windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the gpt partition style. Ini Cara Memperbaikinya 2021

  • Bagikan
cara mengatasi windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the gpt partition style
cara mengatasi windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the gpt partition style

windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the gpt partition style sering kali kita temukan pada saat ingin melakukan install atau install ulang Windows terlebih pada Windows 8, 10 Hingga Windows 11. Sebenarnya apa sih masalahnya dan bagaimana cara mengatasinya ?

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi atau memperbaiki masalah windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the gpt partition style agar kalian dapat melakukan instalasi Windows baik diperangkat PC ataupun Laptop.

“Windows tidak dapat diinstal ke disk ini GPT” menunjukkan pesan kesalahan ” Windows tidak dapat diinstal ke disk ini. Disk yang dipilih adalah gaya partisi GPT.” Ini adalah salah satu kesalahan umum yang mungkin terjadi selama penginstalan Windows. Saat Anda mencoba menginstal Windows 10/8/7 di komputer Anda, baik itu desktop atau laptop Dell/HP, Penataan Windows mungkin melaporkan kesalahan “Windows tidak dapat diinstal ke disk ini. Disk yang dipilih adalah gaya partisi GPT.” Jika itu terjadi, Anda tidak dapat melanjutkan menginstal Windows hingga memperbaikinya.

Penyebab ‘Disk yang dipilih partisi GPT’

windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the gpt partition style
windows cannot be installed to this disk. the selected disk is of the gpt partition style

Selama pengaturan Windows, Anda harus memilih untuk menginstal menggunakan gaya partisi MBR atau GPT. Saat menginstal Windows pada PC berbasis UEFI menggunakan Windows Setup, gaya partisi hard drive Anda harus diatur untuk mendukung mode UEFI atau mode kompatibilitas BIOS lama. Dengan kata sederhana, ketika Anda memutuskan untuk memilih partisi MBR atau GPT untuk menginstal Windows, Anda harus mengetahui dengan jelas firmware motherboard apa yang Anda gunakan dan menjaga kedua istilah tersebut tetap cocok.

Baca Juga  Cara Login RDP Via Android dan PC / Laptop serta Upload Download File 2021
  • UEFI → GPT
  • Legacy BIOS → MBR

Jika Anda melihat prompt yang mengatakan “Windows Tidak dapat diinstal ke disk ini. Disk yang dipilih adalah gaya partisi GPT”, itu karena PC Anda di-boot dalam mode UEFI, tetapi hard drive Anda tidak dikonfigurasi untuk mode UEFI.

Bagaimana cara mengatasi masalah gaya partisi GPT ini? Secara teknis, Anda memiliki dua opsi:

  1. Konversikan MBR ke gaya partisi GPT agar sesuai dengan fitur firmware UEFI PC.
  2. Pertahankan gaya partisi MBR yang ada, tetapi reboot PC dalam mode BIOS lama.

3 Solusi GPT Partition Style Error ‘Windows Tidak Dapat Diinstal ke Disk Ini’

Saat penyebab kesalahan diatasi, semua komputer akan melakukan booting ke salah satu dari dua mode: UEFI atau BIOS. Jika komputer Anda berbasis UEFI, Anda harus menginstal Windows pada disk GPT. Demikian pula, jika komputer Anda berbasis BIOS, Anda perlu menginstal Windows pada disk MBR. Oleh karena itu, GPT tidak kompatibel dengan BIOS lama dan itulah sebabnya Anda menerima pesan galat “Windows Tidak dapat diinstal ke disk ini. Disk yang dipilih adalah gaya partisi GPT.” Setelah mengetahui alasannya, pemecahan masalah menjadi lebih mudah sekarang.

Metode 1. Konversi MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data

Seperti yang disebutkan, pesan kesalahan menunjukkan bahwa Windows di-boot dalam mode UEFI yang mengharuskan disk sistem menjadi gaya partisi GPT. Solusi langsung untuk “Disk yang dipilih adalah gaya partisi GPT” adalah mengubah disk MBR ke GPT. Kami sangat menyarankan Anda memilih metode yang tidak merusak data untuk melakukan konversi MBR ke GPT dengan EaseUS Partition Master, alat partisi canggih pihak ketiga yang mengubah MBR ke GPT dengan mudah tanpa kehilangan data.

