Litespeed Web Server , Pengertian hingga Harga Lengkap 2021

  • Bagikan
litespeed web server
litespeed web server

Ada banyak sekali Jenis Web Server yang tersedia dipasaran dan dapat digunakan dengan kelebihannya masing-masing termasuk Litespeed Web Server, Apache Ngix dan IIS yang paling banyak digunakan dengan kelebihannya masing-masing. Meskti tergolong baru, Litespeed saat ini menjadi pilihan terbaik dan paling banyak digunakan karena memliki kecepatan yang sangat baik dibandingkan dengan Apache maupun Ngix.

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai Lite Speed Web Server mulai dari pengertian, Pilihan serta Jenis dan harganya secara lengkap.

Apa Itu LiteSpeed Web Server ?

Litespeed Web Server merupakan server web yang memiliki kinerja tinggi menggunakan teknologi Litespeed yang diklaim lebih cepat dibandingkan Apache Web Server serta dapat menggantikan seluruh fungsi apache tanpa mengubah konfigurasi atau sistem operasi.

Litespeed Web Server memiliki berbagai macam fungsi serta dilengkapi dashboard yang sangat mudah digunakan serta sudah support koneksi HTTP/3 yang lebih cepat dibandingkan HTTP/2.

Daftar Fitur Dan Keunggulan Litespeed

fitur dan keunggulan litespeed web server yang wajib diketahui

Seperti kami jelaskan diatas jika Litespeed memiliki bermacam fitur dan juga keunggulan yang wajib kalian ketahui. Berikut beberapa Fungsi yang ada pada litespeed serta penjelasannya.

1. Brotli dan Gzip Compression

Fitur Brotli Compression atau kompresi Brotli memungkinkan kalian untuk dapat menghemat bandwith dengan cara mengecilkan ukuran file yang dikirim ke client. Brotli sendiri merupakan jenis kompresi yang dapat mengecilkan ukuran file lebih baik dibandingkan jenis kompresi Gzip. Meski demikian kedua fitur ini secara otomatis aktif pada lispeed web server.

Baca Juga  Control Panel VPS Terbaik 2021 ( Gratis dan Berbayar )

2. Mendukung APIs

Litespeed Web Server juga mendukung beberapa Server API yang memungkinkan kalian untuk berkomunikasi antar Web Server ke aplikasi eksternal menggunakan service API.

3. Support berbagai macam jenis Operating Sistem

Litespeed Web Server dapat kalian install di beberapa sistem operasi Linux seperti Ubuntu, CentOS, CloudLinux, FreeBSD, MAc OSX serta Solaris.

4. Support beberapa Control Panel

Litespeed Web Server dapat bekerja dengan baik menggunakan control panel atau tidak. Beberapa Control Panel yang tela support Server Litespeed diantaranya:

  1. Cpanel
  2. Plesk
  3. Direct Admin
  4. Cyberpanel

5. Tanpa Konfigurasi Ulang Ketika Berpindah Dari Apache

Fitur yang satu ini memungkinkan kalian berpindah dari Apache ke Litespeed tanpa mengubah apapun pada konfigurasi server kalian karena Litespeed Web Server telah dilengkapi fitur otomatis nonaktif Httpd.conf.

6. Kinerja Tinggi

Fitu litespeed yang satu ini memungkinkan server untuk mengelola file-file statis lebih cepat dibandingkan Apache bahkan diklam dapat 10X lebih cepat ketika traffic tinggi.

7. Brute Force Proteksi

Salah satu fitur yang sangat penting terlebih bagi kalian yang menggunakan cms WordPress karena Litespeed telah dilengkapi anti brute force proteksi sehingga situs WordPress kalian lebih aman.

8. DDOS Proteksi

Fitur kemanan yang satu ini juga sangat penting untuk menghindari server dari kelebihan beban karena DDOS. Litespeed Web Server telah dilengkapi fitur Anti DDOS Proteksi yang secara otomatis aktif ketika kalian menginstallnya.

9. Layanan Dan Dukungan

Litespeed Web Server memiliki layanan dan Dukungan yang lengkap mulai dari komunitas hingga customer support yang dapat membantu kalian dalam menangani berbagai hal trouble yang dihadapi.

