Vultr VS Digital Ocean, Mana Yang Lebih Bagus 2021

  • Bagikan
vultr vs digital ocean
vultr vs digital ocean

Bagi kalian pemilik situs atau yang sedang mencari pilihan hosting tentunya sudah tidak asing lagi dengan provider Vultr dan Digital Ocean. Nah pada kali ini kami akan membahas mengenai Vultr VS Digital Ocean mana yang lebih tepat untuk kalian gunakan.

Apa Itu Vultr dan Digital Ocean ?

Vultr dan DIgital Ocean merupakan perusahaan penyedia layanan VIrtual Private Server ( VPS ) Berbasis Cloud.

Vultr VS Digital Ocean

Untuk menentukan Pilihan mana yang cocok dan tepat untuk kalian gunakan diantara kedua Perusahaan ini kami akan membandingkan beberapa hal, antara lain :

  1. Pilihan Sistem Operasi
  2. Pilihan Spesifikasi Server
  3. Lokasi Server
  4. Harga Paket
  5. Layanan Support
  6. Keamanan

Pilihan Sistem Operasi

Hal pertama yang akan kita Bandingkan di artikel Vultr VS Digital Ocean Ini adalah Pilihan Sistem Operasi ( OS ) yang disediakan.

Sistem Operasi Vultr

vultr vs digital ocean ( pilihan sistem operasi vultr )

Pada layanan Vultr, telah disediakan 10 macam pilihan sistem operasi yang dapat kalian gunakan sebagai berikut :

  1. Alma Linux
  2. CentOS
  3. Debian
  4. Fedora
  5. FreeBSD
  6. OpenBSD
  7. Rocky Linux
  8. Ubuntu
  9. VZLinux
  10. Windows

Sistem Operasi Digital Ocean

vultr vs digital ocean ( pilihan sistem operasi digital ocean )

Sedangkan pada layanan Digital Ocean kalian bisa menggunakan 6 Pilihan Sistem Operasi yaitu :

  1. Ubuntu
  2. FreeBSD
  3. Fedora
  4. Debian
  5. CentOS
  6. Rocky Linux

Apabila dilihat dari sisi SIstem Operasi tentunya lebih unggul Vultr dibandingkan dengan DIgital Ocean karena memiliki lebih banyak pilihan server yang disediakan. Meski demikian, Dari semua sistem operasi yang paling banyak digunakan adalah Ubuntu dan CentOS. Kedua Perusahaan ini telah menyediakan Kedua pilihan sistem operasi tersebut.

Baca Juga  Error 404 Not Found : Pengertian dan Langkah Mengatasinya

Pilihan Spesifikasi Server

Pada Perbandingan antara Vultr VS Digital Ocean yang kedua dari sisi Pilihan server yang dapat kalian gunakan.

Pilihan Server Vultr

vultr vs digital ocean ( perbandingan pilihan server )

Pada layanan Vultr kalian akan dihapkan dengan 4 pilihan server yaitu:

  1. High Frequency.
  2. Cloud Compute.
  3. Bare Metal.
  4. Dedicate Cloud.

Pilihan Server Digital Ocean

pilihan server digital ocean

Sedangkan pada layanan Digital Ocean kalian akan dihadapkan dengan 5 Pilihan jenis server yaitu :

  1. Basic ( Shared CPU )
  2. General Purpose
  3. CPU Optimized
  4. Memory Optimized
  5. Storeage Optimized

Apabila membandingkan kedua layanan dari kedua perusahaan hampir tidak ada perbedaan karena baik Vultr ataupun Digital Ocean memberikan pilihan spesifikasi server yang hampir sama seperti CPU, Ram dan Penyimpanan.

Namun yang membedakan adalah lebih unggulnya Vultr pada pilihan server High Frequency karena memiliki CPU yang besar yaitu lebih dari 3.0 GHZ yang sangat cocok bagi kalian yang memiliki situs ataupun aplikasi yang sangat membutuhkan kekuatan dan kecepatan CPU. Selain itu pada High Frequency Vultr juga menggunakan jenis penyimpanan NVME dimana sudah diketahui jika jenis penyimpanan ini jauh lebih cepat dibandingkan SSD.

Meski demikian, Digital Ocean juga memiliki spesifikasi server denan jenis penyimpanan NVME loh, jika kalian berminat menggunakannya kalian dapat memilih jenis pilihan server Basic dan pilihan Premium intel atau Premium AMD dengan NVME.

