Cara Daftar Paypal, Verifikasi, Isi Saldo, Transaksi dan Membuat Invoice Lengkap 2021

  • Bagikan
Cara Daftar Paypal, Verifikasi, Isi Saldo, Transaksi dan Membuat Invoice Lengkap 2021
Cara Daftar Paypal, Verifikasi, Isi Saldo, Transaksi dan Membuat Invoice Lengkap 2021

Cara Daftar Paypal, Verifikasi, Transaksi dan Membuat Invoice Lengkap

Paypal merupakan alat bayar internasional yang banyak digunakan untuk bertransaksi online baik mengirim uang maupun menerima uang (pembayaran).

Paypal sendiri terbilang mudah digunakan dan sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan metode ini sebagai alat bayarnya. Selain itu penarikan saldo paypal terbilang mudah dapat langsung ke rekening bank ataupun menggunakan jasa convert paypal yang bisa kalian temukan.

Jika ditanya mengenai pengisian saldo juga terbilang mudah karena banyak jasa yang menawarkan pengisian saldo paypal. Atau yang paling mudah mengkoneksikan kartu debit/kredit yang kalian miliki dan transaksi akan langsung diambil dari saldo kartu kalian.

Pada artikel ini kami akan membahas cara daftar paypal, verifikasi paypa, isi saldo paypal, transaksi menggunakan paypal dan membuat invoice paypal.

Syarat Mendaftar Paypal

Sebelum mendaftar paypal ada beberapa persayaratan yang harus kalian miliki agar nantinya akun paypal kalian terverifikasi, adapun syaratnya sebagai berikut :

  1. Akun email aktif
  2. Nomor Handphone
  3. Rekening Bank
  4. Kartu Debit / Kredit

Akun email sendiri sangat diperlukan dan menjadi alamat paypal yang kalian miliki, sedangkan rekening bank diperlukan apabila kalian ingin melakukan penarikan langsung ke rekening bank yang kalian miliki. Untuk kartu debit / kredit ini lebih mempermudah kalian dalam melakukan transaksi pengiriman atau membayar karena tidak memerlukan saldo paypal tapi langsung diambil dari saldo kartu yang kalian miliki.

Cara Daftar Paypal

Langkah 1

cara daftar paypal

Untuk mendaftar silahkan kalian mengunjungi laman resmi paypal https://www.paypal.com/. Pada laman awal paypal kalian dapat langsung klik tombol Daftar yang berada pada pojok kanan atas atau tombol Daftar Sekarang yang bisa kalian temukan pada laman awal laman paypal seperti gambar diatas.

Baca Juga  Cek Yuk! 104 Daftar Pinjol Resmi Terbaru

Langkah 2

memilih jenis rekening paypal pribadi atau bisnis

Setelah klik tombol daftar maka kalian akan diarahkan ke pilihan rekening paypal yang akan kalian buka. Paypal sendiri memiliki dua pilihan yaitu pribadi atau bisnis. Kalian dapat memilih sesuai yang kalian inginkan (pada tutorial ini kami menggunakan rekening pribadi). Setelah memastikan jenis rekening yang ingin kalian buka silahkan klik tombol Berikutnya

Rekening Pribadi

  • Belanja online dari jutaan penjual global.
  • Kirim dan terima pembayaran dari seluruh dunia.
  • Belanja tanpa waswas dengan Perlindungan Pembeli.

Rekening Bisnis

  • Kirim dan terima pembayaran berdasarkan nama usaha.
  • Pemantauan penipuan online dan Perlindungan Penjual 24/7.
  • Tanpa biaya setup, bulanan atau tersembunyi.
pilhan kedua rekening paypal

Setelah memilih jenis rekening yang ingin kalian buka ( rekening pribadi ) kalian akan diminta memilih lagi apakah kalian seorang pembeli online, penjual individu / free lancer, kedua hal dan saya tidak yakin.

Pada pilihan ini kami merekomendasikan kalian memilih pilihan kedua hal diatas kemudian klik tombol Berikutnya.

Langkah 3

verifikasi nomor handphone paypal

Langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor handphone kalian untuk dilakukan verifikasi data nomor ponsel. Silahkan kalian masukkan nor handphone kalian tanpa angka 0 didepan ( contoh 8521234123 ) kemudian klik Berikutnya.

Setelahnya kalian akan diminta memasukkan kode otp yang dikirimkan melalui sms ke nomor handphone yang kalian daftar kan.

Langkah 4

mengisi data profil paypal

Setelah berhasil memverifikasi nomor handphone maka kalian akan diminta mengisi data profil yang akurat. Silahkan kalian masukkan alamat email aktif yang kalian miliki, nama depan, nama belakang dan kata sandi yang akan digunakan untuk login ke akun paypal kalian nantinya. Apa bila sudah selesai maka silahkan klik tombol Berikutnya

Langkah 5

memasukkan data alamat dan ktp ke paypal

Pada langkah kelima ini kalian diwajibkan untuk memasukkan data lengkap kalian seperti alamat lengkap dan nomor KTP kalian. Setelah mengisi data kalian diwajibkan klik atau ceklist syarat dan pernyataan privasi kemudian klik tombol Setuju dan buat rekening.

Baca Juga  Apa Beda UMP dan UMK ?

Setelah itu rekening kalian berhasil dibuat dan bisa digunakan meski belum menyambungkan rekening atau kartu. Namun kalian harus mengisi saldo terlebih dahulu apabila ingin melakukan pembayaran menggunakan paypal.

