Cara Unlock Bootloader Xiaomi Semua Tipe 2021

  • Bagikan
Unlock Bootloader Xiaomi
Unlock Bootloader Xiaomi

Unlock Bootloader Xiaomi Untuk melakukan root pada smartphone Anda atau menginstal custom ROM, salah satu syarat pertama yang harus dipenuhi adalah membuka kunci bootloader.

Ini adalah prestasi yang mudah untuk beberapa merek smartphone seperti Google Pixel atau OnePlus tetapi sangat sulit dengan yang lain. Xiaomi berada di puncak kategori “sangat sulit”.

Saya masih ingat saat ketika pengguna Xiaomi harus meminta izin dari raksasa teknologi China dan menulis alasan yang sah untuk mencoba membuka kunci.

Hari ini, Xiaomi memberikan izin membuka kunci perangkat Mi ke hampir semua orang, namun, prosesnya sama melelahkannya dengan beberapa tahun yang lalu.

Pada artikel ini, kami akan mencoba menyederhanakan proses unlocking bootloader Xiaomi.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi

Xiaomi membuat penggunanya melalui penantian yang menyiksa sebelum mengizinkan mereka membuka kunci bootloader. Cobalah untuk mengikuti semua langkah dengan tulus karena satu langkah ke arah yang salah sudah cukup bagi Xiaomi untuk mengatur ulang masa tunggu.

Catatan: Membuka kunci bootloader perangkat Mi Anda akan menghapus semua konten. Pastikan Anda telah mencadangkan data Anda baik di Mi Cloud atau Google Backup.

Langkah 1 – Buat akun Xiaomi dan sinkronkan nomor ponsel Anda

Pengguna Xiaomi biasanya melewatkan pembuatan akun Mi selama pengaturan awal. Tetapi untuk membuka kunci bootloader perangkat Mi, Anda harus memiliki akun yang berfungsi di perangkat.

Baca Juga  Dikabarkan Rilis Bulan Desember, Ini Bocoran Xiaomi 12

Selain itu, penting untuk menautkan nomor di perangkat dengan akun Xiaomi. Juga, jangan menghubungkan nomor yang tidak dimiliki ke akun Xiaomi di perangkat untuk menghindari hambatan dalam prosesnya.

Setelah gagal membuka kunci bootloader beberapa kali, saya menyadari bahwa Xiaomi memerlukan “Temukan Perangkat Saya” untuk diaktifkan dan disinkronkan ke lokasi terbaru karena suatu alasan.

Cara Unlock Bootloader Xiaomi Semua Tipe 2021

Anda akan menemukan pengaturan di bawah Akun Mi > Mi Cloud > Temukan Perangkat. Untuk memperbarui lokasi, masuk ke situs web cloud Xiaomi di komputer, klik “Temukan Perangkat” dan pilih perangkat Anda saat ini.

Langkah 2 – Otorisasi Mi Unlock di pengaturan pengembang

Pada langkah ini, Anda harus mengikat akun Anda dengan tab otorisasi Mi Unlock yang dapat Anda temukan di bawah pengaturan pengembang.

Buka pengaturan perangkat > Ketuk Tentang ponsel > Gulir ke bawah dan ketuk slot versi MIUI lima kali. Ini akan membuka kunci opsi pengembang di perangkat MIUI Anda yang dapat ditemukan di bawah “Pengaturan Tambahan.”

Unlock Bootloader Xiaomi.1

Di opsi Pengembang, buka “Status Buka Kunci Mi” dan ketuk “Tambah akun dan perangkat” untuk memberi otorisasi kepada Xiaomi untuk membuka kunci perangkat yang terkait dengan akun tersebut.

Unlock Bootloader Xiaomi.2

Proses otorisasi akan menggunakan data seluler operator. Karena itu, pastikan Anda telah mematikan WiFi sebelum menambahkan akun.