Lokasi Server

Selanjutnya kita akan membandingkan polihan lokasi server dari kedua layanan ini.

Pilihan Lokasi Server Vultr

pilihan lokasi server vultr

Lokasi server dari Vultr mencakup 4 Benua yaitu Amerika, Eropa, Australia dan Asia dengan rincian sebagai berikut :

  1. Amerika : Los Angeles, Atlanta, Chicago, Dallas, Mexico City, Miami, New York, Seattle, Silicon Valley dan Toronto
  2. Eropa : Stockholm, London, Amsterdam, Frankfurt, Paris
  3. Australia : Sydney
  4. Asia : Tokyo, Seoul, Singapore
Baca Juga  Cara Hosting Di Google Cloud, Membuat VPS Lengkap 2021

Pilihan Lokasi Server Digital Ocean

pilihan lokasi server digital ocean

Pada layanan Digital Ocean, mencakup 3 Benua yaitu Amerika, asia dan eropa dengan pilih lokasi server sebagai berikut :

  1. Benua Amerika : NewYork, San Fransisco, Toronto
  2. Benua Eropa : Amsterdam, London, Frankfurt
  3. Benua Asia : Singapore dan Bangalore

Jika dilihat dari pilihan data center tentu saja lebih unggul Vultr Dibandingkan dengan Digital Ocean karena memiliki jumlah data center yang lebih banyak, meski demikian banyaknya lokasi data center tidak menjadi sebuah acuan apakah perusahaan tersebut bagus atau tidak.

Harga

Mengenai harga jika dibandingan antara Vultr VS Digital Ocean sama-sama dimulai dengan harga $5 perbulan untuk spesifikasi server 1 CPU dan 1 GB RAM. Untuk Vultr High Frequency sendiri memiliki harga yang sedikit lebih mahal yaitu mulai $6 perbulan dan pada layanan Digital Ocean Premium Intel atau AMD with NVME juga dimulai dari $6 perbulan.

Layanan Support

Jika ditanya perbandingan layanan customer support antara Vultr VS Digital Ocean, keduanya memiliki CUstomer Support yang handal, baik, dan cepat dalam merespon pertanyaan maupun tiket yang diajukan. Hal ini teloah kami buktikan sendiri karena kami juga menggunakan layanan pada kedua perusahaan ini untuk membangun situs-situs yang kami miliki.

Meski demikian keduanya tidak memiliki Costumer Support berbahasa Indonesia ya, jadi kalian harus menggunakan bahasa inggris ketika bertanya maupun membuat tiket bantuan.

Keamanan

Baik Vultr maupun Digital Ocean telah memiliki fitur firewall yang dapat kalian gunakan secara gratis untuk melindungi server kalian dari segala macam bentuk tindakan dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Kesimpulan

Baik Vultr maupun Digital Ocean merupakan perusahaan penyedia layanan VPS berbasis Cloud yang tidak perlu diragukan lagi. Mengenai harga kedua perusahaan ini tidak jauh berbeda bahkan bisa dikatakan sama pada beberapa jenis layanan servernya dan memiliki Costumer service yang cepat dan tanggap serta profesional.

Baca Juga  Cara Mudah Install Bunny CDN di Wordpress 2021

Pada layanan VULTR, setelah kalian melakukan registrasi kalian langsung dapat menggunakan seluruh pilihan server yang tersedia, namun pada DIGITAL OCEAN defaultnya hanya dibuka untuk beberapa jenis pilihan server saja, untuk menggunakan jenis server medium atau high kalian harus membuat tiket untuk meminta Costumer Serve membuka pilihan server yang kalian inginkan.

Selain itu pada layanan digital ocean defaultnya kalian hanya dapat membuat 1 Droplet atau VPS, untuk membuat lebih dari satu kalian juga wajib membuka tiket layanan.

Kedua perusahaan ini juga telah menyediakan layanan DNS jadi bagi kalian yang telah memiliki domain kalian dapat menggunakan layanan DNS dari masing-masih perusahaan.

Bagi kalian yang memiliki situs atau aplikasi dengan pengunjung yang normal kalian dapat menggunakan layanan Vultr dan Digital Ocean.

Namun jika kalian memiliki pengunjung yang tinggi serta aplikasi yang membutuhkan spesifikasi dengan CPU tinggi kami lebih menyarankan kalian menggunakan layanan VULTR High Frequency.

Itulah tadi artikel kami mengenai Vultr VS Digital Ocean.

  • Bagikan