Perbedaan SEO dan SEM Yang Wajib Diketahui

  • Bagikan
Perbedaan SEO dan SEM Yang Wajib Diketahui
Perbedaan SEO dan SEM Yang Wajib Diketahui

Istilah SEO dan SEM sering salah digunakan secara bergantian. Mereka adalah dua metode berbeda yang digunakan untuk menjangkau audiens target mereka di mesin pencari seperti Google. Mesin pencari ini biasanya menampilkan dua jenis hasil pencarian: berbayar dan organik.

Hasil berbayar adalah hasil yang muncul saat perusahaan membayar klik Google, dan hasil organik adalah hasil yang dianggap paling relevan oleh Google untuk kueri penelusuran tertentu. Search Engine Optimization atau SEO berfokus pada pengoptimalan situs web untuk mendapatkan lalu lintas organik, dan SEM atau Pemasaran Mesin Pencari bertujuan untuk mendapatkan lalu lintas dari metode berbayar. Search Engine Marketing mencakup SEO dan PPC (Pay Per Click). Di blog ini, kita akan membahas topik-topik berikut dan memahami apa arti SEO vs SEM.

Apa itu SEO?
Apa itu PPC?
Apa itu SEM?
SEO vs SEM: Perbedaan dan Kesamaan
SEO vs SEM: Mana yang harus digunakan?
Kesimpulan

Apa Itu SEO ?

“SEO adalah seni dan ilmu membujuk mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo, untuk merekomendasikan konten Anda kepada pengguna mereka sebagai solusi terbaik untuk masalah mereka.” – Jason Barnard

Jenis-Jenis SEO (Search Engine Optimization)

SEO teknis

Technical SEO adalah jenis SEO yang fokus untuk memperbaiki struktur teknis sebuah website. Ini berfokus pada kecepatan situs, perayapan situs web, keamanan data, indeks, dan keramahan seluler.
SEO di halaman

SEO On-page adalah mengoptimalkan halaman web sedemikian rupa sehingga akan membantu mesin pencari untuk memahami isinya. Beberapa contoh SEO on-page adalah menggunakan URL yang pendek namun relevan, menggunakan tag judul dan deskripsi meta, menggunakan tag alt pada gambar di halaman web, menulis konten yang mudah dibaca, memasukkan kata kunci dalam konten, dan banyak lagi.
SEO di luar halaman

SEO di luar halaman berkaitan dengan proses pengoptimalan offline. Membangun tautan otoritatif di situs web peringkat tinggi lainnya adalah bagian dari pengoptimalan di luar halaman. Ini adalah proses di mana kami dapat membangun dan meningkatkan kepercayaan dari halaman web kami. Tidak hanya di mata pengguna kami tetapi juga di mata mesin pencari. Ketika mesin pencari seperti Google memperhatikan bahwa pengguna memercayai konten pada halaman tertentu, mereka mencoba memberi peringkat halaman ini lebih tinggi dalam hasil pencarian. Tautan balik, penyebutan merek oleh situs otoritas tinggi, dan mendapatkan ulasan positif adalah bagian dari taktik SEO di luar halaman.

Dengan bantuan upaya gabungan dari ketiga jenis SEO, kami akan dapat mencapai tujuan akhir kami untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi secara organik di SERP.

Baca Juga  Daftar Harga dan spesifikasi Set Top Box TV Digital Tersertifikasi Kominfo 2021

Apa itu PPC?

Pay Per Click atau PPC adalah bentuk periklanan di mana bisnis membayar mesin pencari seperti Google untuk mendapatkan klik dan memberi peringkat halaman web mereka lebih tinggi di SERP. Berikut adalah contoh di mana hasil pencarian pertama adalah iklan.

Search Engine Marketing adalah istilah yang mencakup SEO dan PPC. Beberapa orang melihat SEM dan PPC sebagai sinonim satu sama lain. SEM memanfaatkan teknik periklanan seperti Google Ads untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dan menjangkau audiens target.

Ini mencakup penyiapan dan pengoptimalan iklan berbayar yang akan membantu meningkatkan konversi dan laba atas investasi. SEM juga mencakup penelitian kata kunci yang membantu dalam merencanakan kampanye iklan bertarget.

Google Ads mencakup kampanye seperti:

Cari Iklan
Iklan Bergambar
Iklan Gmail
Iklan Belanja
Iklan YouTube

Ketika datang ke SEO, mungkin perlu berminggu-minggu dan berbulan-bulan untuk melihat hasilnya. Keuntungan utama dari SEM adalah kita dapat melihat hasil secara langsung. Kami dapat mendorong klik dan konversi dengan bantuan SEM dalam waktu singkat. Anda juga akan dapat mengontrol iklan yang ditampilkan, termasuk konten iklan dan target audiens. Idealnya, SEO dan SEM adalah bagian dari satu strategi yang membantu kami mengarahkan lalu lintas pelanggan ke situs web kami.

Apa Perbedaan antara SEO vs SEM?