Baca Juga  Cara mudah Install Plesk di Windows Server 2019

Mengalami masalah saat mem-boot sistem komputer Anda? Tidak masalah. Dengan manajer partisi EaseUS, Anda dapat membuat media bootable WinPE yang dikemas dengan EaseUS Partition Master pada USB, CD, atau DVD. Kemudian Anda dapat mem-boot komputer dari perangkat dan mengonversi disk GPT ke disk MBR dengan klik sederhana menggunakan alat ini. (Anda memerlukan komputer lain yang berfungsi untuk membuat USB/CD/DVD bootable WinPE.)

Metode 2. Ubah MBR ke GPT dengan Memformat Ulang Drive

Karena Anda mencoba menginstal Windows pada disk, Anda harus memiliki DVD atau USB penginstalan Windows, yang juga dapat Anda konversi ke GPT. Namun, metode ini mengharuskan Anda untuk menghapus drive secara manual dan mengubahnya menjadi GPT. Memformat ulang akan menghapus semua data pada drive. Oleh karena itu, jika data penting, jangan ragu untuk menyimpan data Anda dan mengubahnya menjadi GPT menggunakan EaseUS Partition Master. Atau, setidaknya buat cadangan lengkap sebelum memformat ulang drive.

Langkah 1. Matikan PC dan masukkan DVD atau USB instalasi Windows.

Langkah 2. Boot PC dari DVD atau USB.

Langkah 3. Di Pengaturan Windows, tekan “Shift + F10” untuk memulai Command Prompt.

Langkah 4. Masukkan perintah berikut secara berurutan:

  • diskpart
  • list disk
  • select disk
  • clean
  • convert gpt
  • exit

Langkah 5. Tutup Command Prompt.

Langkah 6. Lanjutkan penginstalan Windows.

Setelah konversi, drive akan muncul sebagai satu area ruang yang tidak terisi. Pilih ruang yang tidak terisi dan klik Berikutnya. Windows akan memulai instalasi tanpa mengirimkan kesalahan yang sama.

Metode 3. Boot ke Mode UEFI

Solusi ini tidak berlaku secara universal. Mengapa? Itu karena tidak semua komputer memiliki firmware yang kompatibel dengan UEFI dan BIOS. Meskipun sebagian besar desktop dan laptop yang menjalankan Windows 10 memiliki motherboard berbasis UEFI dengan mode kompatibilitas BIOS lama, ada beberapa harapan. Komputer lama yang menjalankan Windows 7 hanya mendukung mode BIOS lama dan Surface Pro terbaru hanya mengizinkan mode UEFI.

Baca Juga  9 Rekomendasi HP 5G 2021

Ketika Anda menerima “Windows Tidak dapat diinstal ke disk ini. Disk yang dipilih adalah gaya partisi GPT”, ini menunjukkan bahwa komputer Anda saat ini di-boot di BIOS lama. Untuk boot ke UEFI, Anda perlu memeriksa apakah firmware mendukung UEFI di BIOS dan kemudian mengubahnya jika mode tersedia.

Langkah 1. Matikan komputer Anda sepenuhnya.

Langkah 2. Nyalakan sistem. Setelah logo muncul, tekan tombol BIOS, baik itu Esc, Delete, F1, F2, F10, F11, atau F12, untuk masuk ke BIOS. (Umumnya, layar komputer akan menunjukkan kepada Anda apa kunci BIOS itu.)

Langkah 3. Gunakan tombol panah untuk memilih dan masuk ke tab “Boot”.

Langkah 4. Gunakan panah bawah untuk memilih UEFI.

Langkah 5. Simpan perubahan dan keluar dari BIOS.

Langkah 6. Lanjutkan penginstalan Windows.

Jika mode UEFI tidak tersedia, berarti komputer Anda hanya mengizinkan mode BIOS. Dalam situasi seperti itu, Anda hanya dapat mengubah GPT ke MBR untuk memperbaiki kesalahan “Windows tidak dapat diinstal ke disk ini”.

  • Bagikan