Apa Itu Router? Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya Lengkap 2021

  • Bagikan
Apa Itu Router? Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya Lengkap 2021
Apa Itu Router? Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya Lengkap 2021

Apa itu Router? Pengertian, Fungsi dan Contoh Router Yang harus kalian ketahui

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan seiring dengan berkembang pesatnya dunia teknologi. Penggunaan internet pun saat ini juga semakin mudah serta banyaknya provider yang menyediakan layanan internet baik itu Selular hingga fiber optic.

Bagi kalian yang menggunakan internet terlebih menggunakan jaringan fiber ataupun wireless tentunya sering mendengar yang namanya wifi, modem dan router. Yap ketiga hal yang kami sebutkan itu menjadi satu kesatuan dan tak dapat dipisahkan karena dapat tersambungnya internet baik melalui kabel atau jaringan wifi memerlukan router.

Tanpa adanya router tidak akan mungkin sinyal wifi dapat tersedia. Pada artike ini kami akan membahas mengenai Apa Itu Router? Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya Lengkap 2021.

Apa Itu Router ?

Apa Itu Router ?
Apa itu router ?

Router merupakan perangkat keras ( Hardware ) pada suatu jaringan komputer yang berfungsi menghubungkan banyak jaringan baik pada jaringan yang sama ataupun berbeda.

Router juga berfungsi sebagai penerima atau pengirim data melalui jaringan internet dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Proses tersebut dinamakan routing.

Pada setiap router telah dibekali fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) yang berdungsi membagi IP address ke masing-masing perangkat yang terhubung

3 Fungsi Utama Router

Fungsi Utama Router
Apa itu router dan fungsi utama router

Selain yang disebutkan diatas, router memiliki 3 fungsi utama yaitu :

Baca Juga  Segera 'Comeback' Winamp Bakal Siapkan Perubahan Besar

1. Menghubungkan Jaringan

Fungsi router yang paling utama sebagai penghubung jaringan yang dapat menghubungkan beberapa jaringan baik menggunakan kabel LAN ( Local Access Network ) ataupun Wireless sehingga pengguna dapat menerima dan mengirim paket data dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya.

Proses koneksi antar jaringan ini dapat terjadi karena router memiliki fungsi mendistribusikan IP address ke setiap perangkat dalam jaringan secara Statis ataupun DHCP.

2. Mentransmisikan Informasi

Router juga memiliki fungsi mentransmisikan informasi atau data dari satu jaringan ke jaringan lainnya baik secara local maupun menggunakan internet. Cara kerja router dalam mentransmisikan informasi mirip seperti jembatan ( Bridge).

3. Menghubungkan Jaringan Ke DSL

Fungsi router ketiga adalah menghubungkan jaringan lokal ke koneksi DSL ( Digital Subscriber Line ) atau yang biasa disebut dengan DSL Router yang merupakan penghubung ke jaringan internet provider.

Teknologi yang digunakan pada router yang digunakan saat ini dapat menghubungkan jaringan baik menggunakan LAN maupun Wireless.

Jenis Jenis Router dan Contohnya

Jenis Jenis Router dan Contohnya
apa itu router, jenis dan contohnya

Sebenarnya ada banyak sekali jenis ruter sesuai dengan penggunaan serta mekanismenya, namun yang paling banyak digunakan ada 2 jenis router yaitu :

1. Router Kabel

Disebut dengan router kabel karena koneksi yang digunakan untuk menghubungkan jaringan ke modem router atau WAN ( Wide Area Network ) menggunakan Kabel yang biasa disebut dengan kabel LAN.

Jenis Router ini biasa digunakan untuk perkantoran, database server, warnet ataupun rumah yang hanya dapat menghubungkan perangkat komputer dan perangkat lainnya.

