Kelebihan dan kekurangan AMP Untuk Website dan SEO 2021

  • Bagikan
kelebihan dan kekurangan amp
kelebihan dan kekurangan amp

Kata-kata AMP tetntunya sudah tidak asing didengar oleh para pemilik website. Namun apakah kalian telah mengetahui apa sih amp itu terus kelebihan dan kekurangan amp untuk website dan SEO apa saja?

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai pengertian amp, kelebihan dan kekurangan memakai amp pada website yang kalian miliki.

Apa Itu AMP ?

Accelerated Mobile Pages atau biasa disebut AMP adalah program open source dari Google yang bertujuan untuk mempercepat loading sebuah website. Project AMP sendiri dimulai dan diumumkan secara resmi oleh Google pada bulan Oktober 2015 Silam.

Seperti kita ketahui, pengguna internet terbanyak diseluruh dunia menggunakan Ponsel dan Google pun saat ini lebih memprioritaskan user experience untuk pengguna ponsel pada laman pencariannya sehingga para pemilik website berlomba-lomba agar website yang mereka miliki ramah dan cepat untuk user yang menggunakan ponsel.

Pada awalnya website yang menggunakan AMP sangat mudah diketahui ketika kita mencari sesatu di Google search dengan logo petirnya, namun beberapa waktu lalu Google mengubah kebijakannya dan menghilangkan logo tersebut.

Kelebihan Menggunakan AMP

Dibuatnya Project AMP ini tentunya memiliki kelebihan bagi website yang menggunakannya, adapun kelebihan menggunakan amp pada website sebagai berikut :

1. Prioritas Dalam Pencarian Mobile

Ya, dengan menggunakan AMP maka situs kalian memiliki prioritas dalam Google search terfokus pada pengguna yang melakukan searching menggunakan ponsel maupun tablet.

Baca Juga  Apa Itu Backlink? Backlink Checker dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas 2021

2. Loading Super Cepat jika membuka dari Dari Google Search

Menggunakan amp akan membuat situs kalian yang telah terindeks memiliki loading yang super cepat jika membukanya melalui Google Search karena situs atau artikel kalian akan masuk dalam amp cache Google. Pada beberapa kasus kecepatan membuka website atau artikel hanya memerlukan waktu 1 hingga 3 detik saja.

3. Mengurangi Beban Server Website

Dengan dicachenya laman website kalian pada server cache amp Google tentunya membuat server hosting yang kalian gunakan menggunakan sedikit beban meski ribuan user membuka artikel yang sama dalam satu waktu. Namun perlu diingat hal ini berjalan apabila user membuka artikel kalian dari laman pencarian Google ya.

4. Loading Website Lebih Cepat Meski Tidak melalui Google Search

Jika kalian menggunakan AMP dan mengaturnya otomatis redirect ke amp untuk pengguna ponsel dan tablet maka kecepatan website kalian akan lebih cepat dibandingkan dengan tampilan biasa ataupun tampilan mobile karena laman amp menggunakan script tersendiri dan ampilan tersendiri.

5. Dokumentasi dan Dukungan Lengkap

AMP sendiri memiliki dokumentasi yang sanga lengkap dan dukungan di berbagai forum juga sangat banyak sehingga bagi kalian yang ingin melakukan modifikasi atau memiliki kendala dalam penggunakan amp dapat dengan mudah menemukan solusinya.

Selain itu Dukungan untuk amp sendiri sangat banyak dan untuk beberapa pengiklanpun telah memiliki script khusus untuk tampilan amp.

6. Support banyak Theme

Hampir seluruh theme WordPress saat ini telah support laman amp sehinga memudah kalian dalam menggunakannya dan juga secara otomatis pengunjung yang menggunakan ponsel atau tablet diarahkan ke laman amp.

Itulah tadi beberapa kelebihan menggunakan amp untuk website yang kalian miliki. Adanya kelebihan pasti ada juga kekurangan menggunakan amp ya, lantas apa saja sih kekurangan menggunakan amp? berikut adalah beberapa kekurangan menggunakan amp pada website kalian

Kekurangan Menggunakan AMP

1. Tampilan Sederhana

Bagi kalian yang senang membuat tampilan website yang unik atau khusus agar nampak elok dari sisi pengguna maka kalian harus gigit jari jika menggunakan amp karena amp secara otomatis membuat tampilan kalian menjadi sederhana karena adanya pembatasan dari sisi CSS dan juga JS.

