Google Cloud WordPress , Cara Mudah Setup WordPress di Google Cloud 2021

  • Bagikan
google cloud wordpress
Cara Mudah Setup Wordpress di Google Cloud 2021

Setelah sebelumnya kami mengulas artikel mengenai cara daftar Google Cloud tanpa Kartu Kredit dan cara klaim saldo gratis $300 Google Cloud, kali ini kami akan membahas mengenai Google Cloud WordPress yaitu tutorial setup atau instalasi WordPress di layanan Google Cloud.

Bagi kalian yang berencana membangun website berbasis WordPress serta menggunakan layanan Google Cloud, klaian berada pada artikel yang tepat karena karena kami akan membahasnya secara lengkap.

Untuk menginstall WordPress Pada layanan Google Cloud dapat melalui banyak cara, anatar lain menggungunakan panel, menggunakan manage WordPress hosting melalui layanan pihak ketiga dan kalian juga dapat langsung mendeploy WordPress tanpa panel di Layanan Google Cloud karena Google Cloud juga menyediakan fitur 1 klik Install WordPress. Adapun pilihan WordPress yang dapat kalian install langsung pada Google Cloud Sebagai Berikut :

Pilihan 1 Klik Install Google Cloud WordPress

cara mudah install Google Cloud WordPress
Google CLoud Wordpres 1.0
  1. Openlitespeed WordPress
  2. Secured WordPress Ubuntu 18.04
  3. Secured WordPress Centos 7
  4. WordPress LEMP 7
  5. Wordrpress
  6. WordPress Bitnami

Cara Install WordPress Di Google Cloud

Untuk menginstall WordPress di Google Cloud sangatlah Mudah, kalian hanya perlu mengikuti langkah berikut ini :

1. Login ke Google Cloud Console

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah login ke Google Cloud Console menggunakan akun yang telah kalian daftarkan atau bisa mengikuti link berikut ini https://cloud.google.com

2. Cari WordPress Pada Kolom Pencarian

Untuk memudahkan kalian dalam mendeploy serta mencari instalasi WordPress, pada tampilan dashboard Google Cloud kalian dapat langsung mencari WordPress pada kolom pencarian yang terletak di atas Dashboard atau seperti gambar dibawah ini.

Baca Juga  Rekomendasi Theme Premium Wordpress Buatan Indonesia 2021 Wajib dimiliki
cara mencari wordpress pada google cloud wordpress
google cloud wordpress 1.1

3. Pilih WordPress yang kalian ingin Install

Langkah selanjutnya adalah memilih pilihan WordPress yang ingin kalian gunakan. Klaina dapat memilih salah satu diantara banyak pilihan tersebut kemudian klik Launch On Compute Engine

google cloud wordpress 1.2

Kalian akan mendapatkan spesifikasi server 1 CPU dan 2 GB RAM, dengan perkiraan biaya sekitar $13,61 per bulan (kalian akan mendapatkan diskon untuk setiap bulan penggunaan penuh). Ini juga termasuk penyimpanan 10 GB, dan itu cukup untuk menjalankan situs web yang mendapatkan lalu lintas dalam jumlah sedang tanpa kesulitan apa pun.

4. Buat dan Konfigurasi Project Kalian

Langkah selanjutnya adalah membuat project serta melakukan setup

google cloud wordpress 1.3

Setelah klaian klik tombol Create, kalian harus menunggu hingga proses selesai. Sambil menunggu, kalian masih bisa untuk mengubah konfigurasi untuk instans Google Cloud baru Anda.

Di bagian terakhir, kalian akan melihat perkiraan biaya. Sekarang, kalian bisa mengubah setiap pengaturan, yang dapat menambah atau mengurangi biaya.

Google Cloud wordpress 1.4

Sebelum proses dilanjutkan pastikan kalian telah mensetting :

  1. Region server ( lokasi database server )
  2. Klik PHPMyadmin
  3. Aktifkan kedua HTTP dan HTTPS
Google cloud wordpress 1.5

Setelah dipastikan hal diatas langkah selanjutnya adalah klik Deploy dan tunggu hingga pengaturan selesai yang ditandai munculnya IP address, Username serta Password pada kolom sebelah kanan seperti gambar dibawah ini.

5. Setup SSL

Situs web kalian telah aktif dan berjalan di Google Cloud saat ini, tetapi ada beberapa hal yang harus kalian lakukan agar Website yang kalian buat dapat diakses melalui domain dan aktif SSLnya. Saat ini, kalian hanya dapat diakses melalui alamat IP, jadi Anda sebaiknya segera setting sesegera mungkin.

Jika Anda belum memiliki domain, Anda dapat membelinya pada Google Domain atau layanan lainnya.

Baca Juga  Cara mudah Install Plesk di Windows Server 2019

Selanjutnya, Anda perlu menyiapkan sertifikat SSL untuk situs web Anda, mengingat Anda mengaktifkan lalu lintas HTTPS untuk itu. Langkah ini tidak sepenuhnya diperlukan, tetapi kami sangat mendukung penggunaan HTTPS, seperti halnya Google.

Setelah Anda menyelesaikan tugas-tugas ini, perhatikan biaya penagihan Anda, untuk memastikan kredit gratis Anda tidak habis. Setelah mereka melakukannya, Google Cloud akan mulai menagih metode pembayaran yang Anda pilih pada akhir setiap bulan.

  • Bagikan