Apa Itu Windows 11 SE dan kelebihannya ?

  • Bagikan
Apa Itu Windows 11 SE dan kelebihannya ?
Apa Itu Windows 11 SE dan kelebihannya ?

Ketika Microsoft pertama kali memamerkan Windows 10X, banyak orang mengomentari kemiripan dengan Chrome OS. Windows 10X akhirnya dihapus, tetapi Windows 11 SE dapat dianggap sebagai penerus spiritualnya. Mari kita lihat versi Windows baru ini.

Windows 10X bahkan bukan pertama kalinya Microsoft mencoba mengambil popularitas Chromebook di sekolah. “S Mode” di Windows 10 mengunci sistem hanya untuk aplikasi dari Microsoft Store. S Mode masih menjadi opsi di Windows 11, tetapi versi “SE” dibatasi dengan cara lain.

Sederhana untuk Siswa

Microsoft tidak menjelaskan apa sebenarnya singkatan dari “SE”, tetapi mungkin juga “Edisi Sederhana” atau “Edisi Pelajar.” Itulah fokus Windows 11 SE. Ini adalah versi Windows yang disederhanakan yang ditujukan untuk siswa di kelas K-8.

Di permukaan, ini terlihat seperti versi reguler Windows 11. Tidak seperti S Mode, ini tidak terbatas hanya pada aplikasi Microsoft. Siswa dapat menggunakan browser pihak ketiga, Zoom, dan aplikasi lain yang mungkin mereka perlukan. Terserah departemen TI sekolah untuk menginstal aplikasi apa pun yang mereka butuhkan. Windows 11 SE dioptimalkan untuk aplikasi Microsoft, tetapi tidak terbatas pada mereka.

Perubahan fungsional pada Windows 11 juga cukup kecil. Microsoft Edge akan dapat menggunakan ekstensi Chrome secara default—ini dimatikan di Windows 11. Aplikasi selalu diluncurkan dalam mode layar penuh dan Tata Letak Snap telah disederhanakan menjadi hanya dua mode berdampingan. Bagian widget juga telah dihapus.

Pada dasarnya, Windows 11 SE adalah Windows 11 dengan beberapa bagian yang dipangkas. Ini tidak terlalu berbeda, tetapi Microsoft memposisikannya sebagai versi Windows yang lebih ramping untuk komputer berdaya rendah yang terjangkau.

Lebih Murah untuk Sekolah

Sekolah dan siswa adalah tentang Windows 11 SE. Ini adalah permainan besar oleh Microsoft untuk menghadapi Chromebook yang popularitasnya meroket di ruang kelas. Harga adalah salah satu alasan utama mengapa perangkat Chrome OS lepas landas di lingkungan ini.

Baca Juga  Apa Itu Router? Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya Lengkap 2021

Windows 11 SE hanya akan tersedia di laptop murah yang dijual ke sekolah. Banyak produsen Windows besar akan merilis laptop Windows 11 SE, termasuk Acer, Asus, Dell, HP, dan Lenovo. Microsoft sendiri merilis Surface Laptop SE seharga $250. Namun, itu tidak akan ditawarkan untuk dijual kepada masyarakat umum.

Surface Laptop SE adalah tampilan yang bagus dari apa yang akan ditawarkan laptop ini. Ini memiliki prosesor Intel Celeron, RAM 4GB, penyimpanan 64GB, dan layar 1366 x 768 11,6 inci. Tanaman perangkat SE saat ini memiliki spesifikasi serupa dalam kisaran $ 240-330.

Kapan Laptop Windows 11 SE Hadir?

Microsoft mengatakan laptop Windows 11 SE akan mulai tiba akhir tahun ini (2021) dan awal 2022. Surface Laptop SE dijadwalkan akan dirilis awal tahun depan. Laptop SE lainnya dari Acer, Asus, Dell, Dynabook, Fujitsu, HP, JK-IP, Lenovo, dan Positivo akan tersedia dalam waktu yang hampir bersamaan.

Sayangnya, laptop Windows 11 SE akan dijual secara eksklusif untuk sekolah dan siswa. Tidak jelas persyaratan apa yang harus Anda penuhi untuk membeli perangkat sebagai pelajar. Tujuan dari perangkat ini adalah untuk menghapus Chrome OS di ruang kelas, dan Microsoft sangat fokus pada hal itu. Standar Windows 11 adalah versi yang mereka inginkan untuk digunakan kebanyakan orang.

Source

  • Bagikan