Baca Juga  Vultr VS Digital Ocean, Mana Yang Lebih Bagus 2021

2. Terbatasnya Java Script yang dapat digunakan

AMP membatasi penggunaan Java Script untuk memperoleh kecepatan dan tampilan yang maksimal bagi pengguna ponsel maupun tablet. Hanya Javascript yang diijinkan saja yang dapat digunakan pada laman AMP. Hal ini tentu saja mengakibatkan tidak semua plugin juga bisa digunakan pada laman amp ya.

3. Wajib Menggunakan SSL

Pastikan kalian telah memasang SSL pada situs kalian sebelum menggunakan AMP. karena untuk mendapatkan dukungan penuh AMP kalian wajib menggunakan SSL.

Itulah tadi beberapa kekurangan menggunakan AMP pada website yang kalian miliki. Selanjutnya kita akan membahas mengenai rekomendasi Cara menginstall AMP dan cara mengecek valid atau tidaknya halaman amp kalian, simak terus ya.

Cara Menginstall AMP pada WordPress

cara install plugin amp di wordpress

Bagi kalian yang membuat website menggunakan CMS WordPress gak terlalu sulit untuk membuat website yang kalian miliki support AMP karena saat ini telah banyak theme maupun plugin yang bisa kalian gunakan.

Install AMP melalui Theme WordPress

Untuk langkah yang satu ini kalian wajib melakukan pengecekkan terlebih dahulu pada theme yang kalian gunakan apakah sudah support dan include amp atau belum. Karena pada beberapa theme ada yang sudah include amp tampa harus mengaturnya dan ada juga yang merekomendasikan menggunakan plugin amp.

Adapun beberapa contoh theme yang telah include amp adalah theme milik kentooz seperti yang kami gunakan pada situs kami ini yang telah include amp tanpa harus melakukan instalasi. Sedangkan beberapa contoh theme yang support namun harus menginstall plugin amp seperti Newspaper dari tagdiv dan Jnews.

Install AMP Menggunakan Plugin

Untuk membuat website kalian menjadi dan support amp kalian bisa menggunakn plugin dan ada banyak sekali plugin amp yang dapat kalian gunakan. Tentunya masing-masing plugin memiliki cara tersendiri dalam melakukan settingnya ya. Meski demikian dari semua plugin amp ada beberapa plugin yang kami rekomendasikan untuk kalian gunakan :

Baca Juga  Apa Itu Wordpress Hosting dan Manage Wordpress Hosting 2021?
  1. Plugin AMP By AMP Project Contibutor : Plugin yang satu ini merupakan plugin resmi AMP dan sangat simple untuk menggunakannya tanpa perlu banyak pengaturan karena telah ada wizard pengaturan ketika kalian pertama kali menginstallnya
  2. Plugin AMP For WP : Plugin ini merupakan plugin buatan developer yang juga banyak digunakan karena memiliki banyak template tampilan yang banyak dan kalian bisa langsung menempatkan kode iklan adsense melalui pengaturan plugin tersebut. Plugin ini hadir dalam 2 versi yaitu gratis dan berbayar, untuk versi berbayarnya kalian bisa menggunakan seluruh template namun pada versi gratisnya hanya sedikit template dan fitur yang bisa digunakan.

Cara Install

Untuk menginstall plugin AMP silahkan ikuti langkah berikut :

  1. Masuk ke dashboard WordPress kalian menggunakan akun administrator
  2. Pilih menu Plugin
  3. Pilih Sub menu tambah baru
  4. Pada kolom pencarian kalian bisa ketikkan amp kemudian search
  5. silahkan install dan aktifkan plugin yang ingin kalian gunakan
  6. Ikuti langkah selanjutnya yang diberikan oleh plugin yang kalian gunakan

Apakah AMP Berpengaruh Ke SEO dan Rank Google Search ?

Mungkin sebagian dari kalian ada yang bertanya kalo pakai amp apa berpengaruh ke SEO dan Rank di Google search? Perlu diketahui menggunakan amp ada pengaruhnya ke SEO karena loading website kalian cepat namun jika ditanya mengenai rank Google AMP tidak ada pengaruhnya karena untukmencapai Rank 1 atau page one Google search ada banyak sekali caranya.

Kesimpulan

Menggunakan AMP membuat situs kalian lebih cepat karena amp memang dikhususkan untuk pengguna ponsel dan table serta akan tercache pada Google amp cache.

Bagi kalian yang ingin tampilan situs keren adn menarik menggunakan amp akan menghambat kalia karena amp membatasi penggunaan Javascript dan CSS.

Penulis: AnggaEditor: dwg
  • Bagikan