Software Pencari Driver Terbaik Untuk PC / Laptop 2021

  • Bagikan
Software Pencari Driver Terbaik Untuk PC / Laptop 2021
Software Pencari Driver Terbaik Untuk PC / Laptop 2021

Software Pencari DriverDriver merupakan sebuah program yang menghubungkan antara Perangkat keras dengan PC maupun laptop yang kalian gunakan.

Driver dibutuhkan ketika kalian melakukan instalasi atau re-install sistem operasi pada pc atau laptop. Ada banyak sekali driver yang akan kalian butuhkan setelah melakukan instalasi karena tidak semua driver Builtin pada sistem operasi yang kalian gunakan seperti driver VGA, Driver LAN Card, Driver printer dan driver-driver lainnya.

Sebenarnya driver telah disediakan pada saat kalian membeli pc, laptop atau hardware lainnya, namun terkadang driver yang diberikan tidak sesuai dengan sistem operasi yang kalian gunakan saat ini. Untuk itu kalian butuh sebuah program atau software pencari driver agar seluruh perangkat keras yang kalian gunakan dapat berfungsi dengan normal.

Kenapa harus menggunakan software pencari driver jika memang driver ada pada paket pembelian? Menggunakan softare pencari driver sangat berguna karena dengan satu program ini sudah dapat mendeteksi dan menginstall seluruh hardware yang membutuhkan driver dan apabila kalian terhubung dengan internet maka secara otomatis kalian akan mendapatkan driver versi terbaru.

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai software pencari driver terbaik yang dapat kalian gunakan. Ada apa saja ? Simak terus ya.

Daftar Software Pencari Driver Terbaik

1 DriverPack Solution

Software pencari driver terbaik driverpack solution
Driverpack Solution Merupakan software pencari driver terbaik yang paling banyak digunakan

Diurutan pertama ada Driverpack Solution yang sudah sangat familiar dikalangan pengguna maupun toko-toko komputer. Software buatan Kuzyakov Artur memiliki tampilan yang simple dan sangat mudah dimengerti karena cukup satu kali klik saja maka secara otomatis software ini akan melakukan scanning keseluruhan pc atau laptop yang kalian gunakan dan akan melakukan instalasi driver yang dibutuhkan.

Driverpack solutin memiliki dua metode untuk penginstallan driver yaitu mode online dan offline. Pada kedua mode ini tidak ada perbedaan sama sekali dalam proses scanning dan penginstallan. Yang membedakan hanyalah jika kalian menginstall driverpack versi online kalian membutuhkan koneksi internet yang stabil karena seluruh driver akan diunduh menggunakan internet.

Baca Juga  Mengatasi Remove BG Error 2021

Sedangkan pada mode offline, kalian tidak perlu memiliki akses internet dalam melakukan instalasi driver karena seluruh driver sudah tersedia dalam paket instalasi driverpack mode offline. Namun untuk mode offlie, driverpack memiliki ukuran yang cukup besar yaitu diatas 10 GB sedangkan pada mode online hanya berukuran sekitar 300 KB saja.

Jika ditanya mengenai pilihan tentunya kami sangat merekomendasikan untuk menginstall driverpack mode online karena selain memiliki ukuran yang ringan, driver yang diinstal merupakan driver versi baru alias terupdate tidak seperti mode offline karena driver yang digunakan sudah ada pada paket instalasinya.

Link Driver Pack Solution

2 Snappy Driver Installer

Snappy Driver Installer

Diurutan yang kedua ada snappy driver installer yang juga merupakan sebuah software pencari driver yang layak kalian coba. Yang membuat software ini berbeda dari yang lainnya adalah kalian dapat menggunakan snappy driver tanpa harus menginstalnya alias aplikasi portable.

Sama seperti driverpack, snappy driver juga memberikan 2 pilihan yaitu versi online dan offline. Untuk versi offlinenya sendiri memiliki ukuran file 10 GB sedangkan untuk versi onlinenya hanya membutuhkan penyimpanan sebesar 4 MB.

Software ini akan melakukan scanning full terhadap pc atau laptop yang kalian gunakan pada saat pertama kali aplikasi ini dibuka. Kalian dapat melakukan instalasi semua atau kalian dapat memilikih driver mana yang ingin kalian install.

Link Snappy Driver

3 Sam Driver

sam driver merupakan software pencari driver pc dan laptop

Pada urutan ketiga ada Sam Driver besuan SamLab yang wajib kalian coba juga karena software ini juga merupakan sofware gratis loh. Sam driver juga memberikan dua pilihan software yaitu offline dan online, dimana pada mode online kalian wajib memiliki koneksi internet yang stabil.

Untuk menggunakan software ini secara offline kalian harus mengunduh file Sam Driver yang berbentuk ISO yang memiliki ukuran 10GB.

Software sam Driver ini juga support dan dapat digunakan hampir seluruh sistem operasi Windows, jadi kalian gak perlu ragu untuk memaki software yang satu ini.

Link Sam Driver

4 Driver Talent

driver talent

Posisi keempat ditempati oleh Driver talent yang pada awalnya software ini bernama DriveTheLife. Setelah kalian melakukan instalasi driver talent, maka software tersebut akan melakukan scanning full pc atau laptop yang kalian gunakan ketika kalian pertama kali membuka program tersebut.

Baca Juga  Apa Itu Router? Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya Lengkap 2021

Tak hanya melakukan instalasi, driver talent dapat menemukan driver yang hilang ataupun rusak pada pc atau laptop yang kalian gunakan, Driver talent sendiri bekerja menggunakan koneksi internet karena seluruh driver yang akan diinstal melalui mode online.

