung situs kalian. Untuk mengatasinya kalian dapat melakukan clear cache dan hapus seluruh histori pada browser yang kalian gunakan.

Itulah tadi cara mengatasi Error 404 Not Found yang terjadi pada website kalian. Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang memiliki masalah tersebut.

  • Bagikan