5 Situs Cek SpeedTest Internet Yang Wajib Kalian Coba

  • Bagikan
5 Situs Cek SpeedTest Internet Yang Wajib Kalian Coba
5 Situs Cek SpeedTest Internet Yang Wajib Kalian Coba

Menguji kecepatan internet yang kalian gunakan sesekali perlu dilakukan untuk mengetahui kualitas layanan dari provider yang kalian gunakan ataupun pada lokasi dimana kalian berada ( bagi kalian yang menggunakan koneksi GSM / CDMA ).

Pada artikel ini kami akan membahas 5 Situs cek speedtest yang dapat kalian gunakan untuk menguji seberapa cepat layanan internet yang kalian gunakan.

Sebelum memulai, perlu diketahui bagi kalian yang menggunakan layanan internet fiber optic seperti Indihome, My Republic dan layanan lainnya kecepatan internet dipengaruhi dari jenis paket yang kalian pilih. Sedangkan bagi kalian yang menggunakan Provider sellular lokasi dan jarak dari BTS sangat mempengaruhi kecepatan internet yang kalian gunakan.

5 Situs Cek Speedtest dan Cara menggunakannya

Speedtest.net

Di urutan pertama ada Speedtest by Ookla yang sudah sangat terkenal dan paling banyak digunakan oleh pengguna internet yang ingin melakukan uji coba kecepatan internet.

Cara Cek Kecepatan Internet Menggunakan Speedtest

Untuk menguji kecepatan internet menggunakan speedtest.net kalian bisa menggunakan aplikasi android atau iOS dan juga melalui situs resminya.

Untuk cek speedtest menggunakan aplikasi android kalian cukup mengunduh aplikasi speedtest.net pada Playstore atau App store, Install kemudian buka aplikasi tersebut dan pada layar utama silahkan kalian klik Mulai lalu tunggu hingga pengecekkan selesai dilakukan dan kalian akan mendpatkan hasil seperti dibawah ini

hasil speedtest menggunakan aplikasi speedtest.net android

Selain menggunakan aplikasi, kalian bisa langsung mengunjungi situs Speedtest.net kemudian klik Mulai lalu tunggu hingga proses selesai maka kalian akan mendapatkan hasil seperti dibawah ini.

Baca Juga  Kumpulan Config HTTP Injector 2021 Paling Update
hasil cek kecepatan internet menggunakan situs speedtest.net

Speedtest.cbn.id

Pada urutan kedua ada speedtest.cbn.id milik Cyberindo aditama yang juga merupakan tools penguji kecepatan internet yang kalian gunakan. Untuk melakukan uji kecepatan internet melalui tools yang satu ini kalian hanya perlu mengunjungi situs resminya speedtest.cbn.id.

Setelah situs terbuka kalian cukup klik GO lalu tunggu hingga proses pengujian berlangsung dan menunjukkan hasil dari kecepatan internet yang kalian gunakan seperti dibawah ini.

hasil speedtest cbn

Fast.com

Diurutan ketiga ada Fast.com yang jug merupakan tools untuk menguji kecepatan internet kalian. Untuk menggunakan Tools yang satu ini kalian hanya perlu mengunjungi situs fast.com kemudian klik GO dan tunggu hingga proses pengecekkan selesai hingga menunjukkan hasil uji kecepatan internet yang kalian gunakan seperti gambbara dibawah ini.

hasil speedtest menggunakan fast.com

My Republic

Urutan keempat ada My Republic. Tak hanya sebagai penyedia layanan internet fiber, My Republic juga memiliki tools penguji kecepatan internet. Untuk melakukan uji kecepatan silahkan kalian kunjungi myrepublic.co.id/tes-kecepatan kemudian klik tombol Mulai lalu tunggu hingga selesai dan kalian akan mendapatkan hasil seperti dibawah ini.

hasil speedtest my republic

Speedtest Google

Di urutan kelima adalah tools penguji kecepatan milik Google yang wajib kalian coba juga. Tool penguji kecepatan yang satu ini mungkin belum terlalu banyak yang mengetahuinya dibandingkan dengan 4 tools diatas.

Untuk melakukan uji kecepatan internet menggunakan speedtest Google silahkan kalian kunjungi https://projectstream.google.com/speedtest dan klik tombol Check Now lalu seperti biasa kalian wajib menunggu hingga proses selesai dan menunjukkan hasil seperti berikut.

hasil uji kecepatan internet menggunakan speedtest google

Kesimpulan

Setiap tools yang kalian gunakan akan menunjukkan hasil yang berbeda dikarenakan lokasi server pengujian yang berbeda.

Untuk lebih maksimal, ketika melakukan ujicoba pastikan hanya perangkat kalian saja yang terkoneksi alias matikan semua perangkat yang terhubung ke jaringan internet kalian.

  • Bagikan