Harga Lisensi Litespeed Web Server

harga litespeed web server

Setelah kalian mengetahui dari pengertian hingga kelebihannya, pastinya kalian ingin mengetahui harga atau biaya yang harus kalian gunakan jika ingin menggunakan litespeed sebagai webserver kalian, berikut kami berikan daftar harga serta pilihan dari litespeed web server.

Baca Juga  Cara Mudah Install Bunny CDN di Wordpress 2021

Kalian dapat mencoba terlebih dahulu Litespeed Webserver selama 15 hari tanpa dikenakan biaya apapun. Eits gak cuma itu loh, kalian juga bisa menggunakannya secara gratis apabila kalian memilih paket free starter

  1. Litespeed Free Starter. Lisensi ini dapat kalian gunakan untuk 1 domain saja dengan memori server maksimal 2GB serta kalian akan mendapatkan 1 Worker Service.
  2. Litespeed Site Owner. Lisensi ini yang kami gunakan untuk menjalankan situs cakrawalarafflesia.co.id serta cakrawalarafflesia.com, dimana lisensi Site Owner sendiri dapat digunakan hingga 5 Domain dengan memory server maksimal 8GB dan mendapatkan 1 service Worker. Untuk menggunakan lisensi ini kalian harus membayar $10 perbulan
  3. Site Owner Plus. Lisensi Site Owner Plus pada dasarnya sama dengan paket lisensi Site Owner, yang membedakan hanya pada paket lisensi ini tidak adanya batasan memory alian unlimited memory. Sangat cocok sekali untuk website kalian yang membutuhkan spesifikasi ram tinggi. Kalian dapat menggunakan lisensi ini dengan biaya $16 perbulan
  4. Webhost Lite, Webhost Essential, Webhost Profesional, Webhost Enterprise, Webhost Elite. JEnis paket webhost cocok untuk kalian yang membuka usaha penyewaan hosting karena untuk semua paket webhost tidak dibatasi jumlah domain yang dapat diinstall yang membedakan hanya di Webhost lite dimana batas memory maksimal 8GB sedangkan paket webhost lainnya unlimited. Selain itu jumlah worker untuk masing-masing paket juga berbeda mulai lite dan essential yang hanya memiliki 1 worker, Profesional 2 Worker, Enterprise 4 Worker dan Elite unlimited Worker. Untuk menggunakan lisensi Webhost kalian harus membayar mulai $26 hingga $92 perbulannya.

Beda Litespeed Webserver dan Openlitespeed

Pasti diantara kalian ada yang bertanya beda dari litespeed webserver dengan openlitespeed. Perbedaannya dari kedua jenis server ini terletak dari support dimana openlitespeed hanya mendapatkan dukungan komunitas dan forum saja, serta beberapa fitur juga tidak dapat digunakan pada versi openlitespeed seperti tipe kompresi serta ESI cache dan untuk openlitespeed tidak ada batas memory, domain serta service worker.

Baca Juga  Hosting Gratis Cpanel dan Plesk Indonesia 2021

Kesimpulan

Meski sama-sama menggunakan Litrespeed sebagai servernya, kamilebih merekomendasikan kalian menggunakan versi Litespeed Web Server karena memiliki kelebihan dan fitur dibandingkan versi openlitespeed. Pengalaman kami menggunakan Litespeed Webserver sendiri sangat puas dengan performa dan kestabilan servernya meski ketika terjadi lonjakan traffic.

Untuk kalian yang hanya memiliki satu website saja kalian dapat mengguanakan versi gratisnya. sedangkan jika kalian berencana membuat beberapa situs kalian dapat menggunakan Site Owner atau site owner plus.

Mengenai masalah dukungan open tiket sangat cepat sekali respon dan litespeed memiliki support yang handal sehingga dapat membantu kita dalam memperbaiki kendala yang ada.

Untuk diketahui, kalian hanya dapat menggunakan tipe litespeed web server pada control panel CPanel serta Plesk. Sedangkan bagi kalian yang ingin menggunakan oenlitespeed kalian bisa menggunakan cyberpanel.

  • Bagikan