Apa Itu Android BloatWare ?

  • Bagikan
Apa Itu Android BloatWare ?

Jika Anda telah membeli ponsel Android dengan kontrak dari penyedia nirkabel, Anda mungkin memperhatikan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya di perangkat Anda. Aplikasi ini disebut bloatware, yang tidak diinginkan banyak pengguna. Masalahnya adalah, mereka sulit — jika bukan tidak mungkin — untuk dihapus. Untungnya, ada sesuatu yang dapat Anda lakukan tentang mereka.

Apa itu bloatware?

Bloatware adalah perangkat lunak yang sudah diinstal sebelumnya pada perangkat oleh operator seluler. Ini adalah aplikasi “nilai tambah”, yang mengharuskan Anda membayar ekstra untuk menggunakannya. Contoh aplikasi tersebut adalah layanan streaming musik yang dijalankan oleh operator.

Aplikasi ini sudah diinstal sebelumnya karena banyak operator memiliki kontrak dengan produsen untuk menginstalnya. Dengan kata lain, Anda tidak mendapatkan pilihan apakah itu diinstal pada perangkat Anda atau tidak.

Apakah bloatware buruk?

Bloatware seluler sering kali mendapat reputasi buruk meskipun tidak selalu buruk atau berbahaya. Beberapa pengguna bahkan menggunakan beberapa aplikasi bawaan perangkat. Karena itu, banyak yang mempermasalahkan fakta bahwa mereka tidak diberi pilihan apakah mereka ingin aplikasi ini dipasang di perangkat mereka.
Bisakah saya menyingkirkan bloatware?

Sayangnya tidak ada. Beberapa bloatware dapat dihapus, tetapi beberapa tidak dapat dihapus. Tapi jangan khawatir. Ada dua opsi yang dapat Anda pertimbangkan:

Nonaktifkan bloatware di perangkat Anda

Jika ponsel Anda berjalan pada Android 4.X dan yang lebih baru, Anda dapat menonaktifkan bloatware dengan mengikuti langkah-langkah ini.

Buka panel Pengaturan perangkat Anda dengan menggeser ke bawah dari atas layar dan memilih ikon orang dengan lima kotak, diikuti oleh Pengaturan.
Ketuk Aplikasi dan geser ke kanan untuk menyorot Semua di bagian atas.
Gulir ke aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan dan ketuk di atasnya.
Tekan Nonaktifkan.
Ketuk Ok di peringatan yang terbuka.
Setelah Anda melakukan ini, aplikasi akan dihapus dari layar beranda dan tidak lagi berjalan di latar belakang.

Baca Juga  4 Bocoran Smartphone Baru Nokia Beredar di Dunia Maya

Beli perangkat tanpa bloatware

Jika Anda membeli perangkat atau ingin meningkatkan ponsel Anda saat ini, pastikan untuk membeli perangkat tanpa bloatware. Sebagian besar ponsel yang dibeli secara terpisah dari operator tidak akan memiliki aplikasi khusus operator. Pertimbangkan untuk membeli di toko atau pengecer kotak besar daripada operator seluler.

Jika Anda tidak yakin apakah perangkat yang akan Anda beli memiliki bloatware, tanyakan kepada penjual atau baca ulasan online. Saat Anda membeli perangkat dari operator seluler, biasanya ada perjanjian ketentuan yang menunjukkan bahwa Anda mengizinkan mereka untuk menginstal aplikasi tertentu. Menandatangani kontrak ini berarti memberikan persetujuan Anda.

Salah satu kelemahannya adalah Anda harus membayar harga penuh untuk perangkat tersebut. Untuk beberapa, ini dapat diterima, sementara yang lain baik-baik saja dengan sedikit bloatware yang aneh jika mereka membayar lebih sedikit untuk perangkat mereka.

  • Bagikan