Cara Hosting Di Google Cloud, Membuat VPS Lengkap 2021

  • Bagikan
Cara Hosting Di Google Cloud, Membuat VPS Lengkap 2021
Cara Hosting Di Google Cloud, Membuat VPS Lengkap 2021

Artikel Cara Hosting di Google Cloud ini merupakan artikel pelengkap dari dua artikel sebelumnya yaitu Cara daftar Google Cloud tanpa Kartu Kredit dan Google Cloud WordPress. Karena setelah mendaftar pastinya kalian ingin menggunakannya untuk menghostingkan website kalian kan, dan pada artikel ini kami akan memberikan tutorial cara membuat VPS di Google Cloud baik menggunakan fitur yang telah ada ataupun secara manual.

Persyaratan Hosting di Google Cloud

Persyaratan Hosting di Google Cloud
Cara Hosting Di Google Cloud ( persyaratan )
  1. Memiliki akun Google Cloud ( jika belum memiliki kalian dapat melihat tutorial kami sebelumnya )
  2. Telah Membuat Project
  3. Memiliki Domain ( kalian bisa membelinya di Google Domain atau penyedia lainnya )
  4. Memilih Control panel yang telah disediakan Google Cloud bagi kalian yang tidak ingin repot
  5. Membuat VM Instance di Compute Engine
  6. Memiliki pengetahuan menginstall Control Panel
  7. Memiliki Lisensi Kontrol Panel bagi kalian yang menggunakan Cpanel atau Plesk dengan metode 1 klik install control panel )

Cara Hosting Di Google Cloud dengan 1 Klik Control Panel

Cara Hosting Di Google Cloud dengan 1 Klik Control Panel
Cara Hosting Di Google Cloud ( menggunakan fitur 1 klik install control panel )

Cara pertama bagi kalian yang gak mau repot dengan urusan install VPS yaitu dengan metode 1 klik Install Control panel. Kalian dapat menginstall Control panel mulai gratis hingga berbayar seperti Cyberpanel, Cpanel, Plesk dan lainnya. Untuk Plesk kalian akan mendapatkan free trial lisensi selama 7 hari dan setelahnya akan dikenakan biaya yang akan ditagihkan kedalam akun kalian.

Langkah Instalasi Hosting di Google Cloud Menggunakan 1 klik Install Control Panel

1. Login ke Console Google Cloud

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah login ke Google Cloud Console menggunakan akun kalian memalui link berikut ini https://cloud.google.com

Baca Juga  Vultr VS Digital Ocean, Mana Yang Lebih Bagus 2021

2. Pilih Menu Marketplace

Langkah selanjutnya adalah memilih menu market place dengan cara klik garis tiga pada pojok kiri atas dashboar lalu scroll hingga menemukan menu Marketplace.

3. Pilih Menu Virtual Machine

Pada langkah ini kalian dapat melakukan ceklist Virtual machine untuk membuka seluruh fitur 1 klik install yang tersedia di Google Cloud.

4. Pilih Control Panel

Selanjutnya kalian dapat memilih Control Panel mana yang kalian inginkan rekomendasi kami sih menggunakan Cyberpanel, Plesk atau Cpanel ya karena ketiga Control panel tersebut mudah digunakan. Oh iya untuk Cyberpanel pilih yang CYberpanel Official ya karena gratis, sedangkan Plesk memberikan trial 7 hari dan untuk Cpanel kalian sudah harus memiliki Lisensinya ya.

5. Klik Launch

Setelah kalian memilih Control Panel yang ingin kalian gunakan langkah selanjutnaya adalah klik tombol Launch untuk memulai setting serta penginstalan.

6. Setting Server

Pada langkah ini kalian dapat melakukan setting mulai dari Lokasi Server, jenis CPU serta jumlahnya, Memilih RAM serta hardisk yang akan kalian gunakan. Setiap spesifikasi memiliki harga yang berbeda-beda, untuk total harga dapat kalian lihat pada kolom sebelah kanan setelah kalian melakukan setting.

7. Klik Deploy

Setelah kalian melakukan setting maka dilanjutkan klik deploy untuk menginstall server yang kalian pilih tadi dan jika selesai ditandai dengan munculnya alamat IP address, username, password dari control panel yang kalian pilih.

