Cara Downgrade Windows 11 Ke Windows 10 Tanpa Install Ulang

  • Bagikan
Cara Downgrade Windows 11 Ke Windows 10 Tanpa Install Ulang
Cara Downgrade Windows 11 Ke Windows 10 Tanpa Install Ulang

Cara Downgrade windows 11 ke windows 10 — WIndows 11 merupakan sistem operasi windows teranyar yang memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan pendahulunya yaitu windows 10. Banyak pengguna yang ingin mencoba dan melakukan upgrade ke sistem operasi terbaru ini.

Meski demikian, pada windows 11 juga memiliki beberapa kekurangan yang membuat kita ingin kembali menggunakan windows 10.

Lantas Gimana Downgrade Windows 11 Ke Windows 10 Tanpa Install Ulang, apakah bisa? Jawabannya bisa dan sangat memungkinkan untuk melakukan downgrade atau kembali ke windows sebelumnya bagi kalian yang melakukan upgrade. Untuk Langkahnya kami kutip dari techradar silahkan simak berikut ini

Eit Sebelumnya kalian harus tau ni. proses ini tidak menghapus data ya, jadi data kalian masih aman

Langkah Downgrade Windows 11 Ke Windows 10 Tanpa Install Ulang

Cara Downgrade Windows 11 Ke Windows 10 Tanpa Install Ulang
Cara Downgrade Windows 11 Ke Windows 10 Tanpa Install Ulang

1. Tutup Aplikasi

Setelah yakin ingin kembali ke Windows 10, tutup semua aplikasi yang sedang berjalan dan simpan seluruh dokumen. Berikutnya buka Settings dari menu Start atau tekan Windows + I secara bersamaan.

Pindah ke bagian Windows Update dan klik Advanced Options di panel sebelah kanan. Lanjutkan dengan menekan Recovery.

2. Recovery Options

Lihat di bagian Recovery option dan ada sejumlah pilihan memulihkan data, menyetel ulang, dan memperbaiki masalah. Tekan tombol Go back pada bagian Go back – If this version isn’t working, try going back to Windows 10.

Akan ada sedikit penundaan saat Windows 11 melakukan pengecekan di latar belakang dan menyiapkan untuk memulai proses kembali ke Windows 10.

Baca Juga  3 HP Dengan Kamera Terbaik di 2021

3. Memberi tahu Microsoft

Microsoft akan bertanya mengapa ingin kembali ke Windows10. Kamu tidak bisa lanjut ke proses berikutnya tanpa memberi jawaban, jadi pastikan untuk memilih salah satu jawaban yang tersedia. Berikutnya, tekan tombol ‘Next’ untuk melanjutkan.

4. Periksa Pembaruan

Microsoft akan meyakinkan untuk bertahan di Windows 11 dengan menyarankan pembaruan yang tersedia. Jika tetap ingin ada di Windows 11, bisa menkan ‘Check for Updates’. Namun jika kamu tetap ingin kembali ke Windows10 bisa menekan ‘No Thanks’.

Kamu akan diyakinkan sebelum melanjutkan ke proses berikutnya. Misalnya akan ada pesan mengatakan proses memakan waktu dan komputer tak dapat digunakan.

Pastikan juga jika menggunakan laptop sambil mengisi daya baterai, untuk menghindari baterai habis saat proses downgrade.

5. Proses Downgrade

Akan ada pesan berbunyi ‘Restoring your previous version of windows’ dan akan ada animasi yang memberi tahu sesuatu terjadi di latar belakang.

Tech Radar mencatat lamanya proses bergantung pada sejumlah faktor. Seperti ukuran hard drive dan jumlah data yang terlibat, namun kecepatan hardware juga memegang peran penting.

6. Windows 10

Setelah itu akan terlihat layar login Windows 10, dan pilih akun pengguna serta berikan password atau PIN.

Mungkin akan ada beberapa pengaturan yang diubah saat menjalankan Windows 11 telah dihapus. Kamu juga perlu untuk menginstal ulang beberapa aplikasi yang dihapus atau tidak lagi berfungsi.

Masih Bingung Langkahnya? silahkan simak video berikut ini

  • Bagikan