Cara Mengatasi Error Microsoft Store cache may be damaged di Windows 2021

  • Bagikan
Cara Mengatasi Error Microsoft Store cache may be damaged di Windows 2021
Cara Mengatasi Error Microsoft Store cache may be damaged di Windows 2021

Microsoft Store merupakan bagian terpenting dari Windows. Sayangnya, terkadang kita mendapati masalah dengan aplikasi Store atau Store itu sendiri; misalnya, “Microsoft Store cache may be damaged.”

Apabila ini terjadi, kalian tidak bisa mengunduh aplikasi baru atau bahkan memperbarui aplikasi yang telah diinstal di Microsoft Store. 

Pada beberapa kasus, kalian bahkan mungkin tidak dapat membuka aplikasi Microsoft Store. Ini bisa sangat membuat frustrasi, jadi mari kita jelajahi apa yang dapat Anda lakukan saat menghadapi kesalahan ini.

Setiap kali Anda mengalami masalah dengan Windows, memulai ulang perangkat harus menjadi langkah pertama Anda untuk memperbaikinya. Memberi PC Anda restart mungkin memberikannya batu tulis kosong yang dibutuhkan untuk mengembalikan Microsoft Store ke jalurnya.

Jika itu tidak berhasil, Anda dapat menutup semua aplikasi Microsoft yang sedang berjalan dan mencoba mengakses kembali Store untuk melihat apakah kesalahan tetap ada. Terakhir, coba tutup semua aplikasi lain (terutama aplikasi pihak ketiga) dan periksa kembali Microsoft Store sekali lagi.

Jika tidak ada tips cepat yang berhasil, saatnya menyingsingkan lengan baju Anda dan masuk ke pengaturan Windows.

Cara Mengatasi Error Microsoft Store cache may be damaged di Windows 2021

Cara Mengatasi Error Microsoft Store cache may be damaged di Windows 2021
Cara Mengatasi Error Microsoft Store cache may be damaged di Windows 2021

Jalankan Pemecah Masalah Windows Store

Windows menyertakan pemecah masalah bawaan untuk berbagai aplikasi dan fitur yang membantu Anda mengidentifikasi masalah dan terkadang menyelesaikannya. Oleh karena itu, Anda dapat menjalankan pemecah masalah untuk Windows Store sebagai langkah pertama dalam memecahkan masalah terkait Microsoft Store.

Baca Juga  How To Fix IDT High Definition Audio CODEC Windows 7, 8, 9, 10, 11

Berikut adalah bagaimana Anda dapat menjalankannya:

  • Buka aplikasi Windows Settings.
  • Buka settings Update and Security.
  • Klik Troubleshoot di bilah sisi kiri.
  • Klik pada Additional troubleshooters di panel kanan.
  • Gulir ke bawah ke bawah dan klik Windows Store Apps.
  • Klik Run the troubleshooter.

Tunggu pemecah masalah mendeteksi dan memperbaiki masalah di Toko Anda. Segera setelah prosesnya selesai, berikan toko Microsoft Anda awal yang baru. Jika mudah diakses, Anda dapat mulai mengunduh dan memperbarui game. Jika tidak, setel ulang Microsoft Store.

Setel Ulang Microsoft Store

Microsoft menawarkan kepada penggunanya alat WSReset untuk mengatur ulang toko Microsoft sambil menjaga aplikasi dan pengaturan mereka tetap utuh. Selain itu, tidak mungkin untuk mengatur ulang toko Microsoft tanpa mengubah pengaturan akun dan menyimpan semua aplikasi yang diinstal.

Pengguna Windows 10 akan menemukan alat WSReset di folder C:/Windows/System32, tetapi Anda juga dapat mengaksesnya secara langsung dengan mencari WSReset di pencarian Windows. Saat Anda mengetuk perintah WSReset di hasil pencarian, jendela perintah akan terbuka.

Pada awalnya, mungkin tampak bahwa jendela perintah tidak melakukan apa-apa tanpa eksekusi kode dan perintah, tetapi itu me-reset Microsoft Store di backend. Bersabarlah dan biarkan jendela menutup secara otomatis dan tunggu hingga Microsoft Store memulai dengan sendirinya.

Pembukaan Microsoft menunjukkan bahwa proses reset telah selesai. Verifikasi bahwa itu berfungsi dengan benar setelah reset. Jika tidak, pastikan tidak ada yang tersisa di folder Cache (bernama sebagai Local state) dari Microsoft Store.

