Cara Install Aplikasi WhatsApp Desktop Versi Beta di Windows 10 dan 11

  • Bagikan
whatsapp desktop versi beta
whatsapp desktop versi beta

WhatsApp telah meluncurkan Aplikasi WhatsApp Desktop versi Beta (Uji Coba) buat pengguna sistem operasi Windows dan dapat diinstall secara langsung melalui Microsoft Store.

WhatsApp desktop versi beta untuk Windows terbaru ini berbasis teknologi Universal Windows Platform (UWP) yang tampaknya dibangun dari awal.

UWP sendiri merupakan teknologi Microsoft yang memungkinkan para pengembang aplikasi membuat aplikasi yang dapat dipakai di perangkat yang berbeda-beda, seperti smartphone, laptop/PC, dan tablet.

UWP memungkinkan pengembang hanya perlu menuliskan satu kode program untuk membuat aplikasi yang bisa berjalan di perangkat yang berbeda, tidak lagi harus menuliskan tiga kode program untuk masing-masing versi aplikasi.

Kelebihan

WhatsApp desktop UWP ini juga memiliki antarmuka (UI) baru dan sejumlah fitur yang absen di WhatsApp desktop versi lama.

Dari segi desain, WhatsApp desktop UWP versi beta menampilkan antarmuka yang lebih didominasi dengan warna abu-abu dan putih.

Ini berbeda dengan WhatsApp desktop sebelumnya yang mengadopsi desain yang sama persis dengan WhatsApp mobile dan web, yakni menggunakan kombinasi warna hijau dan abu-abu khas WhatsApp.

Dari segi fitur, secara umum, fitur WhatsApp desktop versi lama dan versi UWP baru terbilang sama. Misalnya, ada fitur video call, voice call, melampirkan dokumen (attachment), dan lainnya.

Namun, menurut laporan outlet media Italia Aggiornamenti Lumia, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (18/11/2021), ada tiga kelebihan WhatsApp desktop UWP versi beta yang tidak pada WhatsApp desktop versi lama.

Baca Juga  Apple Event 14 September Mendatang Jadi Tanggal Peluncuran Iphone 13?

Pertama, adanya fitur menggambar atau drawing. Dalam sebuah video demonstrasi yang dibagikan Aggiornamenti Lumia, WhatsApp desktop UWP memungkinkan pengguna menggambar atau menuliskan sesuatu langsung di kolom chat WhatsApp.

Caranya, pengguna tinggal mengakses ikon “lampiran”, lalu pilih “drawing”. Setelah itu, sebuah kanvas putih akan muncul. Lalu pengguna bisa menggambar atau mencorat-coret kanvas putih sesuai keinginan.

Setelah itu pengguna bisa menambahkan caption dan langsung mengirimkan hasil corat-coretnya ke kolom chat.

Kelebihan kedua adalah WhatsApp desktop beta untuk Windows ini disebut tetap dapat menampilkan notifikasi WhatsApp, meski aplikasi sedang ditutup.

Kelebihan ketiga adalah WhatsApp desktop UWP lebih cepat dibuka ketimbang WhatsApp desktop versi lama, yakni disebut hanya butuh waktu satu detik saja.

Pesyaratan

Sebelum menginstall aplikasi WhatsApp desktop kalian harus mengetahui persyaratan minimum serta rekomendasi baik komputer atau laptop yang kalian gunakan. Adapun persyaratannya sebagai berikut :

Minimum

OSWindows 10 versi 14316.0 atau lebih tinggi
Arsitekturx64, x86
KeyboardTidak ditentukan
MouseTidak ditentukan
KameraTidak ditentukan

Direkomendasikan

OSWindows 10 versi 14316.0 atau lebih tinggi
Arsitekturx64, x86
KeyboardKeyboard Terpadu
MouseMouse Terpadu
KameraKamera Terpadu

Cara Install Aplikasi WhatsApp Desktop Versi Beta di Windows 10 dan 11

1. Kunjungi Microsoft Store

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengunjungi Microsoft Store atau melalui link berikut ini Whatsapp desktop Microsoft Store.

Setelah mengunjungi link diatas maka kalian akan diarahkan ke laman Microsoft Store WhatsApp Desktop. Silahkan kalian klik tombol DAPATKAN.

cara install aplikasi whatsapp desktop versi beta

2. Login ke akun Microsoft

Setelah klik tombol dapatkan maka akan muncul notifikasi login ke akun Microsoft atau tidak. Jika kalian memiliki akun Microsoft kalian dapat melakukan login, namun jika kalian tidak memiliki akun microsoft kalian dapat klik tombol TIdak, Terima kasih.

notifikasi login akun microsoft sebelum menginstall aplikasi whatsapp desktop versi beta

3.Aplikasi Otomatis Terunduh

aplikasi whatsapp desktop versi beta otomatis terunduh

Setelah melewati notifikasi diatas maka aplikasi Whatsapp desktop versi beta secara otomatis terunduh, kalian cukup menunggu hingga unduhan selesai. Untuk ukuran filenya sendiri 140Mb.

Baca Juga  Bakal Rilis Di RI, Ini Spesifikasi Huawei Nova 9

Setelah unduhan selessai kalian dapat klik tombol Luncurkan untuk membuka aplikasi WhatsApp Desktop.

cara login whatsapp desktop versi beta

4. Login Ke Aplikasi WhatsApp Desktop

Setelah aplikasi terbuka, kalian dapat melakukan login ke aplikasi tersebut dengan cara melakukan scan kode QR menggunakan whatsapp pada ponsel kalian. Untuk langkahnya sebagai berikut :

  1. Buka aplikasi whatsapp pada ponsel
  2. Klik titik tiga pada pojok kanan atas
  3. Pilih menu perangkat tertaut
  4. Klik tombol Tautkan Perangkat
  5. Scan code QR
tampilan aplikasi whatsapp desktop versi beta

5. Cara Logout Aplikasi WhatsApp Desktop

Apabila kalian ingin keluar atau logout dari aplikasi tersebut, kalian cukup klik titik tiga pada pojok kanan atas kolom sebelah kiri kemudian klik menu logout.

Itulah tadi Cara Install Aplikasi WhatsApp Desktop Versi Beta di Windows 10 dan 11

  • Bagikan