Cara Install WordPress Standalone Di Dewacloud Platform as a Service ( PaaS ) 2021

  • Bagikan
Cara Install Wordpress Standalone Di Dewacloud Platform as a Service ( PaaS ) 2021
Cara Install Wordpress Standalone Di Dewacloud Platform as a Service ( PaaS ) 2021

Install WordPress Standalone Di Dewacloud — Setelah sebelumnya kita mengenal layanan terbaru dari dewaweb yaitu Dewacloud Platform as a Service ( PaaS ) serta banyaknya aplikasi yang dapat kita install pada layanan tersebut dimana diantaranya ada WordPress pada menu Marketplacenya yang dapat kita gunakan untuk membangun website yang kita miliki.

Pada artikel ini kami akan membahas Cara Install WordPress Di Dewacloud Platform as a Service ( PaaS ) agar dapat membantu kalian dalam membangun website menggunakan CMS di Dewacloud.

Cara Install WordPress Di Dewacloud Platform as a Service ( PaaS )

Login ke panel Dewacloud Platform as a Service ( PaaS )

Langkah pertama pastinya kalian harus login terlebih dahulu ke panel dewacloud Paas menggunakan akun yang kalian miliki ya.

Pilih Menu Marketplace

Selanjutnya adalah memilih menu marketplace yang terletak pada sisi atas dashboard dewacloud seperti gambar dibawah ini :

Cara Install WordPress Standalone Di Dewacloud Platform as a Service ( PaaS )
Cara Install WordPress Standalone Di Dewacloud Platform as a Service ( PaaS ) 2021

Pilih Content Management

Ada banyak sekali pilihan pada Marketplace dewacloud PaaS ini, namun untuk menginstall WordPress kalian dapat memilih menu Content Management kemudian klik logo WordPress Standalone Kemudian klik Install.

Cara Install WordPress Standalone Di Dewacloud Platform as a Service ( PaaS ) 2021 2

Pengaturan Instalasi WordPress Standalone

Setelah kalian klik install maka akan muncul popup pengaturan wordpress standalone sebelum kalian melanjutkan instalasi.

Cara Install WordPress Standalone Di Dewacloud Platform as a Service ( PaaS ) 2021 3

Untuk advance features, kalian bisa pilih sesuai dengan yang kalian butuhkan, sedangkan pda kolom environment bisa kalian biarkan default atau bisa kalian ubah sesuai keinginan kalian.

Pada kolom display name dapat kalian ubah sesuai yang kalian inginkan dan pada region kalian dapat memilih region yang kalian mau ya, setelahnya klik Install dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Baca Juga  Cara Mudah Mengatasi RDP Tidak Bisa Download Melalui Internet Explorer 2021
Cara Install WordPress Standalone Di Dewacloud Platform as a Service ( PaaS )

Username dan Password Login WordPress

Setelah selesai proses instalasi maka kalian akan mendapatkan popup yang memberikan informasi mengenai username serta password yang dapt kalian gunakan untuk login ke WordPress kalian.

Mengubah Domain

Setelah proses instalasi selesai dan kalian sudah dapat mengakses website yang kalianbuat maka langkah selanjutnya adalah mengubah domain yang sebelumnya menggunakan subdomain dari Dewacloud ke domain pribadi milik kita. Untuk langkahnya sebagai berikut :

Untuk mengubah domain pertama adalah pilih evironment wordpress kalian kemudian klik logo gear seperti gambar diatas maka pada bagian bawah akan muncul kolom pengaturan wordpress kalian seperti gambar dibawah ini

Wordpress Standalone Di Dewacloud Platform as a Service ( PaaS )

Pada pengaturan ada banyak sekali menu yang dapat kalian atur dan yang akan kita atur pertama kali adalah costum domain agar nantinya website kalian dapat diakses menggunakan domain yang kalian miliki.

Sebelum mengubah pastikan kalian telah login ke domain manajemen pada registar dan membuat cname untuk domain kalian yang dapat kalian ambil dari subdomain wordpress pada kolom pertama costum domain.

Setelah membuat Cname record pada domain manajemen selanjutnya kalian isi pada kolom kedua domain yang ingin kalian gunakan di Dewacloud seperti gambar diatas kemudian klik BIND.

Setelah klik bind maka kalian hanya perlu menunggu masa propagansi saja agar domain kalian mengarah ke dewacloud.

Setelah domain terkoneksi kalian tinggal perlu melakukan pengecekkan apakah ssl sudah aktif untuk domain kalian atau belum, apabila belum kalian dapat klik menu Costum SSL.

Selain itu kalian masih dapat melakukan setting lainnya ya.

  • Bagikan