Copy dan Paste jalur berikut ke Windows File Explorer untuk mengakses folder:

C:Users<username>AppDataLocalPackagesMicrosoft.WindowsStore_8wekyb3d8bbweLocalState

Jika folder ini sudah kosong, jangan lakukan apa pun. Jika ada sesuatu di dalam, hapus semua file di sini. Nyalakan kembali komputer Anda dan coba akses kembali Microsoft Store.

Baca Juga  How To Fix A Disk Read Error Occurred On Windows 7, 8, 9, 10, 11

Menyetel ulang Store mungkin gagal berfungsi dalam beberapa kasus. Jika itu yang terjadi di sini, lanjutkan menerapkan perbaikan berikut.

Perbarui Pengaturan Tanggal dan Bahasa

Pernahkah Anda mengalami masalah dengan toko aplikasi di ponsel ketika pengaturan tanggal dan bahasa salah? Anda mungkin punya. Hal yang sama berlaku untuk Microsoft Store di Windows.

Windows cukup pintar untuk secara otomatis menyesuaikan waktu dan tanggal sesuai dengan lokasi Anda. Harapkan masalah dengan layanan Windows seperti Microsoft Store jika salah satu dari ini tidak disetel dengan benar.

Mengubah pengaturan ini sesederhana ini:

  • Buka aplikasi Windows Settings.
  • Arahkan ke pengaturan Time & Language.
  • Klik Region di bilah sisi kiri.
  • Pastikan wilayah atau negara yang benar dipilih.

Dengan mengubah wilayah, Anda akan secara otomatis mendapatkan waktu yang tepat untuk wilayah Anda. Namun, jika tanggal atau waktu masih salah, Anda juga harus mengubahnya.

Klik Date & Time di bilah sisi kiri. Nonaktifkan sakelar untuk Set time automatically dan Set time zone automatically. Kemudian, klik tombol Change yang terletak tepat di bawah Set the date and time manually. Masukkan Date dan Time yang benar dan klik Change. Setelah itu, Anda dapat kembali mengaktifkan kedua sakelar di atas.

Perbarui Aplikasi Microsoft Store

Jika kesalahan berlanjut, Anda dapat memperbarui aplikasi Microsoft Store jika Microsoft Store masih tidak merespons. Namun, Anda hanya dapat melakukan perbaikan ini jika Anda dapat mengakses Microsoft Store.

Ada kemungkinan beberapa aplikasi Anda kedaluwarsa dan tidak diperbarui secara otomatis, yang mengakibatkan masalah dengan cache toko.

Aplikasi toko mungkin sudah diperbarui, terutama jika Anda tetap mengaktifkan pembaruan otomatis Windows setiap saat. Jika tidak, berikut cara memeriksa pembaruan:

Baca Juga  Control Panel VPS Terbaik 2021 ( Gratis dan Berbayar )
  • Buka Microsoft Store.
  • Di sudut kanan atas, klik pada tiga titik horizontal.
  • Buka Downloads and Updates.
  • Kemudian klik Get updates.

Jika memperbarui aplikasi Store tidak menyelesaikan masalah cache, jalankan Microsoft Scan untuk memastikan bahwa malware tidak dapat disalahkan. Sebelum melakukan itu, nonaktifkan antivirus untuk memastikan itu bukan pelakunya.

Nonaktifkan Antivirus Anda

Apakah Anda masih tidak dapat mengunduh atau memperbarui aplikasi dari Microsoft Store? Jika demikian, coba hapus instalan program antivirus apa pun yang berjalan di latar belakang. Jika memungkinkan, hapus instalannya untuk sementara.

Segera setelah program antivirus dimatikan, periksa apakah Microsoft Store Anda berfungsi normal. Jika tidak, masuk dengan akun Microsoft yang berbeda untuk memastikan tidak ada proses yang menghentikan Toko Anda bekerja secara normal.

Jika mengubah akun menyelesaikan masalah, maka ada yang salah dengan akun Anda yang lain, yang memiliki masalah Store. Kemudian, pulihkan ke titik pemulihan sebelumnya atau setel ulang pengaturan sistem operasi Anda.

Mengatasi Kesalahan Microsoft Store

Mudah-mudahan, satu atau lebih perbaikan akan membantu Anda menyelesaikan masalah dengan Microsoft Store. Jika tidak ada yang berhasil, Anda mungkin tidak punya pilihan selain menginstal ulang Windows. Sebelum Anda melakukannya, hapus instalan beberapa aplikasi bawaan Microsoft Store, tetapi ini tidak disarankan karena Anda mungkin harus menginstalnya kembali dari awal.

Sudahkah Anda mencoba Microsoft Store baru? Sebelumnya hanya tersedia untuk pengguna Windows 11, tetapi sekarang Anda juga dapat menggunakannya di Windows 10.

  • Bagikan