Mengenal Berbagai Jenis Proses Pengelasan 2021

  • Bagikan
Mengenal Berbagai Jenis Proses Pengelasan 2021
Mengenal Berbagai Jenis Proses Pengelasan 2021

Jika Anda berpikir untuk mengejar karir sebagai tukang las, penting untuk mengidentifikasi area spesialisasi Anda. Ada lebih dari 30 jenis proses pengelasan, dari bahan bakar oxy hingga praktik sinar laser yang lebih kompleks. Padahal, varietas ini biasanya dipecah menjadi empat jenis utama.

Empat jenis utama pengelasan adalah: Gas Metal Arc Welding (GMAW/MIG), Gas Tungsten Arc Welding (GTAW/TIG), Shielded Metal Arc Welding (SMAW), dan Flux Cored Arc Welding (FCAW).

Dalam posting ini, kami akan merinci spesifikasi yang ditetapkan untuk setiap proses dan menyoroti perbedaan di antara mereka. Teruslah membaca untuk mempelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang empat jenis utama pengelasan dan kegunaannya.

Mengenal Berbagai Jenis Proses Pengelasan 2021

Mengenal Berbagai Jenis Proses Pengelasan 2021

Gas Metal Arc Welding (GMAW/MIG)

Juga dikenal sebagai Metal Inert Gas atau MIG welding, proses ini menggunakan kawat tipis sebagai elektroda. Kawat memanas saat diumpankan melalui instrumen las dan menuju lokasi pengelasan. Gas pelindung harus digunakan untuk melindungi lasan dari kontaminan di udara.

Biasanya, ini datang dalam bentuk karbon dioksida, oksigen, argon atau helium. Metode ini sering digunakan untuk mengerjakan logam seperti stainless steel, tembaga, nikel, baja karbon, aluminium, dan lainnya. Dari semua proses pengelasan, yang satu ini paling populer di industri konstruksi dan otomotif.

Pengelasan busur logam gas diyakini sebagai salah satu teknik pengelasan yang lebih mudah dipelajari, yang menjadikannya area fokus yang bagus untuk tukang las pemula. Ini juga membutuhkan pembersihan minimal, menawarkan kecepatan pengelasan tinggi dan kontrol yang lebih baik atas material yang lebih tipis.

Baca Juga  Sah, Indosat-Tri Resmi Merger

Beberapa kelemahan yang terkait dengan jenis proses pengelasan ini berkisar pada biaya untuk mendapatkan gas pelindung bersama dengan ketidakmampuan untuk mengelas logam yang lebih tebal atau melakukan pengelasan vertikal atau overhead.

Gas Tungsten Arc Welding (GTAW/TIG)

Jenis proses pengelasan ini, juga dikenal sebagai Tungsten Inert Gas atau TIG welding, biasanya digunakan untuk mengelas bersama material tipis dan non-ferrous seperti aluminium, tembaga, timah, atau nikel. Ini biasanya diterapkan pada pembuatan sepeda atau pesawat terbang.

Tidak seperti jenis proses pengelasan lainnya, pengelasan TIG menggunakan elektroda tungsten yang tidak dapat dikonsumsi untuk menghasilkan lasan. Anda masih membutuhkan pasokan gas eksternal, biasanya argon atau campuran argon dan helium.

Ini dianggap sebagai salah satu metode pengelasan yang paling sulit untuk dikuasai, dan salah satu yang menghasilkan lasan berkualitas paling tinggi.

Karena hanya ada area kecil antara busur dan area yang dilas, dibutuhkan ketelitian dan keterampilan yang sangat tinggi untuk menyelesaikannya. Lasan yang lahir dari metode ini dikenal sangat kuat.

Shielded Metal Arc Welding (SMAW)

Jenis proses pengelasan ini mengandalkan teknik manual menggunakan elektroda habis pakai yang dilapisi fluks. Metode ini cenderung paling populer di kalangan tukang las rumah-toko. Proses ini juga lebih informal dikenal sebagai pengelasan tongkat.

Julukan tersebut merujuk pada elektroda yang digunakan untuk mengelas logam, yang berbentuk “tongkat”. Karena pengelasan busur logam terlindung membutuhkan peralatan minimal, ini adalah salah satu proses berbiaya paling rendah.

Pengelasan jenis ini tidak memerlukan gas pelindung dan dapat dilakukan di luar ruangan saat angin atau hujan. Ini juga bekerja dengan baik pada kotoran dan bahan berkarat. Yang mengatakan, kerugian memang ada.

Baca Juga  Lindungi Ekosistem Industri Game Nasional, Kominfo Terus Pantau Konten Game yang Masuk ke Indonesia

Las tongkat biasanya tidak menghasilkan produk dengan kualitas terbaik. Mereka rentan terhadap porositas, retak, dan penetrasi dangkal. Secara umum, las stick kurang tahan lama dibandingkan dengan jenis pengelasan lain yang akan dihasilkan.

Flux Cored Arc Welding (FCAW)

Mirip dengan pengelasan MIG, pengelasan busur inti fluks berputar di sekitar proses umpan kawat terus menerus. Ada dua proses terpisah yang terkait dengan pengelasan busur inti fluks.

Salah satunya melibatkan penggunaan gas pelindung sementara yang lain bergantung pada agen pelindung diri yang dihasilkan ketika agen fluks terurai di dalam kawat.

Jenis pengelasan ini dikenal murah dan mudah dipelajari. Sama seperti proses pengelasan MIG, ini adalah cara yang bagus bagi tukang las pemula untuk memulai karir mereka di lapangan.

Ini juga memungkinkan tukang las untuk melakukan pekerjaan mereka di luar ruangan (kondisi berangin tidak akan mempengaruhi lasan). Busur semi-otomatis memberikan kecepatan dan portabilitas pengelasan yang tinggi, menjadikannya proses yang populer untuk digunakan pada proyek konstruksi.

Source Neit EDU

  • Bagikan