Apa Beda Playstation Plus dan Playstation Now

  • Bagikan

Diketahui, Sony memiliki dua ekosistem pendukung konsol Playstation yang dikenal dengan Playstation Plus ( PS Plus ) dan Playstation Now (PS NOW).

Pada dasarnya baik PS Plus dan PS Now sama-sama layanan berlangganan yang rutin memberikan akses game gratis kepada seluruh penggunanya.

Walapun serupa, tapi kedua layanan ini tidak sama karena masing-masing memiliki berbagai perbedaan baik dari ketersediaan pilihan game, cara bermain hingga tarif yang dikenakan.

Berikut Perbedaan Playstation Plus dan Platstation Now

Berikut perbedaan antara playstation plus dan playstation Now yang kami lansir dari kompas.com dan How to Geek

PlayStation Plus (PS Plus)

PS Plus merupakan salah satu layanan berlangganan yang digemari oleh banyak pemilik konsol PlayStation. Layanan ini pertama kali diperkenalkan Sony pada akhir Juni 2010.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada setiap awal bulan, pelanggaan PS Plus akan menerima beragam game yang dapat diunduh secara gratis pada konsol PlayStation 4 (PS4), PS5, dan PS VR.

Jumlah game yang digratiskan pada setiap bulannya cukup beragam, yakni mulai dari dua hingga enam game sekaligus.

Game gratis tersebut bisa dimainkan bersama-sama (multiplayer) dengan pemain konsol Playstation lainnya melalui layanan Share Play, meski pemain tersebut tidak berlangganan PS Plus.

Selain mendapatkan game gratis, pelanggan PS Plus juga dapat menggunakan fitur cloud save untuk menyimpan progress permainan. Layanan penyimpanan cloud ini dapat diakses melalui akun PS Plus pengguna.

Khusus untuk pemilik konsol PS5, Sony menyediakan layanan eksklusif bernama PS Plus Collection. Melalui layanan ini, pemilik PS5 berhak mengunduh beragam game PS4 yang tersedia secara gratis, tanpa dipungut biaya tambahan.

Beberapa judul game PS4 yang tersedia pada PS Plus Collection antara lain God of War, Persona 5, Resident Evil 7: Biohazard, Until Dawn, Ratchet & Clank (2016), dan masih banyak lagi.

Baca Juga  Bisa Dapat Bonus Ratusan Juta Denagn Bikin Reels Di Instagram, Gini Caranya

Untuk mendapatkan serangkaian benefit di atas, pengguna PS4 dan PS5 harus berlangganan layanan PS Plus dengan harga termurah Rp 89.000 per bulan.

Pengguna bisa memilih untuk berlangganan langsung secara tiga bulan dengan tarif sebesar Rp 229.000 atau berlangganan selama satu tahun penuh dengan biaya sebesar Rp 559.000.

Keterangan mengenai PS Plus dapat dilihat di situs Sony melalui tautan berikut.

PlayStation Now (PS Now)

Sementara itu, PS Now yang diperkenalkan pada 2014 merupakan layanan streaming game yang menyediakan akses ke lebih dari 700 game dari berbagai era konsol seperti PS2, PS3, dan PS4.

Berbeda dari PS Plus, pelanggan PS Now dapat mengunduh game atau memainkannya secara langsung tanpa perlu download (streaming).

Layanan PS Now juga menyediakan akses yang lebih luas. Sebab game yang tersedia pada layanan ini bisa diakses melalui platform PS4, PS5, dan juga PC.

Layaknya PS Plus, Sony turut menambahkan game baru pada daftar game di PS Now. Meski demikian, tidak semua judul game akan ditambahkan dalam daftar. Umumnya, game kategori “AAA:” hanya ditambahkan secara sementara pada daftar game gratis di PS Now.

Meski demikian, pelanggan masih diberikan kesempatan untuk mengklaim game tersebut hingga batas waktu yang ditentukan sudah habis.

Layanan PS Now cocok bagi pengguna yang tidak ingin repot-repot mengunduh game pada konsol PS4 dan PS5, mengingat ukurannya yang cukup besar.

Meskipun demikian, layanan yang satu ini cenderung tidak diminati oleh penggemar konsol PlayStation. Sebab untuk berlangganan PS Now, pemain memerlukan koneksi internet yang stabil dan kencang agar streaming game bisa berjalan lancar.

Hal ini diperlukan untuk menghindari beragam masalah seperti frame rate rendah dan kualitas gambar yang buruk apabila sedang memainkan game dalam mode streaming.

Kelemahan yang dimiliki PS Now juga dipengaruhi dari segi harga yang ditawarkan. Sony mematok harga berlangganan yang lebih tinggi dibandingkan PS Plus. Pelanggan PS Now akan dikenakan tarif berlangganan sebesar 10 dolar AS (sekitar Rp 143.000) setiap bulannya.

Baca Juga  Mengenal Berbagai Jenis Proses Pengelasan 2021

Untuk berlangganan selama tiga bulan, pelanggan harus membayarkan tarif 25 dollar AS (sekitar Rp 358.000) atau 60 dollar AS (sekitar Rp 860.000) untuk berlangganan selama satu tahun penuh.

Berbeda dari PS Plus yang bisa dibayar dalam mata uang rupiah lewat marketplace online hingga voucher game, pembayaran langganan PS Now hanya dapat dilakukan melalui situs Sony dengan pembayaran kartu kredit dalam dollar AS.

Keterangan mengenai PS Now dapat dilihat di situs Sony di link ini.

Melansir Kompas.com

  • Bagikan