Security Code Changing Sering Muncul Di WhatsApp? Kenapa Sih

  • Bagikan
Security Code Changing Sering Muncul Di WhatsApp? Kenapa Sih
Security Code Changing Sering Muncul Di WhatsApp? Kenapa Sih

Security Code Changing belakangan kerap muncul pada kolom chat pribadi maupun group WhatsApp. Kenapa sih? terus maknanya apa dari munculnya pesan itu karena meskipun muncul notifikasi keamanan tersebut kita masih bisa memulai obrolan.

Mengutip laman resmi WhatsApp, Setiap obrolan pada antar pengguna baik itu chat pribadi ataupun group dilengkapi dengan kode keamanan yang berfungsi memverifikasi jika pesan yang dikirimkan ataupun diterima telah dienskripsi secara end-to-end.

Singkatnya, kode keamanan tersebut adalah salah satu bentuk pemberitahuan kepada pengguna, bahwa panggilan dan pesan yang pengguna kirim ke obrolan dienkripsi.

Artinya, pesan yang dikirim hanya dapat dibaca sang penerima, tidak ada pihak manapun yang turut bisa mengakses pesan tersebut.
Kode keamanan tersebut berubah apabila kontak Anda telah melakukan install ulang WhatsApp di gawainya, ataupun pada saat pengguna lain di kontak Anda mengganti ponsel.

Dengan demikian, notifikasi ‘security code change’ muncul ketika kerabat atau teman Anda mengganti perangkat ponsel atau melakukan install ulang aplikasi. Tak ada hal lain yang perlu dikhawatirkan.

Kode keamanan tersebut dapat ditemukan di layar info kontak, baik sebagai kode QR maupun 60 digit angka.

Untuk menerima pemberitahuan saat kode keamanan berubah, Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  • Buka Pengaturan WhatsApp
  • Pilih Akun
  • Pilih Keamanan

Di sana, Anda dapat mengaktifkan notifikasi keamanan dengan mengetuk Tampilkan Notifikasi Keamanan. Fitur ini hanya tersedia untuk kontak dalam obrolan terenkripsi end-to-end.

Baca Juga  8 Fitur WhatsApp Lengkap Cara Mengaktifkannya
  • Bagikan