Cara Membuat VPS Linode 2021-2022

  • Bagikan
Cara Membuat VPS Linode 2021-2022
Cara Membuat VPS Linode 2021-2022

Cara Membuat VPS Linode — Setelah sebelumnya kami mengulas cara daftar dan mendapatkan saldo gratis Linode $100 yang bisa digunakan untuk 3 bulan. Pada artikel ini kami akan memberikan tutorial membuat VPS di Linode secara lengkap.

Linode sendiri merupakan salah satu rekomendasi server untuk VPS kalian loh karena Linode sudah beroperasi mulai tahun 2003 yang lalu dan bermarkas di Philadelphia, Pennsylvania, Amerika.

Oke Langsung aja kita mulai tutorialnya ya.

Cara Membuat VPS Linode

Sebelum kalian membuat VPS pastikan kalian telah memiliki akun Linode terlebih dahulu baik masih free trial ataupun tidak. setelah kalian memiliki akun maka kalian tinggal mengikuti langkah berikut ini :

1. Login Dashboard Linode

cara membuat vps linode

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah melakukan login ke dashboard Linode menggunakan akun kalian. Kalian bisa mengikuti link berikut ini Login Linode. Setelah kalian login maka kalian akan langsung diarahkan ke dashboar Linode milik kalian.

2. Tahap Membuat VPS Linode

Klik Tombol Create Linode

Pada tampilan dashboard setelah kalian login adalah seperti gambar diatas dimana ada banyak menu pada kolom kiri dan pada tampilan utama ada tombol Create Linode. Untuk membuat VPS silahkan kalian klik tombol Crate Linode.

Memilih Sistem Operasi

memilih sistem operasi vps linode

Setelah klik tombol create linode langkah selanjutnya adalah memilih sistem operasi yang akan digunakan pada VPS kalian. Untuk memilih Sistem Operasi silahkan kalian klik kolom Images pada sub menu Choose a Distribution. Untuk sistem Operasi yang dapat kalian gunakan sebagai berikut :

Baca Juga  Control Panel VPS Terbaik 2021 ( Gratis dan Berbayar )
  1. Debian
  2. Alma Linux
  3. Alpine
  4. Arch Linux
  5. CentOS
  6. Fedora
  7. Gentoo
  8. Rocky Linux
  9. Slackware
  10. Ubuntu

Memilih Lokasi Server

memilih lokasi server vps linode

Setelah memilih sistem operasi yang digunakan selanjutnya kalian harus memilih lokasi server VPS kalian. Untuk memilih lokasi server kalian dapat klik Region pada sub menu Region. Sesuaikan dengan target user kalian dalam memilih lokasi server setidaknya lokasi yang paling dekat dengan target user kalian.

Memilih Spesifikasi Server

memilih spesifikasi server vps linode

Setelah memilih lokasi server maka kalian wajib untuk memilih spesifikasi server yang akan kalian gunakan pada VPS Linode kalian. Untuk pilihannya sendiri ada :

  1. Dedicated CPU : Dimana CPU yang kalian gunakan tidak akan terpengaruh dengan pengguna lainnya dan kalian dapat menggunakan seluruh resourcenya.
  2. Shared CPU : Pilihan ini merupakan pilihan paling murah dimana CPU berbagi dengan pengguna lainnya
  3. High Memory : pilihan server dengan spesifikasi memory atau ram yang lebih diutamakan
  4. GPU : apabila kalian membutuhkan GPU maka kalian pilih spesifikasi ini

Mengisi Label

Selanjutnya adalah mengisi label atau nama dari server kalian. Untuk nama silahkan kalian buat menggunakan nama yang kalian inginkan atau biarkan defaultnya saja

Mengisi Root Password

Kalian wajib mengisi root password dimana password ini berfungsi untuk melakukan login SSH server kalian ya.

Membuat VPS

Langkah terakhir adalah membuat VPS yang telah kalian pilih tadi dengan cara klik Create Linode pada kolom sebelah kanan. Sebelum kalian klik tombol tersebut kalian wajib cek kembali spesifikasi dan harga yang akan dibebankan kepada kalian.

Selain itu kalian bisa mengaktifkan otomatis backup pada pilihan backup ya.

3. Menghubungkan Domain

menghubungkan domain ke vps linode

Setelah kalian berhasil membuat VPS linode maka langkah selanjutnya adalah menghubungkan domain ke VPS. Sebenarnya ini adalah opsional karena kalian tidak harus menggunakannya dan masih bisa menggunakan DNS Management lainnya.

Baca Juga  6 Cara Cek Kecepatan Website

Namun jika kalian ingin menggunakan DNS Management milik Linode kalian bisa membuatnya dengan cara :

  1. Pilih Menu Domain yang teletak pada kolom sebelah kiri
  2. Klik Tombol Create Domain
  3. Masukkan Nama Domain kalian
  4. Masukkan alamat email kalian
  5. Pilih Insert Default Records From One My Linode
  6. Klik Create Domain

Setelah membuatnya kalian bisa menuju domain registar kalian dan mengubah NameServer domain kalian menjadi NameServer Linode.

4. Membuat Firewall

membuat firewall vps linode

Membuat VPS sudah, Menghubungkan domain sudah. Sekarang adalah membuat Firewall yang berfungsi sebagai pertahanan awal VPS yang kalian miliki. Linode sendiri telah menyediakan fitur firewall yang dapat kalian gunakan. Untuk membuat Firewall Kalian dapat mengikuti langkah berikut ini :

  1. Pili menu firewall pada kolom sebelah kiri
  2. Klik Create Firewall
  3. Masukkan nama firewall kalian
  4. Pilih server yang ingin menggunakan firewall
  5. Lakukan setting Firewall

  • Bagikan