Menambahkan Rekening Bank dan Kartu Kredit / Debit Paypal

Meski telah dapat digunakan untuk menerima dan melakukan transaksi, ada baiknya kalian melakukan penambahan rekening bank yang berfungsi jika kalian ingin melakukan penarikan saldo langsung ke rekening bank yang kalian gunakan.

Dan menyambungkan kartu kredit atau debit agar mempermudah kalian dalam bertransaksi tanpa harus mengisi saldo paypal yang kalian miliki. Adapun langkahnya seperti berikut :

Langkah Menambahkan Rekening di Paypal

cara menambahkan rekening dan kartu kredit atau debit di paypal

Untuk menambahkan rekening di Paypal ikuti langkah berikut ini :

  1. Login ke akun Paypal kalian
  2. Pada laman awal pilih menu Hubungkan kartu Atau Bank
  3. Pilih Hubungkan rekening Bank
  4. Masukkan nama Bank, Kode Bank dan Nomor Rekening
menghubungkan rekening di paypal

Pastikan nama di rekening sesuai dengan nama yang tertera pada kolom nama ya, jika tidak maka kalian dapat melakukan edit dan mengubah nama sesuai dengan nama di rekening bank kalian.

Langkah Menambahkan Kartu Kredit / Debit Di Paypal

cara menghubungkan kartu kredit atau debit di paypal

Seperti kami jelaskan diatas, menghubungkan kartu kredit atau debit di paypal akan mempermudah kalian dalam melakukan transaksi pengiriman dana atau pembayaran karena tidak memerlukan saldo paypal lagi melainkan akan ditarik secara otomatis melalui kartu yang telah kalian hubungkan.

Lantas bagaimana jika tidak memiliki kartu kredit atau debit? Jika kalian tidak memiliki kartu kredit ataupun debit kalian bisa mendaftar dan menggunakan Jenius BTPN, Bank Jago, Permata Bank atau bank lainnya yang memberikan kartu debit visa atau mastercard.

Sebelum kalian menghubungkan kartu kredit / debit pastikan dalam kartu kalian memiliki saldo minimal Rp. 50.000 yang digunakan untuk verifikasi kartu. Saldo sendiri akan secara otomatis dikembalikan ke kartu kalian setelah proses verifikasi berhasil dalam waktu 1-7 hari.

Untuk cara menghubungkannya sendiri seperti berikut :

  1. Login ke paypal
  2. Pada laman awal pilih menu Hubungkan kartu Atau Bank
  3. Pilih Hubungkan kartu kredit /debit
  4. Masukkan Nomor kartu
  5. Pilih jenis kartu visa atau mastercard sesuai yang tertera pada kartu kalian
  6. Masukkan tanggal kadaluarsa kartu
  7. Masukkan kode CVV ( 3 angka yang berada pada laman belakang kartu)
  8. Masukkan alamat
  9. Klik Tombol Hubungkan Kartu
Baca Juga  Informasi Lengkap Kartu Prakerja 2021

Mengirim dan Menerima Pembayaran Menggunakan Paypal

Setelah semua berhasil maka kalian dapat melakukan pengiriman saldo dan menerima saldo. adapun langkah mengirim saldo seperti berikut

Langkah mengirim saldo atau melakukan pembayaran

  1. Login Ke akun paypal
  2. Pilih Menu Kirim atau Bayar & Terima Pembayaran
  3. Masukkan alamat email tujuan
  4. Masukkan Nominal
  5. Tambahkan catatan apabila diperlukan
  6. Klik Lanjutkan
  7. Pilih Pribadi apabila kalian akan mengirim ke temen atau keluarga ( tanpa ada biaya )
  8. Pilih Pembelian apabila kalian membeli di layanan resmi ( ada biaya dan bisa melakukan pengembalian saldo )
  9. Cek ulang transaksi
  10. Klik tombol Kirim Pembayaran Sekarang

Langkah Meminta Pembayaran

Meminta pembayaran dapat kalian lakukan untuk menagih atau jika teman atau orang yang akan mengirimkan ada tidak salah dalam melakukan pengetikkan alamat email kalian. Langkahnya sebagai berikut :

  1. Login Akun
  2. Pilih Menu Minta atau Bayar & Terima Pembayaran
  3. Masukkan alamat email orang yang akan kalian minta pembayaran
  4. Masukkan Nominal

Membuat Invoice Paypal

Membuat invoice atau tagihan menggunakan paypal sangat mudah dilakukan. Membuat invoice ini biasa dilakukan apabila kalian menjual sesuatu barang ataupun jasa dan pembeli merupakan perusahaan yang membutuhkan Invoice sebagai bukti pembayaran.

Namun harus diketahui, menagih pembayaran menggunakan invoice akan dikenakan biaya ya, dan biaya kita yang menanggungnya. Untuk membuat invoice di paypal sebagai berikut :

  1. Login Akun Paypal
  2. Pilih menu Bayar & Terima Pembayaran
  3. Pilih sub menu Dapatkan Pembayaran
  4. Pilih Menu Buat Faktur
  5. Masukkan alamat email yang akan ditagih
  6. Masukkan nama barang / jasa, kuantitas Harga dan pilih ada pajak atau tidak
  7. Isikan deskripsi
  8. Masukkan pesan opsional
  9. Klik Tombol Kirim

Itulah tadi Cara Daftar Paypal, Verifikasi, Isi Saldo, Transaksi dan Membuat Invoice. Semoga dapat membantu kalian

Penulis: AnggaEditor: dwg
  • Bagikan