Namanya juga secara online, sudah dipastikan driver yang akan diinstal merupakan driver paling baru ya. Driver talent memiliki tampilan sederhana yang mudah dimengerti sekalipun kalian baru pertama kali menggunakannya.

Link Driver Talent

5 Driver Booster

driver booster

Urutan kelima ada Driver Booster yang juga sudah sangat familiar dan banyak digunakan oleh penggunanya terlebih bagi pengguna yang hobby bermain game karena software yang satu ini juga memiliki fungsi pendeteksi otomatis komponen-komponen yang diperlukan dalam bermain game.

Driver booster bekerja secara online dan membutuhkan koneksi internet untuk melakukan instalasi driver yang dibutuhkan. Driver yang diunduh dan diinstall merupakan driver terbaru, Driver Booster juga dapat medeteksi secara otomatis driver-driver yang menggunakan versi lama dan akan memperharui ke versi paling update. tentunya hal ini sangat bermanfaat buat kita karena driver yang update memiliki kelebihan dibandingkan versi lamanya.

Kelebihan Software yang satu ini adalah memiliki fitur restorepoint dimana kalian dapat melakukan rollback ke posisi awal sebelum instalasi driver apabila terjadi masalah setelah install driver. Driver Booster meiliki 2 versi yaitu versi gratis dan berbayar, versi berbayar tentunya lebih powerfull dibandingkan versi gratisnya ya.

Link Driver Booster

6 Driver Easy

driver easy

Posisi keenam ada Driver easy yang masuk dalam software pencari driver terbaik pilihan kami karena memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk menemukan berbagai macam driver yang dibutuhkan.

Software yang satu ini juga memiliki lebih dari 8 juta database driver lengkap loh, jadi gak perlu ragu juga untuk menggunakan software yang satu ini..

Untuk menggunakan Driver easy kalian wajib memiliki koneksi internet ya. Driver easy dapat digunakan oleh seluruh sistem operasi windows.

Link Driver Easy

7 DriverMAX

drivermax

DriverMax memiliki fitur yang dapat disesuaikan dengan keinginan penggunanya dalam hal instalasi driver yang dibutuhkan. Kalian dapat melakukan instalasi seluuruh driver atau hanya sebagian saja yang kalian butuhkan.Driver Max juga memiliki database driver yang sangat banyak loh, ada lebih dari 2,3 juta jenis driver yang tersedia pada database DriverMax.

DriverMax memiliki fungsi yang banyak diantaranya melakukan instalasi, update driver dan dapat mengidentifikasi permasalah yang ada pada pc atau laptop windows baik 32 bit atau 64 bit.

Link DriverMax

8 Free Driver Scout

free driver scout

Masuk dalam kategori software pencari driver terbaik pilihan kami,free driver scout mempunyai tampilan sangat sederhana dan menu yang sangat mudah digunakan dan memiliki fitur auto update driver yang akan memastikan seluruh driver pada pc atau laptop kalian selalu pada versi terbaru.

Baca Juga  Kumpulan Driver Printer Epson Lengkap 2021

Free driver scout ini dapat digunakan hampir dseluruh sistem operasi windows.

Link Free Driver Scout

9 Cobra Driver Pack

cobra driver pack

Cobra driver pack gak jauh beda dengan software pencari driver lainnya yang memiliki fungsi scanning dan instalasi driver yang dibutuhkan oleh pc atau laptop kalian tanpa memerlukan koneksi internet.

Ukuran file cobra driver pack sendiri tidak terlalu besar hanya sekitar 4.5 GB saja. Sayangnya cobra driver pack hanya dapat digunakan hingga sistem operasi windows 8 saja. Untuk kalian yang menggunakan windows 10 kami lebih merekomendasikan untuk menggunakan software lainnya.

Link Cobra Driver Pack

10 AVG Driver Installer

avg driver installer

Urutan kesepuluh ada AVG Driver Installer, pastinya kalian sudah mengetahui AVG ya, AVG merupakan salah satu developer antivirus terbaik buat sistem operasi windows. tak hanya bermain di antivirusm AVG juga memiliki software pencari driver yang dinaman AVG Driver Installer.

Software yang satu ini tersedia dalam versi berbayar, meski demikian kalian dapat mencobanya terlebih dahulu karena AVG memberikan free trial untuk softwarenya yang satu ini.

Untuk menggunakan AVG Driver Installer kalian memerlukan koneksi internet yang stabil karena driver yang akan diinstal akan diunduh dari database driver milik AVG.

Link AVG Driver Installer

11 Driver Identifier

driver identifier

Driver identifier merupakan software pencari driver portable yang dapat kalian gunakan tanpa melakukan instalasi programnya.

Driver identifier memiliki fitur yang cukup banyak dan dapat melakuka instalasi driver secara otomatis untuk sistem operasi windows hingga windows 10.

Namanya portable, tentunya software ini tidak dibekali driver dalam paket unduhannya melainkan menggunakan koneksi internet untuk mengambil driver yang dibutuhkan dari database mereka.

Link Driver Identifier

12 Smart Driver Care

smart driver care

Smart Driver care memiliki kelebihan dapat melakukan update software yang ada pada pc atau laptop kalian secara otomatis selain fungsi utamanya untuk instalasi dan update driver.

Smart Driver care juga memiliki fitur Restore atau rollback ke kondisi awal apabila terjadi masalah setelah melakukan instalasi ataupun update.

Link Smart Driver Care

Itulah tadi Software Pencari Driver Terbaik Untuk PC / Laptop 2021 yang dapat kalian gunakan untuk melakukan instalasi driver yang kalian butuhkan.

  • Bagikan