Contoh Router kabel yang biasa dan banyak digunakan adalah Mikrotik Router Board

jenis router kabel dan contohnya ( mikrotik )
Router kabel milik mikrotik ( gambar mikrotik.com )

2. Router Wireless

Disebut router wireless karena proses pengiriman data antar jaringan menggunakan wireless tanpa menggunakan kabel. Router jenis ini biasa digunakan untuk menghubungkan perangkat laptop, smartphone, tablet dan lainnya

Baca Juga  AVG Antivirus 21.8.6586
router wireless tp-link
router wireless tp-link

Selain itu adapun jenis router lainnya adalah :

  1. Router Aplikasi
  2. Router Harware
  3. Router PC

3. Modem Router

Berbeda dari dua diatas, Modem router memiliki dua fungsi dalam satu perangkat yaitu menghubungkan jaringan ke internet dan jaraingan lokal sehingga semua perangkat yang terhubung dalam jariang tersebut dapat mengakses internet.

Modem router sendiri saat ini yang paling banyak digunakan terlebih modem router ini sendiri sudah menjadi budling ketika kalian berlangganan internet fiber seperti Indihome atau lainnya.

modem router indihome
modem router indihome

Beda Router Dengan Modem

Jika dilihat bentuknya antara router dengan modem hampir tidak ada perbedaan, meski demikian ada beberapa perbedaan antara router dengan modem yang harus kalian ketahui.

Modem

Modem memodulasi dan mendemodulasi sinyal listrik yang dikirim melalui saluran telepon, kabel koaksial, atau jenis kabel lainnya; dengan kata lain, ini mengubah informasi digital dari komputer Anda menjadi sinyal analog yang dapat dikirimkan melalui kabel, dan dapat menerjemahkan sinyal analog yang masuk kembali menjadi data digital yang dapat dipahami oleh komputer Anda. Kebanyakan modem yang berdiri sendiri hanya memiliki dua port: satu yang menghubungkan ke dunia luar, dan jack Ethernet yang terhubung ke komputer atau router.

Router

Tanggung jawab utama router Anda adalah merutekan data antar perangkat di rumah Anda, dan antara perangkat tersebut dan Internet yang lebih luas. Sistem perangkat yang saling berhubungan ditambah router itu sendiri adalah apa yang secara kolektif kita maksudkan ketika kita berbicara tentang jaringan rumah. Modem Anda terhubung ke satu port pada router—biasanya (tetapi tidak selalu) berlabel “Wide Area Network,” atau “WAN”—dan semua perangkat Anda terhubung ke port lain, atau secara nirkabel melalui standar Wi-Fi.

Baca Juga  Cara Membuat Sticker Gif WhatsApp 2021

Jika disimpulkan, modem memberikan akses ke internet sedangka router membagikan koneksi ke beberapa perangkat. Dengan menggunakan modem router maka kalian dapat menghubungkan banyak perangkat agar dapat mengakses internet.

Cara Kerja Router

Secara sederhana, router bekerja untuk menghubungkan perangkat yang ada pada pjaringan lalu meneruskan paket data perangkat tersebut baik ke perangkat lainnya dalam satu jaringan ataupun diluar jaringan hingga menghubungkan ke internet.

Router dapat melakukan hal tersebut dengan cara menetapkan alamat IP Address untuk setiap perangkat yang berada di dalam jaringan agar tidak tersesat dalam jaringan itu sendiri.

Jika dicontohkan dalam kehidupan nyata, Kita anggap data ini adalah kurir serta paket data merupakan barang yang harus diantar. Pastinya si kurir butuh alamat pengirim yang tepat serta alamat tujuan pengantaran barang tersebut. Sedangkan jaringan komputer lokal kita anggap sebagai lokasi perumahan ataupun tempat tinggal.

Apabila alamat lokasi tidak jelas maka kurir dapat salah dalam pengiriman paket karena informasi yang terbatas ataupun paket yang kalian kirimkan tersebut dikembalikan lagi kepada anda.

Rekomendasi Router, Wireless Router

Router Kabel

Untuk rekomendasi Router kabel kalian dapat menggunakan merek Mikrotik

Router WIreless

Untuk rekomendasi router wireless kalian bisa menggunakan merek Mikrotik, Linksys, TPlink, D-link

  • Bagikan