Sebelum melanjutkan dengan langkah ketiga, aktifkan OEM unlocking dan USB debugging saat Anda berada di pengaturan opsi pengembang.

Langkah 3 – Unduh Mi Unlock Tool

Sisihkan ponsel Xiaomi atau Redmi Anda sejenak dan buka https://en.miui.com/unlock/download_en.html di PC Anda untuk mengunduh Xiaomi Unlock Tool.

Ekstrak file zip dan buka aplikasi bernama “Mi unlock file flash”. Masuk menggunakan akun Mi yang sama dengan yang digunakan pada smartphone Xiaomi.

Baca Juga  Xiaomi 11T Dirilis, Berikut Spesifikasinya
Unlock Bootloader Xiaomi.3

Sebelum memulai dengan proses membuka kunci bootloader Mi, ketuk ikon roda gigi kanan atas untuk memeriksa pembaruan untuk driver USB dan Mi Unlock Tool.

Seperti yang diinstruksikan pada layar aplikasi, matikan ponsel cerdas Anda. Luangkan waktu sejenak dan tahan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan. Ini akan membuka mode boot cepat di perangkat MIUI Anda. Sekarang, hubungkan ponsel dengan komputer melalui kabel USB.

Mi Buka kunci mode Fastboot

Sebuah pesan baru akan muncul di layar, “Telepon terhubung”. Sekarang, klik tombol “Buka Kunci” untuk membuka kunci bootloader.

Langkah 4 – Tunggu Xiaomi untuk mengakhiri periode Buka Kunci

Pada upaya pertama Anda, alat buka kunci Mi akan mem-flash pesan, “Tidak dapat membuka kunci, Harap buka kunci 168 jam kemudian”. Bagi mereka yang tidak tahu, ini adalah masa tunggu buka kunci bootloader Xiaomi yang terkenal di mana, terkadang, pengguna akhirnya menunggu berbulan-bulan.

Kesalahan membuka kunci MI Harap buka kunci 168 jam kemudian

Namun, beberapa pengguna mengklaim mendapatkan otorisasi membuka kunci perangkat hanya dalam beberapa jam. Jika Anda ingin menghindari nasib yang sama, cobalah untuk tidak melewati kesalahan 168 jam.

Masa tunggu alat Mi Unlock adalah pil pahit yang harus ditelan. Tidak ada solusi, pada kenyataannya, Anda mungkin akhirnya mengatur ulang jam mencoba mengelabui sistem.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menunggu dengan sabar dan setelah periode buka kunci selesai, gunakan lagi alat buka kunci Mi dan semoga, buka kunci bootloader perangkat MIUI Anda.

Langkah 5 – Periksa status Mi Unlock di perangkat Anda

MI Unlock Status bootloader tidak terkunci

Sekarang, saya kira Anda telah berhasil membuka kunci bootloader perangkat Redmi Anda. Sebelum Anda melanjutkan untuk melakukan hal-hal lain seperti mem-flash perangkat MIUI atau me-rooting perangkat, lakukan pemeriksaan cepat apakah prosedur membuka kunci berhasil.

Baca Juga  Mola TV Error 9006 ? Gini Cara Mengatasinya

Tutup alat buka kunci Mi dan reboot perangkat. Sekali lagi, buka status buka kunci Mi di pengaturan pengembang dan lihat apakah tabnya berkedip “Terkunci” atau “Tidak Terkunci”.
Bootloader MIUI tidak terkunci, apa yang terjadi sekarang?

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan setelah membuka kunci bootloader. Anda sekarang dapat melakukan root pada perangkat yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan smartphone ke tingkat tertinggi

Jika rooting tampak merepotkan, Anda dapat beralih ke ROM MIUI China untuk mendapatkan fitur terbaru MIUI saat mereka tiba. Selain itu, Anda dapat menginstal ROM khusus seperti pengalaman Pixel, LineageOS, dll.

  • Bagikan