Cara Membuat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Online dan Offline 2021

  • Bagikan
Cara Membuat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Online dan Offline 2021
Cara Membuat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Online dan Offline 2021

Cara Membuat Kartu Keluarga Sejahtera — Kartu Keluarga Sejahtera atau yang biasa kita sebut KKS termasuk dalam program pemerintah yang berfungsi menyalurkan dana bantuan (bansos) bagi keluarga kurang mampu.

Membuat kartu KKS sendiri memerlukan sejumlah persyaratan dan proses pendaftaran KKS dapat dilakukan secara online maupun offline.

Diterbitkannya KKS ini telah disebutkan dalam Permensos Nomor 20 tahun 2019 tentang Penyaluran Bantuan Pangan Nontunai (BPNT).

Besaran nominal yang didapatkan peserta yang terdaftar bervariasi tergantung dengan kebijakan. PEmilik kartu KKS sendiri dapat melakukan pencairan dana melalui ATM himbara tanpa ada biaya admin.


Manfaat Kartu Keluarga Sejahtera

Melansir dari laman Kemensos, berikut beberapa manfaat kartu KKS bagi para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

  • Membantu PMKS miskin dalam memenuhi kebutuhan dasar
  • Mencegah menurunnya taraf kesejahteraan PMKS miskin dan rentan akibat kesulitan ekonomi
  • Meningkatkan tanggung jawab sosial bersama.


Syarat Membuat Kartu KKS

1. Langsung di Kelurahan

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Kode unik keluarga yang tertera dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
  • Surat pemberitahuan teknis pendaftaran KKS

2. Online

  • KK (Kartu Keluarga)
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Pasfoto
  • Foto Tubuh
  • Surat keterangan dari RT/RW setempat yang menyatakan PMKS
  • Surat keterangan dari kantor desa/lurah yang menyatakan PMKS, terlebih bagi penghuni panti atau gelandangan
  • Surat keterangan dari dinas sosial setempat yang menerangkan bahwa PMKS tersebut berada di wilayah tanggung jawab dinas terkait

Cara Membuat Kartu KKS

Cara Membuat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) Online dan Offline 2021

Apabila persyaratan sudah terpenuhi, berikutnya cara daftar Kartu Keluarga Sejahtera yang terbagi menjadi dua opsi dan bisa disesuaikan keperluan.

Baca Juga  Apa Itu Seabank Shopee ? Bank Digital Seabank 2021

1. Langsung di Kelurahan

  • Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah menyiapkan persyaratan lengkap
  • Daftar ke RT/RW atau kantor kelurahan setempat
  • Calon KPM nantinya akan diberi surat pemberitahuan teknis pendaftaran yang telah ditetapkan
  • Pastikan membawa seluruh dokumen persyaratan
  • Data yang sudah lengkap akan diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), kantor kelurahan, dan kantor kabupaten secara paralel
  • Setelah seluruh data yang diperlukan berhasil diverifikasi, KPM akan dibuatkan rekening bank supaya bisa mencairkan bansos KKS

2. Online

  • KPM perorangan atau sponsor seperti yayasan panti asuhan bisa mendaftar terlebih dulu ke situs https://intelresos.kemensos.go.id/v4/user/registration
  • Login untuk mendaftar seperti pada umumnya sampai mendapat email verifikasi
  • Dinas sosial kabupaten kota dan atau provinsi akan melakukan verifikasi terhadap Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) yang mendaftarkan calon penerima manfaat
  • Berkas persyaratan yang sudah lengkap harus di-scan dan unggah melalui intelresos.kemensos.go.id
  • Dinas sosial kabupaten kota dan atau provinsi kembali melakukan verifikasi PMKS terdaftar berdasarkan dokumen yang diunggah
  • Kemudian hasil verifikasi online dan matching data akan disesuaikan dengan hasil pendapatan Pusat Data serta Informasi Kesejahteraan Sosial, juga verifikasi validasi pemerintah daerah secara manual (offline)
  • Setelah seluruh data cocok, PMKS akan resmi terdaftar melalui Surat Keputusan Menteri Sosial
  • Pusat Data dan Informasi Kementerian Sosial menyerahkan Surat Keputusan Menteri Sosial yang dilampirkan dengan Data PMKS ke Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial serta Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial
  • Direktorat Perlindungan dan Jaminan Sosial akan menyerahkan Surat Keputusan Menteri Sosial tentang Penetapan PMKS kepada Mitra Percetakan Kartu Keluarga Sejahtera dan PT Pos Indonesia
  • KKS yang dicetak diserahkan ke Pusat Data dan informasi Kementerian Sosial untuk verifikasi sesuai jumlah yang tertera pada Surat Keputusan Menteri Sosial, sekaligus serah terima KKS
  • Pusat Data dan Informasi Kementerian Sosial menyerahkan Kartu Keluarga Sejahtera yang didaftarkan melalui pendaftaran online kepada Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial cq. Sekretariat Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial.
  • Sekretariat Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, mengirimkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada Dinas Sosial Provinsi untuk Didistribusikan kepada Sponsor PMKS.
Baca Juga  Terbaru! Cara Lapor Sertifikat Skill Academy Yang Belum Masuk Ke Dashboard Kartu Prakerja Setelah 7 Hari

MElansir CNNIndonesia

  • Bagikan