Kenapa Snipping Tool Tidak Berfungsi di Windows dan Cara Memperbaikinya 2021

  • Bagikan
Kenapa Snipping Tool Tidak Berfungsi di Windows dan Cara Memperbaikinya 2021
Kenapa Snipping Tool Tidak Berfungsi di Windows dan Cara Memperbaikinya 2021

Cara Mengatasi Snipping Tool Tidak Berfungsi di Windows 11 — Pengguna Windows 11 telah menghadapi beberapa masalah dengan beberapa aplikasi bawaan yang menyertai sistem operasi baru. Selain itu tidak dapat diinstal di sejumlah PC, tergantung pada konfigurasi prosesor Anda, dll. Rupanya, Snipping Tool, bersama dengan fitur lain seperti keyboard sentuh, tidak tersedia untuk beberapa pengguna Windows 11 karena kedaluwarsa sertifikat. Sementara perusahaan telah mencoba untuk memperbaiki masalah dengan bantuan tambalan, itu belum dapat sepenuhnya menyelesaikan masalah.

Seperti disebutkan dalam dokumen dukungan resmi yang dirilis oleh Microsoft, “Mulai 1 November 2021, beberapa pengguna mungkin tidak dapat membuka atau menggunakan aplikasi bawaan Windows tertentu atau bagian dari beberapa aplikasi bawaan. Hal ini disebabkan oleh masalah dengan sertifikat digital Microsoft, yang kedaluwarsa 31 Oktober 2021.” Aplikasi yang terpengaruh oleh masalah ini termasuk Snipping Tool, halaman Akun dan halaman arahan di aplikasi Pengaturan (hanya mode S), Menu Mulai (hanya mode S), Keyboard Sentuh, Pengetikan Suara, Panel Emoji, dan lainnya.

Daftar Isi

Baca Juga  Cara Menanggulangi Fastboot Pada Ponsel Xiaomi

Bagaimana Cara Mengatasi Snipping Tool Tidak Berfungsi di Windows 7, 8, 9, 10 11?

Bagaimana Cara Mengatasi Snipping Tool Tidak Berfungsi di Windows 7, 8, 9, 10 11?
Bagaimana Cara Mengatasi Snipping Tool Tidak Berfungsi di Windows 7, 8, 9, 10 11?

Microsoft menyebutkan solusi untuk masalah ini, yang tampaknya tidak memperbaiki masalah inti, yaitu masalah dengan sertifikat Microsoft Digital, yang kedaluwarsa 31 Oktober 2021. Microsoft telah meminta pengguna untuk menggunakan alat Print Screen pada keyboard mereka dan menempelkan yang diperlukan tangkapan layar langsung ke dalam dokumen. Jika pengguna ingin mengedit tangkapan layar, mereka dapat menempelkannya ke Paint dan memotong atau menambahkan teks. Sebagai langkah selanjutnya untuk memperbaiki kesalahan alat Snipping, Microsoft mengatakan “Kami sedang mengerjakan resolusi jangka pendek untuk Alat Snipping dan masalah mode S dan akan memberikan pembaruan bila tersedia.”

Mereka yang belum menerima opsi peningkatan Windows 11 pada sistem mereka harus waspada minggu ini, karena Microsoft mendorong OS ke lebih banyak sistem yang ada. Untuk memeriksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk suatu sistem, buka Pengaturan, buka Pembaruan dan Keamanan. Jika sistem mendukung Windows 11 dan Microsoft telah merilis pembaruan, itu akan tercermin di bagian ini dan dapat diunduh dan diinstal.

1. Mulai Ulang Aplikasi

Aplikasi Snipping Tool mungkin mengalami kesalahan saat peluncuran. Dengan demikian, Anda dapat mencoba memulai ulang aplikasi untuk melihat apakah itu membantu. Untuk melakukannya, tekan Ctrl + Shift + Esc untuk meluncurkan Task Manager. Di bawah tab Proses, pilih aplikasi Snipping Tool dan klik tombol Akhiri Tugas di bagian bawah.

Sekarang lanjutkan dan luncurkan Snipping Tool lagi untuk melihat apakah itu berfungsi dengan baik sekarang.

2. Gunakan Pintasan Keyboard

Jika memulai ulang aplikasi tidak membantu, Anda dapat mencoba menggunakan pintasan keyboard untuk melihat apakah itu berfungsi. Tekan Windows Key + Shift + S pada keyboard Anda untuk membuka Snipping Tool di PC Anda.

Baca Juga  Emoji baru Microsoft tersedia di Windows 11

3. Izinkan Snipping Tool Berjalan di Latar Belakang

Jika Snipping Tool tidak merespons pintasannya, mungkin aplikasi tersebut tidak memiliki izin yang diperlukan untuk berjalan di latar belakang. Anda dapat mengunjungi menu Pengaturan untuk mengubahnya. Begini caranya.

