Cek Daftar Pinjol Legal di Cekfintech.id

  • Bagikan
person counting cash money
Photo by Karolina Grabowska on <a href="https://www.pexels.com/photo/person-counting-cash-money-4475523/" rel="nofollow">Pexels.com</a>

Pemerintah, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keungan (OJK), dan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) meluncurkan situs cekfintech.id. Situs ini berfungsi untuk mengecek legalitas perusahaan pinjaman online (pinjol).

“Cekfintech.id ini mampu mengatasi maraknya pinjol ilegal, dapat tahu legalitas pinjol, mana yang terdaftar, berizin,” ungkap Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Kick Off Fintech Nasional dan Indonesia Fintech Summit 2021, Kamis (11/11).

Ia mengatakan situs cekfintech.id akan memberikan informasi yang akurat bagi masyarakat yang hendak mencari tahu informasi terkait pinjol mana saja yang legal dan ilegal.

“Ini akan memberikan manfaat besar dan memberikan informasi akurat, terpercaya,” ucap Filianingsih.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan pihaknya berjanji untuk terus memproses hukum pinjol ilegal. Hal ini merupakan kesepakatan OJK bersama pemangku kepentingan (stakeholder) lain.

“OJK bersama dengan pemangku kepentingan lain, berkomitmen untuk memberantas pinjol ilegal dengan memproses hukum apabila terdapat pelanggaran perundang-undangan,” ungkap Wimboh.

Ia mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam menggunakan fasilitas pinjol. Masyarakat, kata Wimboh, harus mengecek terlebih dahulu pinjol mana saja yang sudah terdaftar di OJK.

“Pastikan agar pinjol yang digunakan terdaftar di OJK,” imbuh Wimboh.

OJK mencatat terdapat 104 pinjol yang terdaftar dan berizin di OJK. Rinciannya, 101 pinjol yang sudah berizin dan tiga pinjol berstatus terdaftar.

Sementara, akumulasi penyaluran dana melonjak 104,3 persen secara tahunan menjadi Rp262,93 triliun per September 2021. Kemudian, outstanding pinjaman sebesar Rp27,48 triliun per September 2021.

Melansir CNNIndonesia

Baca Juga  Apa Itu Cryptocurrency? Pengertian, Jenis Serta Rekomendasi Cryptocurrency Marketplace di Indonesia
  • Bagikan