1. Anda dapat dengan jelas melihat kata “Iklan” di atas hasil pencarian saat berada di bawah SEM
2. Di SEM, Anda membayar untuk klik atau tayangan

Dalam hal SEO, peringkat situs web Anda baik karena upaya organik seperti backlink, optimasi. Sedangkan di SEM, pengiklan diharuskan membayar setiap kali pengguna mengklik iklan atau untuk setiap seribu tayangan tergantung kampanye iklan. SEO gratis, dan SEM berbayar.

Baca Juga  Mengenal Fenomena Nadir Ka'bah, Waktu Meluruskan Arah Kiblat


3. SEO tidak dapat mendorong hasil langsung

Saat kampanye berbayar SEM ditayangkan, kampanye itu segera muncul di hasil pencarian setelah disetujui. Padahal, dalam SEO, mungkin perlu beberapa minggu atau bulan untuk menunjukkan hasil kecuali Anda tidak memiliki pesaing. Tidak memiliki persaingan sangat jarang karena mereka adalah ratusan perusahaan yang saling bersaing untuk mendapatkan peringkat di halaman pertama Google. Membangun strategi organik membutuhkan waktu lama dan lebih banyak usaha.


4. SEM tidak memberikan hasil kumulatif

Strategi SEO terdiri dari minggu dan bulan kerja untuk backlink dan menemukan teknik yang paling cocok untuk organisasi. Upaya-upaya yang dimasukkan ke dalam membangun strategi SEO dapat menuai manfaat selama beberapa waktu. Sedangkan dalam kasus SEM, ketika kampanye iklan selesai, dan iklan dimatikan, kami akan kehilangan visibilitas.


5. SEM lebih mudah untuk diuji

Di bawah pemasaran mesin pencari, kebutuhan untuk merevisi salinan iklan Anda, memilih audiens baru yang akan ditargetkan lebih tinggi. Karena itu, SEM selalu membutuhkan pengujian. Perubahan perlu dilakukan pada halaman arahan Anda untuk setiap kampanye yang berbeda. Pengujian tidak memakan banyak waktu, karena sebagian besar data tersedia dan hasilnya diberikan kepada kami dengan cepat.

Dalam SEO, kita tidak bisa menguji apakah itu akan berhasil atau tidak semudah kita menguji SEM. Algoritme membutuhkan waktu untuk mempertimbangkan perubahan yang dibuat, merayapi halaman, mengenali tautan balik, dll. Dengan demikian, strategi SEO Anda adalah proses yang lebih lambat dan tidak dapat diuji dengan mudah.

Meskipun istilahnya berbeda satu sama lain, mereka serupa dalam beberapa hal. Mari kita lihat persamaan-persamaan ini.

Tingkatkan visibilitas situs web Anda
Dorong lalu lintas yang relevan dan berkualitas ke situs web Anda
Dapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang audiens Anda
Gunakan riset kata kunci untuk mengarahkan lalu lintas
Memerlukan pengoptimalan berkelanjutan

Baca Juga  Kesemek: Buah Bedak Kaya Manfaat

SEO vs SEM: Mana yang harus digunakan?


Sekarang setelah Anda mengetahui persamaan dan perbedaan antara kedua istilah tersebut, mari kita pahami strategi mana yang harus Anda gunakan, dan kapan. Untuk memutuskan mana yang akan digunakan, kita harus mempertimbangkan poin-poin berikut:

Tujuan Khusus

Jika tujuan Anda adalah mendapatkan lalu lintas dengan cepat atau menguji kampanye tertentu, Anda dapat memilih SEM/PPC. Jika tujuan Anda adalah pertumbuhan jangka panjang, Anda dapat memilih strategi SEM.

Kinerja yang ada

Jika perusahaan Anda sudah memiliki visibilitas yang baik secara organik, memanfaatkan SEM untuk meningkatkan kinerja ini dan meningkatkan lalu lintas mungkin merupakan pilihan yang baik.

Margin Anda

Jika kampanye Anda memiliki biaya tinggi dan klik rendah, tidak masuk akal untuk terus berinvestasi di SEM tanpa evaluasi dan pengujian lebih lanjut. Dalam situasi seperti ini, mungkin terbukti lebih bermanfaat untuk menggunakan praktik terbaik SEO.

Tapi, ini berarti bahwa kami berencana untuk menggunakan salah satu dari strategi tersebut. Pada kenyataannya, memanfaatkan kombinasi keduanya jauh lebih bermanfaat karena Anda dapat menggunakan wawasan dari kampanye SEM Anda untuk meningkatkan kinerja SEO Anda. Anda dapat memasarkan ulang kampanye Anda dengan memastikan bahwa kata kunci dan praktik SEO lainnya diikuti. Dan dengan demikian, dengan menggabungkan kedua upaya tersebut, Anda dapat mencapai efektivitas maksimum dan peringkat lebih tinggi di SERP.
Kesimpulan

SEM dan SEO sama-sama penting bagi perusahaan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Dalam situasi tertentu, SEO mungkin menjadi jawabannya, dan dalam kasus lain, SEM mungkin menjadi solusinya. Terkadang, kombinasi keduanya. Daftar dengan Kursus Pemasaran Digital Strategis Great Learning dan pelajari lebih banyak konsep semacam itu.

  • Bagikan