Langkah 1: Buka Start Menu, klik ikon Pengaturan untuk meluncurkan aplikasi Pengaturan dengan cepat di PC Anda. Atau, Anda juga dapat menggunakan pintasan Windows Key + I untuk mencapai hal yang sama.

Langkah 2: Di aplikasi Pengaturan, alihkan ke tab Aplikasi di sebelah kiri Anda, dan buka Aplikasi & fitur.

Langkah 3: Gunakan kotak pencarian untuk menemukan aplikasi Snipping Tool dengan cepat. Sekarang gunakan menu tiga titik di sebelah kanannya untuk membuka Opsi lanjutan.
Opsi Lanjutan

Langkah 4: Di bawah izin aplikasi Latar Belakang, gunakan menu tarik-turun untuk memilih Selalu dari daftar.
Izinkan Aplikasi Berjalan di Latar Belakang pada Windows 11

Itu dia. Sekarang tutup aplikasi Pengaturan dan gunakan pintasan untuk membuka Snipping Tool.

4. Perbaiki atau Setel Ulang Aplikasi

Aplikasi di Windows 11 pasti akan mengalami masalah sesekali. Untungnya, PC Windows Anda juga mampu memperbaiki masalah aplikasi ini sendiri. Berikut cara memperbaiki aplikasi Snipping Tool di Windows 11.

Langkah 1: Klik ikon Cari di bagian bawah, ketik snipping tool, klik kanan pada hasil pertama untuk memilih Pengaturan aplikasi dari menu.
Pengaturan Alat Pemotong

Langkah 2: Gulir ke bawah ke bagian Reset dan klik tombol Repair.
Perbaiki atau Setel Ulang Aplikasi

Jika memperbaiki aplikasi tidak membantu, maka Anda dapat mencoba mengatur ulang aplikasi itu sendiri. Perhatikan bahwa menyetel ulang aplikasi akan menghapus seluruh data aplikasi Anda.

Baca Juga  Apa Itu Android BloatWare ?

5. Jalankan SFC Scan Menggunakan Command Prompt

Di antara alasan lain, masalah Snipping Tool tidak berfungsi juga dapat muncul karena file sistem yang rusak atau rusak pada PC Anda. Dalam kasus seperti itu, menjalankan pemindaian SFC (Pemeriksa Berkas Sistem) mungkin membantu. Inilah cara melakukannya.

Langkah 1: Klik kanan pada ikon menu Start untuk memilih opsi Terminal Windows (admin) dari menu yang dihasilkan.
Buka Terminal Windows

Langkah 2: Ketik perintah yang disebutkan di bawah ini dan tekan Enter.

SFC /scannow

Jalankan Pemindaian SFC

Tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, restart PC Anda dan luncurkan aplikasi Snipping Tool untuk melihat apakah itu berfungsi dengan baik.
Juga di Guiding Tech

6. Nonaktifkan Bantuan Fokus

Focus Assist adalah utilitas yang sudah dikenal di Windows 11 yang menyaring pemberitahuan yang tidak diinginkan pada PC Anda. Jadi, jika Anda belum menerima pemberitahuan setelah mengambil tangkapan layar, coba nonaktifkan Bantuan Fokus dari Pusat Tindakan. Jika itu menyelesaikan masalah, Anda dapat menambahkan aplikasi Snipping Tool ke daftar prioritas untuk menggunakan Snipping Tool dengan Focus Assist diaktifkan. Begini caranya.

Langkah 1: Klik pada alat pencarian di Taskbar, ketik bantuan fokus, dan klik pada hasil pertama yang muncul.
Buka Bantuan Fokus

Langkah 2: Sekarang klik opsi Sesuaikan daftar prioritas Anda.
Daftar Prioritas Bantuan Fokus

Langkah 3: Di bawah Aplikasi, klik tombol Tambahkan aplikasi untuk memasukkan Snipping Tool ke daftar prioritas Anda.
Tambahkan Aplikasi ke Daftar Prioritas

7. Pemecah Masalah Aplikasi Windows

PC Windows 11 Anda juga memiliki pemecah masalah aplikasi khusus untuk mendeteksi dan memperbaiki masalah aplikasi kecil pada Windows 11. Berikut cara menjalankannya.

Langkah 1: Klik pada alat Pencarian, ketik pengaturan pemecahan masalah, dan klik pada hasil pertama yang muncul.
Buka Pengaturan Pemecahan Masalah

Langkah 2: Sekarang buka Pemecah Masalah Lainnya.
Pemecah Masalah lainnya

Langkah 3: Gulir ke bawah ke pemecah masalah Aplikasi Windows Store dan klik tombol Jalankan.
Pemecah Masalah Aplikasi Windows

Setelah proses pemecahan masalah selesai, periksa apakah Snipping Tool berfungsi dengan baik.

Sumber

  • Bagikan