Kalian dapat langsung melakukan login dan setting kontrol panel menggunakan alamat IP serta port yang telah diberikan.

Langkah dan Cara Hosting Di Google Cloud dengan Cara Manual

Langkah dan Cara Hosting Di Google Cloud dengan Cara Manual
Cara Hosting Di Google Cloud ( install vps manual )

Langkah ini sangat cocok bagi kalian yang hobby oprek server karena menggunakan langkah ini kalian benar-benar membuat server dari 0 yaitu dimulai dari membuat server VPS di Google Cloud hingga melakukan setting server dan menginstall Control panel. Untuk langkahnya sebagai berikut :

Baca Juga  Kelebihan dan kekurangan AMP Untuk Website dan SEO 2021

1. Login Ke Google Cloud Console

Sama seperti langkah 1 klik install control panel, untuk membuat VPS di Google Cloud kalian juga harus login terlebih dahulu ke Google Cloud Console menggunakan akun yan telah kalian miliki.

2. Membuat Virtual Machine

Langkah kedua adalah membuat virtual machine dengan cara :

  1. Buka Menu ( klik garis tiga pada pojok kiri atas dashboard Google Cloud )
  2. Cari menu Compute Engine
  3. Pilih VM Instances
  4. Aktifkan API apabila diminta

3. Memilih dan mensetting server

Setelah kalian klik VM Instance maka kalian akan dihapkan pada layar pengaturan server VPS kalian. Disini kalian dapat memilih lokasi server sesuai keinginan kalian, memilih tipe dan jumlah CPU serta ram, memilih Jenis Hardisk dan ukurannya serta memilih Opertaing sistem yang ingin kalian gunakan.

Untuk biaya setiap spesifikasi server mulai cpu, ram dan hardisk berbeda-beda, makin tinggi spek yang kalian gunakan maka akan semain tinggi juga biaya yang harus kalian keluarkan. Untuk meilhat rincian biaya kalian bia melihat kolom kanan pada layar dan kalian akan mendapatkan rincian total biaya yang harus kalian bayarkan setiap bulannya.

4. Membuat VPS

Setelah selesai melakukan pengaturan maka langkah selanjutnya adalah klik Deploy untuk mulai membuat VPS kalian. Kalian wajib menunggu hingga proses selesai yang ditandai munculnya IP address, username serta password SSH vps kalain yang akan digunakan untuk login ke VPS melalui SSH.

5. Setting VPS Menggunakan SSH

Langkah terakhir adalah login ke VPS kalian menggunakan SSH untuk melakukan update dan setting VPS serta menginstall Control panel ataupun program lain yang ingin kalian gunakan.

Mengarahkan Domain Ke VPS Google CLoud

Mengarahkan Domain Ke VPS Google CLoud

Setelah VPS dan Control Panel kalian selesai dibuat maka kalian harus melakukan pointing domain agar nantinya website dan control panel kalian dapat diakses menggunakan domain. Untuk melakukannya ada 2 cara yaitu menggunakan DNS server Google Cloud atau kalian dapat langsung menggunakan Domain management dari penyedia layanan domain yang kalian beli.

Baca Juga  Cara Daftar Google Cloud Tanpa Kartu Kredit 2021

Cara mengarahkan domain ke vps Google Cloud menggunakan Domain Management Selain DNS Google

  1. Login ke dashboard tempat kalian membeli domain
  2. Pilih menu domain
  3. Pilih menu domain management
  4. Buat A record ke IP adress VPS kalian
  5. Buat Cname record untuk www dan seluruh subdomain kalian agar anntinya mengarah ke VPS kalian semua
  6. Klik Buat atau simpan

Cara mengarahkan domain menggunakan Google Cloud DNS

  1. Pada Dashboard Google Cloud Console pilih menu Network Services
  2. Pilih Sub menu Cloud DNS
  3. Buat DNS dengan memasukkan nama domain
  4. Buat Arecord ke IP VPS kalian
  5. Buat Cname Record ke Domain kalian
  6. Login ke penyedia layanan domain kalian
  7. Pilih domain
  8. Pilih ubah name server
  9. Ubah name server menggunakan name server Google yang dapat kalian lihat pada Name server di menu DNS yang kalian buat tadi.

  • Bagikan