Cara Menambahkan Domain di CWP CentOS 7 dan CentOS 8

  • Bagikan
Cara Menambahkan Domain di CWP CentOS 7 dan CentOS 8
Cara Menambahkan Domain di CWP CentOS 7 dan CentOS 8

Setelah sebelumnya kami memberikan cara install CWP di centos 7 dan CWP di Centos 8 beserta konfigurasinya, kali ini kami akan memberikan tutorial dan cara menambahkan domain di CWP yang dapat dipraktekkan untuk pengguna CentOS 7 dan juga CentOS 8.

Baik centos 7 maupun 8 sama-sama dapat diinstal CentOS Web Panel ( CWP ). Yang membedakan antara keduanya hanya pada pengetikkan perintahnya saja.

Menambahkan domain pada CWP ini sangat penting ketika kalian ingin membuat sebuah website, tanpa adanya domain tentu saja website kalian akan susah dijangkau oleh pengunjung. Setelah memiliki domain pun kalian wajib mengarahkan IP Addressnya ke server website yang kalian buat, Untuk menambahkan domain di CWP berikut Langkahnya.

Langkah Menambahkan Domain di CWP

Langkah 1 Persiapan

Sebelum menambahkan domain pada CentOS Web Panel tentunya ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi ya diantaranya :

  1. Telah menginstall CentOS Web Panel ( CWP )
  2. Telah memiliki domain
  3. Telah mengarahkan IP Address tepatnya A Record domain ke server ( bisa menggunakan domain manajemen dari registar domain atau DNS Managejemen lainnya )

Setelah semua persiapan diatas terpenuhi maka kita mulai ke langkah selanjutnya

2. Menambahkan Domain

Untuk menambahkan domain di CWP hal pertama yang wajib kalian lakukan adalah login ke CWP itu sendiri. Untuk alamat CWP sesuaikan dengan alamat IP server kalian diikuti dengan port ( contoh : 123.123.123.13:2031) dimana 2031 merupakan port default CWP dan kalian akan diarahkan ke halaman login CWP seperti gambar dibawah ini

cara menambahkan domain di CWP
menambahkan domain di CWP

Pada halam login silahkan kalian login menggunakan user dan password yang telah kalian miliki, untuk defaultnya username : admin dan password merupakan password root server kalian.

Baca Juga  Cara Install Wordpress Di Windows ( Komputer / Laptop ) Lengkap Migrasi Ke Hosting 2021

Setelah login kalian akan diarahkan ke halaman dashboard CentOS Web Panel ( CWP ) kemudian kalian pilih menu User Account pada kolom kiri dashboard dilanjutkan klik menu NewAccount maka akan muncul pilihan seperti gambar dibawah ini

pilihan menambahkan domain di cwp

Pada tampilan seperti gambar diatas ada beberapa kolom yang wajib kalian isi yaitu :

  1. Domain Name : ini wajib diisi dengan nama domain yang telah kalianmiliki dan telah mengarahkan IP addressnya ke server.
  2. Username : ini wajib kalian isi dengan user name kalian
  3. Password : ini wajib kalian isi dengan password kalian
  4. Admin Email : wajib kalian isi dengan alamat email kalian yang aktif
  5. Server IPs : biarkan default saja
  6. Package : bisa kalian pilih atau biarkan defaultnya saja
  7. Reseller : apabila user tersebut merupakan reseller hosting kalian
  8. Inode : pilih 0 untuk unlimited
  9. Jumlah file : biarkan 0 untuk unlimited

Setelah kalian isi semua kolom selanjutnya adalah klik tombol Create yang terletak di bawah pilihan untuk membuat domain serta user account tersebut. Setelah selesai kalian dapat login menggunakan username dan password yang telah kalian buat dan mengatur server website kalian.

Itulah tadi Cara Menambahkan Domain di CWP CentOS 7 dan CentOS 8 yang dapat kalian lakukan. Semoga dapat membantu.

Kesimpulan

Menambahkan domain dilakukan oleh administrator server atau CWP. Kalian wajib melakukan cara diatas setiap kali ingin menambahkan domain.

Wajib dipastikan domain yang kalian beli telah mengarah ke ip server agar dapat diakses melalui domain name bukan melalui IP Address.

Setiap domain memiliki username dan akun yang berbeda, apabila seluruh website milik kalian maka kalian perlu mencatat setiap username dan password masing-masing domain.

Apabila kalian tidak dapat mengakses CWP menggunakan domain pastikan domain kalian telah mengarah ke server dengan melakukan pengecekkan menggunakan tools DNS Checker untuk memastikan IP address domain yang kalian miliki adalah IP adress server CWP.

Baca Juga  Linode VS Digital Ocean, Fitur, Harga dan Bechmark November 2021

Apabila kalian belum memiliki CWP pada server, kalian dapat melihat tutorial install cwp di centos 7 atau centos 8 yang telah kami buatkan artikelnya sebelum artikel ini.

Pastikan Password yang kalian gunakan tidak mudah ditebak ya tapi kalian mudah mengingatnya. Jangan sampai kalian menggunakan password yang mudah karena kita tidak akan tau kapan serangan atau orang iseng ke server website kita.

Tetap kunjungi cakrawalarafflesia.co.id untuk mendapatkan informasi serta update terbaru seputar teknologi

  • Bagikan